Messi atau Ronaldo Pemain Terbaik? Ini Kata Bintang Sepak Bola Dunia

Semakin banyak bintang sepak bola dunia yang menganggap Lionel Messi sebagai pesepak bola paling hebat sejagat, jauh mengungguli rivalnya, Cristiano Ronaldo.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 03 Mei 2019  |  16:26 WIB
Messi atau Ronaldo Pemain Terbaik? Ini Kata Bintang Sepak Bola Dunia
Ujung tombak FC Barcelona Lionel Messi - Reuters/Eddie Keogh

Bisnis.com, JAKARTA – Semakin banyak bintang sepak bola dunia yang menganggap Lionel Messi sebagai pesepak bola paling hebat sejagat, jauh mengungguli rivalnya, Cristiano Ronaldo.

Selama lebih dari satu dekade, Messi, pemain klub FC Barcelona yang terkenal dengan kelihaiannya menyontekkan bola, dan Ronaldo, jagoan tim nasional Portugal, hampir-hampir tidak dapat dipisahkan di posisi teratas daftar pemain terhebat dunia.

Keduanya bolak-balik menyuguhkan permainan apik dan berperan besar atas sederet prestasi klub yang dihuni masing-masing seperti juara Liga Champions, kejuaraan liga. Mereka juga telah berulang kali meraih penghargaan individu terbaik seperti Ballon d'Or.

Namun, performa Messi sepanjang musim ini, yang telah mencetak 46 gol dan menciptakan 16 gol di La Liga dan kompetisi Eropa, telah menempatkannya satu tingkat di atas Ronaldo.

Ronaldo hanya menghasilkan kurang lebih separuh dari yang dicetak Messi, yakni 26 gol dan 10 assist dalam turnamen Seri A dan Liga Champions musim ini.

Bahkan sebelum kemenangan luar biasa FC Barcelona atas Liverpool FC dengan skor 3-0 pada Rabu (1/5/2019), Messi telah dipuji oleh pelatih Liverpool Jurgen Klopp sebagai pemain sepak bola terbaik di dunia.

“Saya tidak ingin berbicara tentang yang lain,” ungkap kolumnis Guardian Sid Lowe mengutip komentar Klopp pekan ini, ketika ditanya siapa yang akan masuk dalam peringkat lima besar pemain terbaik dalam sejarah.

“Messi adalah yang terbaik. Saya telah melihat banyak pemain bagus. Saya sudah banyak melatih, tetapi yang terbaik adalah Messi,” tambahnya, seperti dilansir Business Insider.

Setelah Messi menampilkan permainan yang nyaris sempurna di leg pertama semifinal Liga Champions tersebut, Klopp menegaskan kepada BBC bahwa itu adalah saat-saat ketika Messi "tak terhentikan".

Dalam pertandingan di Camp Nou itu, Messi menjadi headline di mana-mana ketika pada menit ke-82 melepaskan tendangan bebas keras melenting yang mendarat di sudut kiri gawang yang dijaga kiper Liverpool Alisson.

Klopp bukan satu-satunya bintang pelatih sepak bola dunia yang mengagumi kebolehan Messi.

Striker klub Olympique Marseille Mario Balotelli mengatakan permainan yang disuguhkan kapten timnas Argentina tersebut jelas-jelas tak lagi bisa dibandingkan dengan Ronaldo.

“Tolong jangan membandingkannya [Messi] dengan pemain Juventus No. 7 lagi,” ujar Balotelli merujuk pada Ronaldo yang bermain untuk klub Juventus dengan nomor punggung 7, menurut Goal.com.

Senada, gelandang AS Monaco Cesc Fabregas, yang bermain bersama Messi di Barcelona dari tahun 2011 hingga 2014, berpendapat tidak ada yang lebih baik daripada Messi.

“Sepertinya mustahil mendengar seseorang memberitahu saya ada yang lebih baik darinya [Messi],” tulis Fàbregas di Twitter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepak bola, lionel messi, cristiano ronaldo

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top