Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala AFF: Indonesia Pasti Juara Grup, Didampingi Myanmar ke Semifinal

Indonesia dipastikan tampil sebagai juara Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) U-16 setelah Myanmar dan Vietnam berbagi skor imbang 2-2 dalam matchday kelima yang berlangsung pada Senin (6/8/2018) petang di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur.
Penyerang Timnas Indonesia U-16 Sutan Diego Zico. Timnas Indonesia dipastikan juara Grup A setelah Myanmar versus Vietnam imbang 2-2./Antara-Zabur Karuru
Penyerang Timnas Indonesia U-16 Sutan Diego Zico. Timnas Indonesia dipastikan juara Grup A setelah Myanmar versus Vietnam imbang 2-2./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia dipastikan tampil sebagai juara Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) U-16 setelah Myanmar dan Vietnam berbagi skor imbang 2-2 dalam matchday kelima yang berlangsung pada Senin (6/8/2018) petang di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebagaimana disiarkan streaming PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) pertandingan Myanmar dan Vietnam berakhir dengan skor 2-2 sehingga nilai kedua tim itu masing-masing 10, sedangkan Indonesia yang masih menyisakan satu pertandingan melawan Kamboja sudah 12.

Indonesia menyapu bersih empat pertandingan awal yakni dengan skor telak 8-0 atas Filipina, 2-1 atas Myanmar, 4-2 versus juara bertahan Vietnam, dan menghajar Timor Leste 3-0 sehingga mengoleksi nilai 12.

Meskipun Indonesia kalah dari Kamboja dengan skor berapa pun dalam pertandingan terakhir Grup A yang dijadwalkan berlangsung pada Senin malam, anak asuh Fakhri Husaini tetap menjadi juara grup dan di semifinal berhadapan dengan runner up Grup B yang masih diperebutkan antara Malaysia dan Laos.

Dengan hasil 2-2, Myanmar menjadi runner up Grup A mendampingi Indonesia ke semifinal. Nilai Myanmar dan Vietnam sama-sama 10, tetapi Myanmar unggul selisih gol yakni 17-7 berbanding 15-7 milik Vietnam.

Dengan demikian, Vietnam tersingkir, kandas di fase grup, dan gagal mempertahankan gelar yang mereka raik ketika bertindak sebagai tuan rumah tahun lalu dengan di final mengalahkan tuan rumah Thailand melalui adu penalti 4-2 di Chonburi, Thailand.

Ketika Indonesia masih belum pasti bakal menghadapi antara Malaysia dan Malaysia di semifinal, Myanmar sebaliknya 99,99 persen bakal jumpa Thailand di fase empat besar.

Di Grup B, Thailand sudah hampir dapat dipastikan menjadi juara dengan nilai 10. Di bawahnya ada Laos dan Malaysia masing-masing-masing dengan koleksi 7 dan 6.

Jika Laos versus Malaysia minimal seri, maka Laos yang akan melaju ke semifinal mendampingi Thailand dan jumpa Indonesia di semifinal. Namun, jika Malaysia yang menang, tim muda jiran itu yang ke semifinal sebagai runner up Grup B. Laga Laos versus Malaysia digelar pada Selasa (7/8/2018).

Secara matematis, Laos masih mungkin menjadi juara Grup B. Namun, itu hanya terjadi apabila Laos bisa menaklukkan Malaysia dengan selisih sembilan gol, hal hampir dapat disebut mustahil, sehingga target yang paling realistis bagi Laos ialah membidik posisi runner up dengan setidaknya seri versus Malaysia.

Bersamaan dengan pertandingan Myanmar versus Vietnam yang berakhir 2-2, di Stadion Gelora Joko Samudro di Gresik, Jatim, dalam pertandingan antara dua tim yang sudah pasti tersingkir, Timor Leste mengatasi Filipina 3-2.

Dengan demikian, klasemen Grup A, Indonesia dipastikan juara grup dengan nilai sementara 12, diikuti Myanmar sebagai runner up 10, Vietnam juga 10 poin di posisi ketiga dan tersingkir, diikuti Timor Leste 6, Kamboja 3, dan Filipina 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : PSSI.org
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper