Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ajax Susah Payah Atasi Tim Kelas 2 untuk Lolos ke 8 Besar Piala Belanda

Ajax Amsterdam hanya bisa menang lewat adu penalti melawan Roda JC Kerkrade, tim Eerste, kompetisi kelas dua, untuk lolos ke perempat final KNVB Beker.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 20 Desember 2018  |  08:02 WIB
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan kemenangan lewat adu penalti atas Roda JC di 16 besar Piala Belanda. - Twitter@AFCAjax
Para pemain Ajax Amsterdam merayakan kemenangan lewat adu penalti atas Roda JC di 16 besar Piala Belanda. - [email protected]

Bisnis.com, JAKARTA – Ajax Amsterdam, salah satu dari tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda, hanya bisa menang lewat adu penalti melawan Roda JC Kerkrade, tim Eerste, kompetisi kelas dua dalam sistem sepak bola Negeri Kincir Angin, untuk lolos ke perempat final KNVB Beker.

Dalam pertandingan 16 besar Piala Belanda (KNVB Beker) di Stadion Parkstad Limburg di Kerkrade pada Kamis (20/12/2018) pagi WIB, kedua tim bermain imbang 1 - 1 hingga permainan berlangsung 120 menit.

Kedua gol dihasilkan dari titik penalti. Dusan Tadic membuka keunggulan Ajax pada menit ke-13, tetapi dibalas Roda juga dari titik putih yang dieksekusi Mitchell Paulissen pada menit ke-36.

Skor 1 - 1 bertahan hingga waktu reguler 2 x 45 menit berakhir sehingga dilanjutkan dengan perpanjangan waktu 2 x 15 menit yang ternyata tak mengubah kedudukan. Dengan demikian, pemenang ditentukan lewat adu penalti dan Ajax menang 4 – 2 sehingga lolos ke babak 8 besar.

Kemenangan Ajax tak lepas dari permainan cemerlang kiper Andre Onana yang mampu menahan eksekusi Paulissen, sedangkan satu lagi eksekusi Roda yang dilakukan Mario Engels melambung di atas mistar gawang.

Onana, penjaga gawang Timnas Kamerun, baru masuk lapangan pada menit ke-118 atau 2 menit sebelum perpanjangan waktu usai, menggantikan Kostas Lamprou.

Ajax merupakan pengoleksi terbanyak trofi KNVB Beker yakni 18 kali, diikuti dua tim kekuatan sepak bola lainnya yakni Feyenoord 13 kali dan PSV Eindhoven 9 kali.

Feyenoord, yang kali ini berstatus juara bertahan, akan bertarung melawan Utrecht di 16 besar pada Jumat (21/12/2018) mulai pk. 02.30 WIB. Laga lain yang tersisa di fase ini ialah Kozakken Boys kontra Vitesse Arnhem yang digelar Jumat pk. 00.30 WIB.

Sementara itu, PSV telah tersingkir di babak 32 besar, di kandang sendiri, Stadion Philips di Eindhoven dikalahkan RKC Waalwijk 2 - 3 lewat perpanjangan waktu pada akhir Oktober lalu.

Hasil 16 besar Piala Belanda hingga Kamis pagi WIB: Willem II Tilburg 3 vs AFC 0; Twente Enschede 2 vs RKC Waalwijk 0; AZ Alkmaar 5 vs PEC Zwolle 0; ODIN '59 1 vs Heerenveen 3; Fortuna Sittard 2 vs Cambuur Leuwarden 1; Roda JC Kerkrade 1 vs Ajax Amsterdam 1 (Ajax menang adu penalti 4 - 2).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ajax Piala Belanda

Sumber : Reuters & Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top