Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Nations League: Kroasia Hajar Spanyol, Belgia Libas Islandia

Belgia dan Kroasia mencatat kemenangan dalam lanjutan Natuons Leage Eropa yang berlangsung pada Jumat (16/11/2018) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 16 November 2018  |  06:10 WIB
Penyerang Timnas Belgia Michy Batshuayi merayakan gol. - Reuters/Francois Lenoir
Penyerang Timnas Belgia Michy Batshuayi merayakan gol. - Reuters/Francois Lenoir

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia dan dan Kroasia membuka peluang untuk lolos ke putaran final Nations League (Liga Bangsa-bangsa) Eropa setelah mencatat kemenangan dalam dua pertandingan grup berbeda pada Jumat (16/11/2016) dini hari WIB.

Di Grup 2 Nations League level A, di Stadion Raja Baudouin di Brussels, tuan rumah Belgia menundukkan tamunya Islandia, yang sebelum pertandingan dimulai sudah pasti terdegradasi ke level B, dengan skor 2 – 0.

Adalah Michy Batshuayi yang melesakkan dua gol untuk tuan rumah pada menit ke-65 dan 81 untuk mengantar Belgia mendulang nilai 9 dan hanya memerlukan seri saat bertandang ke Swiss 3 hari mendatang untuk memastikan tampil sebagai juara Grup 2 yang lolos ke Nations League Final.

Bahkan, kekalahan pun tetap meloloskan Belgia, asalkan mencetak sedikitnya dua gol (2 - 3, 3 - 4, dan seterusnya) di Swiss karena di pertemuan pertama di Belgia, tim besutan Roberto Martinez itu menang 2 - 1 atas Swiss.

Posisi klasemen sementara Grup 2, Belgia teratas dengan nilai 9, diikuti Swiss 6, dan Islandia tanpa nilai karena selalu kalah dalam empat pertandingan.

Sementara itu, di Grup 4, Kroasia membuka peluang bukan hanya untuk bertahan di level A, melainkan lebih dari itu juga menyimpan asa finis sebagai juara grup untuk lolos ke putaran akhir setelah mengatasi Spanyol dengan skor tipis 3 – 2.

Di Stadion Maksimir di Zagreb, Kroasia, kemenangan tuan rumah baru didapatkan ketika pertandingan telah memasuki waktu tambahan babak kedua.

Dua kali tuan rumah, yang merupakan runner up Piala Dunia 2018, unggul, tetapi dua kali pula Spanyol, juara Piala Dunia 2010, berhasil menyamakan kedudukan.

Andrej Kramaric membuka keunggulan Kroasia ketika babak kedua berjalan 9 menit, tetapi hanya berselang 2 menit Spanyol membuat skor imbang lewat gol Dani Ceballos.

Pada menit ke-69 Tin Jedvaj memulihkan keunggulan Kroasia, tetapi Spanyol kembali menyamakan kedudukan menjadi 2 – 2 melalui penalti kapten tim Sergio Ramos.

Kemenangan Kroasia akhirnya datang lewat kontribusi gol Jedvaj ketika injury time telah memasuki menit ke-3 sehingga skor akhir 3 – 2 dan membuka peluang Negeri Balkan itu melaju ke putaran final jika bisa mengalahkan Inggris pada Minggu (18/11/2018) malam WIB di Stadion Wembley, London.

Namun, peluang untuk melaju ke putaran final itu dalam praktiknya bakal sangat sulit, karena Kroasia harus mencetak kemenangan dengan selisih paling tidak tiga gol, yang tentu itu tak mudah dilakukan ke gawang Inggris, apalagi Inggris bertindak sebagai tuan rumah.

Posisi klasemen sementara di Grup 4, Spanyol masih memimpin dengan nilai 6, diikuti Inggris dan Kroasia dengan nilai masing-masing 4. Inggris berada di urutan kedua karena memiliki selisih gol 4 – 4, jauh lebih baik dibandingkan dengan Kroasia yang 3 – 8.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas inggris timnas spanyol Timnas Belgia Timnas Kroasia Timnas Islandia UEFA Nations League

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top