Kejutan, Al Ain Tim Asia Pertama Lolos ke Final Piala Dunia Antar-Klub

Terjadi kejutan besar di Piala Dunia Antar-Klub ketika tim Asia untuk pertama kalinya melaju ke final sepanjang sejarah setelah Al Ain menundukkan River Plate.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Desember 2018  |  07:05 WIB
Kejutan, Al Ain Tim Asia Pertama Lolos ke Final Piala Dunia Antar-Klub
Para pemain Al Ain merayakan kemenangan atas River Plate untuk menjadi tim Asia pertama lolos ke final Piala Dunia Antar-Klub. - Reuters/Andrew Boyers

Bisnis.com, JAKARTA – Terjadi kejutan besar di Piala Dunia Antar-Klub ketika tim Asia untuk pertama kalinya melaju ke final sepanjang sejarah setelah Al Ain (Uni Emirat Arab) menundukkan River Plate, klub Argentina juara Copa Libertadores, di semifinal.

Bertarung di Stadion Hazza Bin Zayed Stadium di Al Ain, pada Rabu (19/12/2018) dini hari WIB kemenangan tuan rumah tak lepas dari penampilan cemerlang dua pemain asingnya yakni Caio Lucas Fernandes dan Marcus Berg.

Al Ain, yang ikut serta di ajang ini hanya sebagai wakil tuan rumah, sudah mengejutkan River Plate, klub kondang sarat sejarah dari Argentina, saat laga baru memasuki menit ke-3 lewat gol yang dijaringkan Berg, penyerang asal Swedia.

River Plate bangkit den gan memberikan dua gol balasan yang diborong Rafael Borre pada menit ke-11 dan 16. Namun, Ciao, yang berasal dari Brasil, berhasil mencetak gol kedua tuan rumah ketika babak kedua berjalan 6 menit sehingga skor 2 - 2.

Satu kesempatan emas dibuang percuma oleh River Plate saat eksekusi penalti Gonzalo Martinez gagal membuahkan gol pada menit ke-69 karena tendangannya hanya menghantam mistar gawang.

Dalam adu penalti, kiper Khalid Eisa sukses membendung tendangan Enzo Perez pada eksekusi kelima sehingga Al Ain lolos ke final, menjadi tim pertama yang mampu mencapai laga puncak Piala Dunia Antar-Klub.

Di final, Al Ain akan bertemu pemenang laga semifinal lainnya yakni juara Liga Champions Eropa Real Madrid melawan juara Liga Champions Asia Kashima Antlers yang digelar pada Rabu ini mulai pk. 23.30 WIB.

Pertandingan final direncanakan berlangsung pada Sabtu (22/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB di Zayed Sports City di Abu Dhabi.

Real Madrid, klub La Liga Spanyol, merupakan juara bertahan. Di final Piala Dunia Antar-Klub tahun lalu yang juga digeber di UEA, Madrid menundukkan klub Brasil Gremio 1 - 0 berkat gol semata wayang Cristiano Ronaldo—yang kini membela juara Serie A Italia Juventus—pada menit ke-53.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
real madrid, river plate, Piala Dunia Antar Klub

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top