Hasil Nations League, Inggris & Swiss ke Putaran Final

Inggris dan Swiss melaju ke putaran final Nations League setelah menundukkan lawan-lawan mereka dalam pertandingan terakhir masing-masing grup.
M. Syahran W. Lubis | 19 November 2018 06:03 WIB
Para pemain Inggris meluapkan sukacita selepas menundukkan Kroasia di Nations League Eropa. - Reuters/David Klein

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris dan Swiss melaju ke putaran final Nations League Eropa setelah menundukkan lawan-lawan mereka dalam pertandingan terakhir masing-masing grup pada Senin (19/11/2018) dini hari WIB.

Inggrs menundukkan Kroasia dengan skor tipis 2 – 1 dalam laga terakhir Grup 4 Nations League A di Stadion Wembley, London.

Andrej Kramaric lebih dahulu membawa Kroasia unggul pada menit ke-57, tetapi tuan rumah berjuluk Three Lions berhasil melesakkan dua gol balasan melalui Jesse Lingard (78’) dan Harry Kane (85’).

Hasil ini membuat Inggris memuncaki klasemen akhir Grup 4 dengan nilai 7 dan melaju ke fase akhir yang terdiri dari empat tim, yakni setiap juara grup Nations League A. Spanyol di posisi kedua Grup 4 dengan nilai 6, dan Kroasia yang mengoleksi hanya 4 angka degradasi ke Nations League level B.

Hasil ini merupakan catatan buruk bagi Kroasia yang tahun ini baru saja mencatatkan prestasi tertinggi dalam sejarah sepak bola negara tersebut dengan tampil sebagai runner up Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juli lalu.

Sementara itu, di Grup 2, Swiss secara mengejutkan menghabisi Belgia, tim terkuat dunia berdasar Ranking FIFA, dengan skor 5 – 2, hasil yang membawa negara peringkat kedelapan dunia itu melaju ke fase akhir Nations League.

Dalam pertandingan di Swisspor Arena di Lucerne, Swiss seperti akan menuai kekalahan telak saat tim tamu melesakkan dua gol pada menit ke-2 dan 17 yang diborong Thorgan Hazard.

Namun, dua gol dari adik kandung Eden Hazard, yang juga bermain di lini depan Belgia dalam laga tersebut, menjadi tak bermakna setelah Swiss menggelontorkan lima gol balasan yang tiga di antaranya dikontribusi Haris Seferovic.

Seferovic adalah pemain berdarah Bosnia yang kedua orang tuanya mengungsi ke Swiss dari negara asalnya pada akhir 1980-an akibat perang saudara dan pembantaian etnis yang dipicu oleh Serbia dan memorak-porandakan negara eks-Yugoslavia.

Dia mencetak tiga gol pada menit ke-31, 44, dan 84, setelah gol balasan pembuka dihasilkan dari titik penalti oleh Ricardo Rodriguez, bek kiri berdarah Spanyol, pada menit ke-26.

Penalti diberikan wasit Italia Daniele Orsato setelah kiper Thibaut Courtois menjatuhkan bek Swiss Kevin Mbabu saat pemain belakang berdarah Kongo itu merangsek hingga ke depan gawang Belgia.

Satu gol Swiss lainnya dicetak pada menit 62 oleh Nico Elvedi, bek kanan berusia 22 tahun. Ini gol pertamanya untuk Timnas Swiss dalam sembilan caps.

Dengan hasil ini, Swiss dan Belgia sama-sama mengoleksi nilai 9, tetapi Swiss unggul head to head karena di pertemuan pertama di Belgia, Hazard bersaudara dan kawan-kawan hanya bisa menang dengan skor tipis 2 – 1.

Dari Grup 2 ini, Islandia degradasi ke level B akibat selalu menelan kekalahan dalam empat pertandingan, masing-masing dua kali dari Swiss dan Belgia.

Sumber : Reuters

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top