Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Inggris, Prancis Pesta Gol, Portugal Tertahan

Inggris dan Prancis memulai perjuangan di kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan menang besar, sementara langkah juara bertahan Portugal tertahan di kandang.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 23 Maret 2019  |  06:25 WIB
Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Inggris, Prancis Pesta Gol, Portugal Tertahan
Penyerang Timnas Inggris Raheem Sterling (kanan) merayakan hattrick-nya ke gawang Republik Cheska, disaksikan bek Ben Chilwell. - Reuters/Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris dan Prancis memulai perjuangan di kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 dengan menang besar, sementara langkah juara bertahan Portugal tertahan di kandang.

Di Stadion Wembley di London, Inggris, dalam laga Grup A pada Sabtu (23/3/2019) pagi WIB, tuan rumah menghabisi Republik Cheska lima gol tanpa balas, ditandai hattrick Raheem Sterling.

Sterling membuka skor pada menit ke-24. Inggris unggul 2-0 saat rehat berkat tambahan gol penalti kapten tim Harry Kane saat injury time babak pertama.

Pada babak kedua, Sterling menambah dua gol lagi pada menit ke-62 dan 68, serta satu lainnya akibat bunuh diri pemain belakang Republik Cheska Tomas Kalas 7 menit menjelang pertandingan selesai.

Dalam pertandingan lain di Grup A, tuan rumah Bulgaria dipaksa imbang Montenegro dengan skor 1 - 1 di Stadion Vasil Levski di Sofia.

Sementara itu di Grup H, juara dunia Prancis meremukkan tuan rumah Moldova di Stadion Zimvru di Chisina dengan skor 4 - 1.

Prancis sempat unggul 4 - 0 lewat gol-gol Antoine Griezmann (24’), Raphael Varane (27’), Olivier Giroud (36’), dan Kylian Mbappe (87’), sedangkan gol tuan rumah dijaringkan Vladimir Ambros (89’).

Dua pertandingan lainnya di Grup H, dua tamu sama-sama menang 2 - 0. Islandia merontokkan tuan rumah Andorra, sedangkan Turki menang di Albania.

Hasil tak elok diraih juara bertahan Portugal di Stadion Benfica di Lisbon setelah dipaksa imbang tanpa gol oleh tamunya Ukraina di Grup B meskipun menguasai bola hingga sekitar 60 persen.

Cristiano Ronaldo kembali memperkuat timnas negaranya setelah absen sejak terakhir bermain di Piala Dunia pertengahan tahun lalu di Rusia, tetapi nyatanya itu tak membantu memberi 3 angka bagi Portugal.

Hasil pertandingan lainnya di Grup B, Luksemburg menundukkan tamunya Lithuania dengan skor tipis 2 - 1.

Terdapat 55 tim yang akan berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang akan digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League musim 2018 – 2019.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas portugal, timnas inggris, timnas prancis, Euro 2020

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top