Hasil Lengkap La Liga: Gol Penalti di Ujung Laga, Bilbao Atasi Girona

Gol penalti di ujung pertandingan membawa Athletic Bilbao menaklukkan Girona dengan skor tipis 1 - 0 dalam laga penutup pekan ke-15 Divisi Primer La Liga Spanyol.
M. Syahran W. Lubis | 11 Desember 2018 05:27 WIB
Striker Athletic Bilbao Aritz Aduriz sesaat setelah mencetak gol ke gawang Girona dari titik penalti. - Twitter La Liga

Bisnis.com, JAKARTA – Gol penalti di ujung pertandingan membawa Athletic Bilbao menaklukkan tamunya Girona dengan skor tipis 1 - 0 dalam pertandingan penutup pekan ke-15 Divisi Primer La Liga Spanyol pada Selasa (11/12/2018) pagi WIB.

Penalti Arits Aduriz yang dieksekusi ala Panenka—menchip bola, bukan dengan menendang keras—ketika laga babak kedua telah memasuki waktu tambahan berhasil menjebol gawang tim tamu yang datang dari Girona, Katalunya, yang dikawal kiper Gorka Iraizoz.

Iraizoz justru berasal dari Pamplona, kota kedua terbesar di wilayah separatis Basque, yang beribu kota di Bilbao. Dia juga eks-kiper Athletic Bilbao pada 2007 - 2017 sebelum ke Girona. Dia bermain dalam 315 pertandingan selama 10 tahun merumput bersama tim berjuluk Los Leones alias Si Singa tersebut.

Dengan kemenangan dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion San Mames Barria tersebut—kedua sepanjang La Liga musim 2018 - 2019 ini setelah 2 - 1 atas Leganes pada pekan pertama pada Agustus lalu—Athletic Bilbao berada di jalur yang benar untuk keluar dari zona degradasi.

Bilbao kini mengoleksi 14 angka, menyamai Villarreal yang berada persis satu setrip di atasnya, tetapi Bilbao kalah selisih gol yakni -8 berbanding -4. Di klasemen sementara pun, Bilbao masih tertahan di peringkat ke-18 atau nomor tiga dari bawah alias slot teratas di zona merah degradasi.

Ini juga kemenangan kedua setelah Bilbao ditukangi Gaizka Garitano—pelatih tim kedua—sejak 4 Desember lalu, menggantikan pelatih asal Argentina Eduardo Berizzo. Kemenangan pertama di bawah Garitano didapat pada 7 Desember lalu di 32 besar Copa del Rey dengan skor telak 4 - 0 atas Huesca.

Sementara itu, kekalahan ini membuat Girona tertahan di peringkat kesembilan dengan perolehan poin 21, sama dengan Getafe di slot kedelapan dan sesama tim Katalunya Espanyol di posisi ke-10.

Dalam lanjutan La Liga, Bilbao akan bertandang ke markas Deportivo Alaves pada Selasa (18/12/2018) mulai pk. 03.00 WIB, sedangkan Girona kembali menjalani laga tandang yakni melawan Sevilla pada Minggu (16/12/2018) mulai pk. 18.00 WIB.

Hasil lengkap pekan ke-15: Leganes 1 vs Getafe 1; Atletico Madrid 3 vs Alaves 0; Valencia 1 vs Sevilla 1; Villarreal 2 vs Celta 3; Espanyol 0 vs Barcelona 4; Eibar 4 vs Levante 4; Huesca 0 vs Real Madrid 1; Sociedad 1 vs Valladolid 2; Betis 2 vs Rayo Vallecano 0; Athletic Bilbao 1 vs Girona 0.

Sumber : LaLiga.es

Tag : liga spanyol, athletico bilbao
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top