Hasil Piala AFF, Vietnam & Malaysia Buka Kemenangan

Vietnam dan Malaysia mengawali turnamen Piala AFF (Asean Footbal Federation) dengan kemenangan di kandang lawan dalam pertandingan Grup A pada Kamis (8/11/2018) malam WIB.
M. Syahran W. Lubis | 08 November 2018 21:56 WIB
Dua pemain andalan Timnas Indonesia, Andik Vermansah (kiri) dan Stefano Lilipaly, akan memulai perjuangan Piala AFF 2018 melawan tuan rumah Singapura. - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA – Vietnam dan Malaysia mengawali turnamen Piala AFF (Asean Footbal Federation) dengan kemenangan di kandang lawan dalam pertandingan Grup A pada Kamis (8/11/2018) malam WIB.

Malaysia menundukkan tuan rumah Kamboja dengan skor tipis 1 – 0 dalam gelaran di Stadion Nasional Olimpiade di Phnom Penh dengan gol satu-satunya dikontribusi Norshahrul Idlan pada menit ke-30.

Sementara itu, Vietnam menang telak tiga gol tanpa balas atas tuan rumah Laos di Stadion Nasional Baru Laos di Vientiane berkat gol-gol yang dicetak oleh tiga Nguyen yang berbeda.

Nguyen Chong Phuong membuka keunggulan Vietnam pada menit ke-11 dan pada tambahan waktu babak pertama Nguyen Anh Duc berhasil menggandakan keunggulan tim tamu.

Setelah skor 0 – 2 ketika rehat, pada babak kedua Vietnam berhasil menambah sebiji gol lagi melalui Nguyen Quang Hai pada menit ke-68. Skor 0 – 3 untuk Vietnam bertahan hingga wasit Indonesia Thoriq Alkatiri mengakhiri pertandingan.

Piala AFF 2018 diikuti 10 tim. Di Grup A, selain empat tim yang sudah bertanding, diisi oleh Myanmar. Adapun Indonesia, runner up edisi sebelumnya, bergabung di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste, yang lolos kualifikasi dengan mengalahkan Brunei Darussalam.

Dengan demikian, setiap tim di fase grup akan memainkan empat pertandingan. Yang unik dan sangat boleh jadi baru pertama kali diterapkan di seantero dunia, dari setiap tim bertanding empat kali, dua di antaranya bermain kandang dan dua lainnya tandang.

Indonesia akan memulai perjuangan di ajang ini pada Jumat (9/11/2018) menghadapi tuan rumah Singapura, lalu menjamu Timor Leste pada 13 November, bertamu ke Thailand 17 November, dan menjamu Filipina pada 25 November.

Sumber : AFFSuzukiCup.com & Soccerway

Tag : timnas indonesia, piala aff
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top