Hasil Nations League Eropa: Inggris Disikat Spanyol di Wembley

Inggris memulai kompetisi Nations League (Liga Bangsa-bangsa) Eropa dengan hasil buruk berupa kekalahan dengan skor tipis 1 – 2 di Stadion Wembley.
M. Syahran W. Lubis | 09 September 2018 04:34 WIB
Luis Enrique (kanan) bersuka cita setelah Spanyol menundukkan tuan rumah Inggris 2 - 1 di Nations League Eropa level A. Ini kemenangan Enrique dalam debutnya sebagai pelatih Timnas Spanyol. - Reuters/John Sibley

Bisnis.com, JAKARTA – Inggris memulai kompetisi Nations League (Liga Bangsa-bangsa) Eropa dengan hasil buruk berupa kekalahan dengan skor tipis 1 – 2 di Stadion Wembley di London pada Minggu (9/9/2018) dini hari WIB.

Pertandingan tersebut di hadapan 81.000 penonton itu merupakan laga pembuka Grup 4 League A, level teratas di antara empat lapis kompetisi Nations League, kompetisi antarnegara anggota Union of European Football Associations (UEFA) yang baru dimulai tahun ini.

Inggris seperti akan meraih poin penuh ketika pertandingan baru berjalan 11 menit Marcus Rashford telah memberikan keunggulan bagi skuat asuhan Gareth Southgate.

Namun, Spanyol bangkit berkat kecemerlangan Rodrigo Moreno. Pada menit ke-13 atau hanya berselang 2 menit dari gol Rashford, Rodrigo melepas assist yang dapat dimaksimalkan Saul Niguez untuk menyamakan skor menjadi 1 – 1.

Pada menit ke-32 Rodrigo mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol kedua dengan assist pemain berdarah Brasil Thiago Alcantara yang mengantar kemenangan 1 – 2 untuk Spanyol atas tuan rumah Inggris.

Ini debut bagus bagi Luis Enrique, eks-pelatih FC Barcelona, AS Roma, dan Celta Vigo, yang baru ditunjuk menangani Timnas Spanyol pada 9 Juli lalu menggantikan Fernando Hierro.

Dalam kompetisi antartim nasional negara-negara Eropa ini, 55 timnas anggota UEFA dibagi menjadi empat divisi yakni League A, B, C, dan D. Di League A yang merupakan kasta tertinggi, bertarung 12 tim terkuat di Eropa.

UEFA memberlakukan pola promosi dan degradasi antar-League. Dengan demikian, pelaksanaan Nations League ini tidak jauh berbeda dengan sistem kompetisi sepak bola reguler domestik.

Untuk League A, pesertanya dibagi menjadi empat grup. Grup 1 diisi Jerman, Prancis, Belanda. Grup 2 Belgia, Swiss, Islandia. Grup 3 Portugal, Italia, Polandia, serta Grup 4 Spanyol, Inggris, dan Kroasia.

Empat tim juara setiap grup lolos ke Nations League Finals, sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen degradasi ke League B. Hal serupa diberlakukan terhadap League B, C, dan D.

Untuk mengetahui jadwal lengkap fase grup Nations League level A, sila klik di sini.

Sumber : Reuters

Tag : timnas inggris, timnas spanyol, UEFA Nations League
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top