Bangsa Kroasia Turun ke Jalan, Rayakan Peristiwa Bersejarah Timnas

Ratusan ribu orang Kroasia mengenakan kemeja kotak-kotak merah dan putih dan selendang tumpah ruah ke jalan-jalan ibu kota Zagreb pada Senin 916/7/2018) untuk menyambut pulang tim nasional dan merayakan perjalanan mereka ke final Piala Dunia di Rusia.
Martin Sihombing | 17 Juli 2018 16:14 WIB
Bangsa Kroasia bergembira atas capaian prestasi tim nasional mereka di Piala DUnia 2018 sebagai runner-up - Reuters

Bisnis.com, ZAGREB  - Ratusan ribu orang Kroasia mengenakan kemeja kotak-kotak merah dan putih dan selendang tumpah ruah ke jalan-jalan ibu kota Zagreb pada  Senin 916/7/2018) untuk menyambut pulang tim nasional dan merayakan perjalanan mereka ke final Piala Dunia di Rusia.

Kroasia mencapai hasil terbaiknya di turnamen itu dalam kekalahan pada pertandingan Minggu ke Prancis, melampaui tempat ketiga pada 1998.  "Mereka kalah di final, tetapi memenangkan dunia," ulis surat kabar harian Jutarnji List  dalam menyimpulkan suasana hati.

Perayaan itu disiarkan langsung dari saat pesawat tim - dikawal oleh dua jet tempur satu kali di dalam ruang udara Kroasia - dekat bandara Zagreb.

Meriam air menciptakan lengkungan berkilau yang dilewati pesawat, dan karpet merah digulirkan untuk para pemain.

Tim mengendarai bus terbuka menuju pusat kota melalui jalan-jalan yang penuh dengan orang banyak yang bersorak-sorai.

Setelah hampir enam jam perjalanan, bus mencapai alun-alun pusat Zagreb, tempat lebih dari 100.000 orang berkumpul di bawah lautan spanduk selamat datang dan bendera nasional.

"Marry me, Rebic", baca satu spanduk yang sangat besar untuk striker Ante Rebic.

Bersorak-sorai meletus saat dia dan rekan satu timnya naik ke panggung, sementara satu per satu pemain  berbicara kepada orang banyak.

"Terima kasih telah mengakui  kami memainkan hati kami di Rusia," kata bek Kroasia, Sime Vrsaljko.

"Orang-orang mengenakan seragam Kroasia dengan bangga dan Anda adalah pendukung terbaik di dunia," tambah pelatih Zlatko Dalic.

Secara keseluruhan, sekitar setengah juta orang turun ke jalan untuk menyambut tim, kantor berita negara Hina mengatakan -  bersatu  dari sepuluh populasi bangsa kecil Balkan 4 juta.

"Kami harus menggunakan kesempatan ini untuk membangun, meningkatkan infrastruktur sepakbola kami dan berusaha menjadi lebih baik," kata Robert Prosinecki, bintang lini tengah tim 1998.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top