Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepemimpinan Wasit Cakir di Laga Inggris Vs Kroasia Jadi Kontroversi

Kepemimpinan Wasit Cakir di Laga Inggris Vs Kroasia Jadi Kontroversi
Gol Ivan Perisic ke gawang Jordan Pickford/Twitter FIFA
Gol Ivan Perisic ke gawang Jordan Pickford/Twitter FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Kekalahan 1-2 Inggris dari Kroasia menyulut kontroversi soal kepemimpinan wasit Cuneyt Cakir pada laga semifinal Piala Dunia 2018 Kamis dini hari tadi. Wasit asal Turki itu dinilai banyak merugikan skuad Tiga Singa.

Salah satu yang paling fatal adalah ketika Cakir mengesahkan gol penyeimbang Kroasia yang dicetak oleh Ivan Perisic. Saat itu, Perisic menyambut umpan silang Sime Vrsaljko dengan menggunakan kakinya.

Menurut media Inggris The Sun, sejumlah pengamat menilai gol itu tak layak disahkan karena Vrsaljko mengangkat kaki terlalu tinggi saat berduel dengan Kyle Walker. Hal itu menjadi perdebatan karena Cakir pernah langsung memberikan kartu merah kepada gelandang Manchester United, Nani, pada laga Liga Champions 2013 lalu saat melanggar Alvaro Arbeloa lewat pelanggaran yang hampir serupa.

Pelanggaran seperti itu juga pernah terjadi kala penyerang Liverpool, Sadio Mane, melanggar penjaga gawang Manchester City Ederson musim lalu. Saat itu Mane langsung mendapatkan kartu merah.

Cakir juga dinilai terlalu irit kartu kuning terhadap pemain Kroasia. Padahal, dalam 26 menit awal pertandingan bek Dejan Lovren serta Ante Rebic banyak melakukan pelanggaran terhadap para pemain Inggris.

Keputusan kontroversial lainnya adalah ketika Cakir tak memberikan Inggris tendangan pojok setelah Harry Kane dinyatakan offside. Padahal saat melakukan tembakan Kane terlihat jelas berada di posisi onside dan tendangannya memantul ke penjaga gawang Danijel Subasic sebelum keluar lapangan.

Keputusan Cakir disebabkan kesalahan hakim garis Tarik Ongun yang mengangkat bendera tanda offside untuk Kane. Ongun juga dinilai membuat kesalahan karena tak memberikan Inggris tendangan pojok saat bek Domagoj Vida menendang bola yang telah keluar dari garis lapangan.

Suporter Inggris di dunia maya pun langsung meminta FIFA untuk melakukan penyelidikan terhadap Cakir. Mereka menilai dia tak layak memimpin laga sebesar semifinal Piala Dunia 2018.

"Jelas @FifaWorldCup harus menginvestigasi Cunyet Cakir setelah penampilannya itu. Dia sangat bias. Hal yang memalukan dalam olahraga," cuit seorang suporter Inggris.

Pada laga itu Inggris sebenarnya mampu unggu terlebih dahulu lewat gol tendangan bebas Kieran Trippier pada menit ke-5. Namun Ivan Perisic menyamakan kedudukan pada menit ke-68. Gol Mario Mandzukic pada babak tambahan pun memastikan langkah Kroasia ke final Piala Dunia 2018. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper