Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadwal Liga Inggris : Liverpool vs Wolves, ManCity Juara Ke-6 Kali

Liga Primer Inggris tiba di pengujung dengan memanggungkan laga pekan ke-38 atau matchday terakhir yang digelar bersamaan pada Minggu (12/5/2019) pk. 21.00 WIB. ManCity atau Liverpool juara?
Manchester City/Reuters-Jason Cairnduff
Manchester City/Reuters-Jason Cairnduff

Bisnis.com, JAKARTA – Liga Primer Inggris musim 2018 - 2019 tiba di pengujung kompetisi dengan segera memanggungkan rangkaian pertandingan pekan ke-38 atau matchday terakhir yang digelar secara bersamaan pada Minggu (12/5/2019) mulai pk. 21.00 WIB.

Arah perhatian tertumpah pada aksi dua tim teratas di klasemen, Manchester City dan Liverpool, yang masing-masing memiliki nilai 95 dan 94.

Dengan demikian, kemenangan seberapa besar pun yang diperoleh Liverpool ketika menjamu Wolverhampton Wanderers, tidak akan mengusik Manchester City mempertahankan gelar jika skuat asuhan Pep Guardiola mampu mengatasi tuan rumah Brighton & Hove Albion.

Jika kedua tim tersebut berhasil memetik kemenangan dalam matchday terakhir ini, ManCity akan finis dengan nilai 98, sedangkan Liverpool 97.

Liverpool bisa tampil sebagai juara apabila sukses memetik kemenangan atas Wolves dan pada saat bersamaan ManCity maksimal seri di markas Brighton.

Di luar keunggulan poin saat ini, menilik calon lawan yang akan dihadapi kedua tim, kans ManCity untuk menjadi juara jauh lebih besar ketimbang Liverpool.

ManCity memang menjalani laga tandang, tetapi Brighton hanyalah peringkat 17 dan tidak pernah menang dalam delapan pertandingan terakhir dengan perincian lima kali kalah dan tiga imbang.

Brighton juga dipastikan tak akan bermain habis-habisan lagi lantaran telah aman dari jeratan degradasi sehingga ManCity praktis akan menghadapi lawan yang tak bermain sengit.

Hanya satu hal yang mesti diwaspadai Sergio Aguero dan kawan-kawan, yakni kesuksesan anak asuh Chris Hughton menahan seri Arsenal di Stadion Emirates di London pada pekan ke-37. Hasil itu membuat Arsenal gagal finis di zona tiket Liga Champions Eropa.

Boleh jadi, setelah membuat Arsenal tersandung, Glenn Murray dan kawan-kawan berambisi pula menggagalkan City mempertahankan gelar.

Sementara itu, Liverpool jumpa Wolves, lawan yang selalu menang dalam tiga pertandingan liga terakhir termasuk 3 - 1 kontra Arsenal. Meski tambahan 3 angka tak akan mengangkatnya dari posisi ketujuh, jelas catatan bagus Wolves itu merupakan sinyal merah bagi Liverpool.

Apabila pada akhirnya menjuarai Liga Primer musim ini, ManCity menjadi klub ketiga yang berhasil menjadi kampiun dua musim beruntun sejak era Liga Primer digulirkan pada musim 1992 - 1993.

Dua tim yang sebelumnya berhasil menjadi juara secara beruntun ialah Manchester United dan Chelsea. MU bahkan meraih gelar dua musim beruntun sebanyak empat kali, dengan yang ketiga dan keempat berlanjut menjadi tiga musim beruntun jadi kampiun. Semua di bawah era pelatih Alex Ferguson.

MU juara pada musim perdana era Liga Primer pada 1992 - 1993 yang diulangi lagi musim berikutnya. Klub Setan Merah kembali juara pada 1995 - 1996 dan 1996 - 1997. Adapun tiga musim beruntun mereka juarai ialah pada 1998 - 1999, 1999 - 2000, 2000 - 2001 serta 2006 - 2007, 2007 - 2008, dan 2008 - 2009.

Sementara itu, The Blues Chelsea tampil sebagai juara dua musim berturut-turut pada edisi 2004 - 2005, 2005 - 2006 ketika di bawah arahan Jose Mourinho.

Bagi ManCity, jika pada akhirnya juara, ini merupakan gelar keempat sejak era Liga Primer. Tiga sebelumnya ialah musim 2011-2012 di bawah pelatih Roberto Mancini, 2013-2014 bersama Manuel Pellegrini, dan 2017-2018 pada musim kedua Pep Guardiola di Etihad.

Secara keseluruhan, ManCity tampil sebagai jawara kompetisi teratas di Inggris sebanyak lima kali. Dua yang pertama masih di era First Division pada 1936 - 1937 di bawah pelatih Wilfred Wild dan 1967 – 1968 bersama pelatih Joseph Mercer.

Berikut jadwal lengkap pertandingan pekan terakhir: Brighton & Hove Albion vs Manchester City; Burnley vs Arsenal; Crystal Palace vs Bournemouth; Fulham vs Newcastle United; Leicester City vs Chelsea; Liverpool vs Wolverhampton Wanderers; Manchester United vs Cardiff City; Southampton vs Huddersfield Town; Tottenham Hotspur vs EvertonWatford vs West Ham United.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & berbagai sumber
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper