Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PIALA ASIA U-23 : Indonesia vs Thailand, FIFA Putuskan Ezra Walian Tak Bisa Main

Federasi Sepak bola Indonesia (PSSI) menghormati keputusan FIFA terkait status pemain Indonesia Ezra Wailan yang tidak akan bisa tampil di ajang kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam, karena tercatat pernah memperkuat tim nasional Belanda pada kompetisi resmi UEFA.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Maret 2019  |  12:00 WIB
Ezra Walian - Antara
Ezra Walian - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Sepak bola Indonesia (PSSI) menghormati keputusan FIFA terkait status pemain Indonesia Ezra Wailan yang tidak akan bisa tampil di ajang kualifikasi Piala AFC U-23 di Vietnam, karena tercatat pernah memperkuat tim nasional Belanda pada kompetisi resmi UEFA.

"PSSI menghormati keputusan FIFA. Namun, kita masih punya peluang untuk challenge terkait status Ezra," kata Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria melalui laman resmi PSSI, Jumat (22/3/2019).

Dalam kasus pemain berusia 22 tahun ini di Piala AFC U-23, AFC mengetahui bahwa Ezra adalah pemain naturalisasi, oleh karenanya AFC meminta dokumen pendukung berupa sumpah kewarganegaraan, decree president, dan sebagainya.

PSSI sudah mengirim dokumen tersebut tepat waktu, namun AFC meminta PSSI mengirimkan surat dari Federasi sepak bola Belanda (KNVB) yang mengklarifikasi bahwa Ezra belum pernah bermain di timnas Belanda.

Dalam prosesnya, KNVB menanggapi dengan mencantumkan bahwa Ezra pernah bermain di timnas U-17 Belanda pada ajang Piala Eropa tahun 2013 lalu.

Atas dasar tersebut diketahui bahwa Ezra sebelumnya pernah bermain di timnas pada kompetisi resmi sebelum ia mengajukan naturalisasi. Terkait dengan ini, AFC meminta PSSI untuk mendapat persetujuan dari FIFA.

PSSI pun telah mengirimkan dokumen yang dibutuhkan oleh FIFA seperti sumpah, decree, pernyataan dari ezra, paspor Belanda dan paspor Indonesia.

Meski begitu, FIFA tetap pada peraturan bahwa Ezra tidak dapat berpindah asosiasi karena pernah bermain di kompetisi resmi sebelum naturalisasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala asia Piala Asia 2019

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top