Jokowi Batal Nonton Final Arema vs Persebaya Meski Pesan 500 Kursi VVIP

Jokowi batal hadir karena memiliki sejumlah agenda lain yang membuatnya tak bisa datang ke Malang.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 April 2019  |  13:25 WIB
Jokowi Batal Nonton Final Arema vs Persebaya Meski Pesan 500 Kursi VVIP
Pesepakbola Arema melakukan latihan menjelang final leg kedua Piala Presiden 2019 di Stadion Gajayana, Malang, Jawa Timur, Kamis (11/4/2019). Arema akan mengandalkan kecepatan dan kemampuan pemainnya untuk mengalahkan Persebaya dan menjadi juara dalam pertandingan final besok. - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, SENTUL — Calon presiden petahana Joko Widodo menyebut acara final leg kedua Piala Presiden 2019 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya, Jumat (12/4) malam sangat penting meskipun ia batal untuk hadir dan menonton pertandingan tersebut.

"Piala Presiden sangat-sangat penting, sangat perlu," kata Joko Widodo (Jokowi) setelah menghadiri kampanye terbuka di Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (12/4/2019).

Namun, Jokowi batal hadir karena memiliki sejumlah agenda lain yang membuatnya tak bisa datang ke Malang.

Padahal, hingga Kamis malam (11/4), agenda perjalanannya ke Nganjuk dan Malang, Jawa Timur, telah dimatangkan.

"Ya kita ini kan ada kegiatan yang lain, Piala Presiden itu sangat-sangat penting, sangat perlu tapi juga ini ada kegiatan yang lain," ucapnya, tanpa menyebutkan kegiatan dimaksud.

Rombongan wartawan bahkan telah disediakan tiket untuk ke meliput dari Jakarta ke Nganjuk dan Malang, namun secara mendadak dikirimkan pemberitahuan perihal pembatalan perjalanan tersebut.

Jokowi kemudian pada Jumat pagi hadir dalam kampanye terbuka di Sentul, Kabupaten Bogor, sementara seluruh kegiatannya di Jawa Timur dibatalkan.

Ketidakhadiran Jokowi menonton final leg kedua membuat Piala Presiden 2019 digelar tanpa kehadiran Presiden RI.

Dari tiga penyelenggaraan sebelumnya, Jokowi hadir membuka dan menutup Piala Presiden 2019.

Sementara tahun ini, Piala Presiden dibuka oleh Menpora Imam Nahrawi di Stadion Si Jalak Harupat, Kota Bandung, dengan mempertandingkan Persib Bandung vs Tira-Persikabo, Sabtu (2/3).

Tanpa VVIP

Kantor berita Antara dari Malang melaporkan, panitia pelaksana pertandingan (panpel) Arema FC mengerahkan ribuan personel dari kepolisian dan eleman lainnya untuk mengamankan laga final leg kedua Piala Presiden 2019 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Malang, Jumat malam.

Kapolres Malang AKBP Yade Setiawan Ujung mengemukakan pihaknya melipatgandakan pasukan dari 700 personel pada pertandingan biasa menjadi 4.280 personel.

"Penambahan personel ini dilakukan untuk memperketat pengamanan sebagai antisipasi gangguan menjelang Pemilu. Semua pengamanan sudah diatur. Kami sudah mengantisipasi titik-titik yang menjadi fokus pengamanan," kata Yade Setiawan Ujung.

Jumlah personel pengamanan tersebut meningkat tajam dibanding saat final leg 1 di Gelora Bung Tomo Surabaya, Selasa (9/4). Saat leg 1 lalu di kandang Bajul Ijo, personel keamanan berjumlah 3.500 orang.

Sementara pada Kamis (11/4/2019) diberitakan, tiket perhelatan babak final leg kedua Piala Presiden 2019 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya sudah ludes terjual (sold out) sejak awal pekan lalu tanpa tiket VVIP yang kuotanya sekitar 500 kursi karena sudah dipesan untuk tamu undangan dan Paspampres.

Panpel Arema mencetak 42 ribu lembar tiket dengan harga Rp35 ribu untuk tiket ekonomi dan Rp100 ribu untuk VIP. "Untuk kelas VVIP kami tiadakan (dihapus) karena kuotanya akan diisi oleh tamu undangan sekitar 500 kursi," kata Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris di Malang, Jawa Timur, Kamis.

Laga "panas" tersebut akan dilangsungkan pada Jumat (12/4) dengan kick off pukul 20.00 WIB atau mundur sekitar 30 menit dari jadwal semula pukul 19.30 WIB.

Kapasitas Stadion Kanjuruhan sebanyak 42.449 orang.

Arema FC melaju ke babak final Piala Presiden 2019, setelah mengandaskan Kalteng Putra dengan skor 3-0 pada leg pertama dan 0-3 pada leg kedua pada babak semifinal. Sedangkan Persebaya Surabaya melenggang ke babak final usai mengalahkan Madura United 1-0 pada leg pertama dan 1-3 pada leg kedua.

Sementara itu, pertandingan babak final leg pertama di kandang "Bajul Ijo" Persebaya Surabaya, Arema berhasil mengimbang permainan Persebaya dengan skor akhir imbang 2-2.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
arema, persebaya, Piala Presiden

Sumber : Antara

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top