Hasil Piala Asia: China Lolos ke 16 Besar, Australia Buka Peluang

Australia membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menang 3 - 0 atas Palestina, sedangkan kans Filipina meredup setelah dihajar China 0 - 3 dalam pertandingan Piala Asia 2019 di UEA.
M. Syahran W. Lubis | 12 Januari 2019 00:35 WIB
Pelatih Timnas China Marcello Lippi (menghadap kamera) berpelukan dengan pelatih Filipina Sven-Goran Eriksson setelah kedua tim bertanding di Piala Asia 2018. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA – Australia membuka peluang lolos ke 16 besar setelah menang 3 - 0 atas Palestina, sedangkan Filipina sebaliknya kans ke fase knock out meredup setelah ditaklukkan China 0 - 3 dalam pertandingan Piala Asia 2019 pada Jumat (11/1/2019) malam WIB di Uni Emirat Arab (UEA).

Bermain di Grup B di Stadion Rashid di Dubai, Australia membekuk Palestina tiga gol tanpa balas. Ketiga gol anak asuh Graham Arnold dilesakkan Jamie MacLaren (18’), Awer Bul Mabil (20’), dan Apstolis Giannou (90’).

Dengan kemenangan tersebut, Australia membuka peluang ke 16 besar setelah menyerah 0 - 1 dari Yordania dalam pertandingan pertama.

Posisi klasemen sementata Grup B, Yordania telah lolos ke 16 besar dengan nilai 6 hasil dua kemenangan, satu lainnya 2 - 0 atas Suriah, diikuti Australia 3, serta Suriah dan Palestina masing-masing 1.

Meski untuk sementara menduduki posisi kedua, Australia belum aman untuk melaju ke fase kncok out dan setidaknya mesti seri ketika meladeni Suriah di pertandingan ketiga.

Suriah dan Palestina sebaliknya belum pasti tersingkir meski sudah satu kali kalah dan satu seri. Jika mereka memenangi laga terakhir—Palestina versus Yordania—maka salah satunya lolos sebagai runner up dan satu lagi berpotensi lolos sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik dari enam grup.

Sementara itu di Grup C, peluang Filipina, salah satu wakil Asia Tenggara selain Thailand dan Vietnam, untuk lolos ke babak 16 makin sulit karena menelan kekalahan kedua, kali ini dari China setelah pada laga pembuka mereka menyerah 0 - 1 dari Korea Selatan.

Dua dari tiga gol China dalam pertandingan di Stadion Mohammed bin Zayed di Abu Dhabi dicetak Wu Lei pada menit ke-40 dan 66, sedangkan satu lagi oleh Yu Dabao.

Laga ini mempertemukan dua timnas yang ditukangi pelatih besar. China dilatih Marcello Lippi, eks-pelatih Timnas Italia, sedangkan Filipina ditangani Sven-Goran Erikksson, eks-pelatih Timnas Inggris, Meksiko, dan Pantai Gading.

Dengan kemenangan ini, China menjadi tim kedua yang lolos ke 16 besar setelah Yordania di Grup B. Nilai China 6 setelah di laga pertama menang 2 - 1 atas Kirgstan.

Saat beri I ni ditayangkan, Korsel dan Kirgistan tengah bertanding di Stadion Hazza bin Zayed di Al Ain. Kalau Korsel menang, mereka menjadi tim ketiga yang lolos ke 16 besar.

Sumber : Reuters

Tag : timnas australia, Piala Asia 2019, Timnas China
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top