Pekerman Tinggalkan Kolombia, Martino atau Sampaoli Penggantinya?

Federasi Sepak Bola Kolombia belum memutuskan pengganti Jose Pekerman, yang mengundurkan diri sebagai pelatih timnas negara itu pada Rabu (5/9/2018) pagi WIB, tetapi nama Gerardo Martino dan Jorge Sampaoli disebut-sebut merupakan kandidat terkuat.
M. Syahran W. Lubis | 05 September 2018 16:32 WIB
Pelatih berpaspor Argentina Jorge Sampaoli. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Kolombia belum memutuskan pengganti Jose Pekerman, yang mengundurkan diri sebagai pelatih timnas negara itu pada Rabu (5/9/2018) pagi WIB, tetapi nama Gerardo Martino dan Jorge Sampaoli disebut-sebut merupakan kandidat terkuat.

Sebenarnya ada nama Juan Carlos Osorio, yang memang berasal dari Kolombia, yang oleh sebagian khalayak bola negara itu dianggap layak sebagai pengganti Pekerman.

Namun masalahnya, Osorio justru baru ditunjuk menjadi pelatih Timnas Paraguay kurang dari 24 jam sebelum pengunduran diri Pekerman. Osorio adalah pelatih Timnas Meksiko di putaran final Piala Dunia 2018 saat tim itu kalah 0 – 2 di 16 besar dari Brasil.

Oleh sebab Osorio telah dipinang Paraguay, muncullah nama Martino dan Sampaoli, yang sebagaimana Pekerman, juga orang Argentina.

Martino kini melatih klub AS Atlanta United, sedangkan Sampaoli belum menangani tim mana pun setelah mendampingi Argentina di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia ketika Tango finis di 16 besar, kalah 3 – 4 dari Prancis.

Pekerman meninggalkan posisi sebagai pelatih Timnas Kolombia setelah berhasil mentransformasi prestasi anak asuhnya selama hampir 7 tahun bertugas.

Pelatih berpaspor Argentina itu ditunjuk menukangi Si Petani Kopi (Los Cafeteros) pada Januari 2012 setelah Kolombia selalu gagal menembus putaran final Piala Dunia sejak 1998 di Prancis.

Ketika itu Pekerman menjadi pelatih ketiga Timnas Kolombia hanya dalam rentang waktu 5 bulan setelah Hernan Dario Gomez mengundurkan diri pada Agustus 2011 dan penggantinya Leonel Alvarez hanya bertahan hingga Desember tahun yang sama.

Pekerman terbukti langsung memberi dampak instan dengan mengatntar tim itu finis di peringkat kedua dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2014 sehingga lolos ke putaran final di Brasil. Bahkan di Brasil, Kolombia lolos ke 8 besar, prestasi terbaik negara itu sepanjang sejarah.

Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018, langkah Kolombia tak semulus 4 tahun sebelumnya, tetapi tetap berhasil mengamankan satu slot di antara 32 kontestan putaran final yang berlangsung di Rusia. Kolombia kandas di 16 besar, kalah adu penalti versus Inggris.

Pada jumpa pers pengunduran dirinya pada Rabu (5/9/2018), Pekerman tampak emosional. “Saya akan selalu memantau bagaimana perkembangan Kolombia, bukan hanya untuk urusan sepak bola, tetapi juga negara dan masyarakatnya. Saya selalu menjadi bagian dari negara ini dan berharap kesuksesan berlanjut.”

Pria berusia 69 tahun itu tidak memberi jawaban saat ditanya mengenai masa depannya. Namun, Meksiko disebut-sebut salah satu peminatnya setelah timnas negara Amerika Tengah itu ditinggal Juan Carlos Osorio.

Pekerman memang pernah melatih dua klub Meksiko yakni Toluca dan Tigres. Dalam perjalanan karier sebagai pelatih, dia juga pernah menangani klub Cile Colo-Colo, Timnas Argentina senior, dan Timnas Argentina U-20.

Sebagai pemain, dia berposisi sebagai gelandang, dan hanya dua klub yang pernah diperkuatnya yakni klub negara asalnya Argentinos Juniors (1970 – 1974) dan klub Kolombia Independiente Medellin (1974 – 1977).

Sumber : Scoresway

Tag : timnas kolombia
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top