FINAL PIALA DUNIA 2018: Sejarah Head To Head Prancis vs Kroasia

Final Piala Dunia ke-21 di Rusia akhirnya mempertemukan juara dunia 1998 Prancis dan semifinal 1998 Kroasia di Stadion Luzhniki di Moskow , Rusia pada Minggu (15/7/2018).
Martin Sihombing | 12 Juli 2018 21:29 WIB
Pelatih Prancis Didier Deschamp - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Final Piala Dunia ke-21 di Rusia akhirnya mempertemukan juara dunia 1998 Prancis dan semifinal 1998 Kroasia di Stadion Luzhniki di Moskow , Rusia pada Minggu (15/7/2018).

Ini adalah final ketiga antartim  Eropa di empat Piala Dunia terakhir, dan Kroasia - debutan pada tahap ini - adalah negara ke-13 yang mencapai final Piala Dunia.

Partai ulangan semifinal Piala Dunia 1998 di Prancis?  Bisa jadi. Pertandingan pertama ---dari lima pertemuan antarmereka-- dimainkan pada 8 Juli 1998 semifinal Piala Dunia  di Stadion Saint-Denis.  Les Bleus, saat itu, menang 2-1 dan  maju ke final, yang mereka menangkan setelah menggilas  Brasil 3-0 di kandang.

Pertemuan ini, oleh Sports Illustrated, dilukisakan seperti pertemuan  tim yang penuh muatan tapi jarang  menggunakan second gear  (Prancis), dan  tim yang sudah mengeluarkan lebih banyak energi daripada siapa pun di turnamen (Kroasia).

Pertarungan itu ditetapkan Rabu, ketika Kroasia mengalahkan Inggris di perpanjangan waktu di Stadion Luzhniki di Moskow, tempat untuk pertandingan ini digelar. Prancis adalah favorit sebelum turnamen dan akan tetap  seperti itu pada Minggu, sebagian karena kedalaman dan bakatnya, dan sebagian karena mereka akan memasuki final jauh  lebih segar. Namun, orang Kroasia,  tangguh dan tak kenal lelah, tidak akan mudah dihempaskan.

Kekuatan kedua belah pihak adalah kekuatan  bakat dari lini tengah dan sayap mereka. Di mana bintang-bintang seperti N’Golo Kanté dan Kylian Mbappé Prancis, dan Luka Modri dan Ivan Rakiti dari Kroasia telah menempatkan stempel mereka di Piala Dunia ini.

Berikut ini tongkrongan kedua tim lebih dekat yang akan bertarungMinggu (15/7/2018):

Cerita Prancis

Les Bleus datang ke Rusia menghadapi harapan yang tinggi, terutama setelah gagal di final Euro 2016 (kalah dari Portugal) di kandang. Setidaknya,  penampilan seperti di Luzhniki pada  Minggu akan diterima. Dan mereka datang, meskipun tidak dalam mode terbang tinggi, yang mungkin, atas 'usulan' dari bakat dan potensi mereka.

Pasalnya, pelatih Didier Deschamps lebih  memilih pendekatan yang seimbang dan konservatif,  karena Prancis secara bertahap mengambil kendali atas permainan dan menemukan cara hanya untuk mencetak  gol yang dibutuhkan. Beberapa berasal dari sumber yang lebih tidak mungkin - bek tengah mencetak gol kemenangan di perempat final dan semifinal.

Sementara Mbappé, yang berusia 19 tahun,  hanya menyediakan momen-momen sorotan yang mengesankan, sebagian besar Prancis lebih bersifat klinis daripada kreatif.  

Tapi itu sudah cukup untuk memesan perjalanan ke Moskow  tanpa banyak masalah, selamat melewati jalan yang sulit di babak knockout  yang menampilkan Argentina, Uruguay, dan Belgia.

Prediksi Susunan Pemain Prancis

Prancis: GK Hugo Lloris, Ds Lucas Hernández, Samuel Umtiti, Raphaël Varane, Benjamin Pavard; MFs N’Golo Kanté, Paul Pogba, Blaise Matuidi; Fs Antoine Griezmann, Kylian Mbappé, Olivier Giroud

Top Skor Prancis di Piala Dunia
Antoine Griezmann (Atletico Madrid) - 3 gol
Kylian Mbappé (Paris Saint Germain)  - 3 gol

-Prancis telah mencapai final Piala Dunia setelah mengalahkan Belgia

Kisah Kroasia

Saat Prancis terlihat  seperti tidak  terlalu banyak masalah, Kroasia (tampaknya) berada dalam masalah terus-menerus. Vatreni  hampir kalah di Rusia, karena mantan pelatih Ante ai dipecat hanya beberapa hari sebelum kualifikasi terakhir yang dijadwalkan. Tapi mereka menang 2-0 di Ukraina untuk memesan tempat playoff.  Kemudian melewati Yunani  pada November lalu.  Bakat ada di sana, dimulai dengan Modri yang serbaguna, cerebral , dan tanpa henti, yang telah menjadi bagian besar dari tiga gelar Eropa berturut-turut  Real Madrid.

Kroasia pun tampak fantastis selama fase  grup Piala Dunia ini. Tapi, di babak sistem gugur, prestasi yang diraih mereka belum pernah terjadi sebelumnya, dengan lawan yang lebih rendah (di atas kertas)  mereka harus melewati dengan extra time  di semua (tiga) pertandingan.

Kroasia kini telah bermain 90 menit penuh lebih dibanding Prancis. Namun, itu sudah diuji dengan cara yang belum dimiliki Les Bleus.  Jika Kroasia dapat menghapus satu rintangan lagi, itu akan membuat sejarah. Hanya negara-negara papan atas — negara yang mengembangkan bakat dan bersaing untuk gelar secara konsisten —  telah memenangkan Piala Dunia.  Tidak ada "generasi emas" yang pernah melakukannya. Generasi pertama Kroasia membuat semifinal pada 1998, tetapi kemudian gagal lolos  dari penyisihan grup selama 20 tahun. Ini yang kedua, dan ini adalah kesempatan mereka.

Prediksi susunan pemain Kroasia
Kroasia:  GK Danijel Subaši,  Ds Ivan Strini, Domagoj Vida, Dejan Lovren, Šime Vrsaljko; MFs Marcelo Brozovi, Ivan Periši, Ivan Rakiti, Luka Modri, Ante Rebi; F Mario Manduki.

Top Skor Kroasia di Piala Dunia
Mario Manduki - 2 gol
Luka Modri - 2 gol
Ivan Periši - 2 gol

Ivan Perisic dan Luka Modric/Reuters

-Kroasia mengalahkan Inggris untuk mencapai final Piala DuniaSepak bola

Sejarah Perancis-Kroasia
- Prancis memimpin 3-0-2 secara keseluruhan
- Prancis memimpin 1-0-0 di Piala Dunia
- Prancis memimpin 1-0-1 dalam kompetisi resmi

Pertemuan penting
Piala Dunia 1998
: Pertunjukan legendaris oleh bek Lilian Thuram, yang mencetak dua gol, membawa tuan rumah ke final Piala Dunia pertama yang ditunggu-tunggu dengan kemenangan semifinal 2-1 di Saint-Denis.  Prancis mengatasi kartu merah di babak kedua untuk bek  Laurent Blanc dan kemudian memenangkan gelar.

Euro 2004: David Trezeguet mencetak gol penyama pada menit ke-64 untuk membantu Les Bleus bermain imbang 2-2 dengan Kroasia di game kedua babak penyisihan grup. Kroasia tidak pernah pulih, kalah dari Inggris di babak pertama dan akhirnya tersingkir. Prancis memenangkan grup, tetapi kalah di perempatfinal dari Yunani.

Penampilan final Piala Dunia sebelumnya
Prancis
- 1998 (dikalahkan Brasil), 2006 (kalah dari Italia)
Kroasia - Tidak Pernah

Penghargaan Masa Lalu
Prancis

-Piala Dunia FIFA 1998; 1984 dan 2000 Kejuaraan Eropa UEFA; Piala Konfederasi FIFA 2001 dan 2003; Olimpiade 1984; Piala Dunia FIFA U-20 2013; Piala Dunia FIFA U-17 2001
Kroasia

- Tidak ada

Jalan menuju final

Prancis:

-Rekor 7-1-2 di kualifikasi UEFA.  Selesai lebih dulu di Grup C dengan skor 2-0-1. Kalahkan Argentina 4-3 di babak 16 besar. Kalahkan Uruguay 2-0 di perempatfinal. Kalahkan Belgia 1-0 di semifinal.
Kroasia:

-Rekor 6-2-2 di kualifikasi UEFA. Mengalahkan Yunani 4-1 secara agregat di babak playoff UEFA. Selesai pertama di Grup D dengan 3-0-0.  Kalahkan Denmark 1-1 (3-2 adu penalti), di babak 16 besar  kalahkan Rusia 2-2 (4-3 adu penaltii), di perempatfinal kalahkan Inggris 2-1 di perpanjangan waktu di semifinal.

Inggris, Kroasia, Belgia dan Prancis berada di semifinal Piala Dunia  Sepak bola

Faktor dan Angka Dibalik Tren Dominasi Piala Dunia Eropa

Secara Keseluruhan
Tidak banyak sejarah baru  antara keduanya di panggung internasional.  Prancis dan Kroasia baru bertemu satu dekade ini, pada 2011 dalam pertandingan bersahabat.  Tapi pemain di kedua tim akan akrab satu sama lain karena  bermain dari klub yang sama -terutama di Spanyol.  Tiga kekuatan La Liga — Barcelona, Real Madrid dan Atlético Madrid — menampilkan pemain yang menjadi kunci dari kedua negara.

Dari Barcelona, Prancis ada Umtiti dan Ousmane Dembélé, dan Rakiti Kroasia. Real Madrid memiliki Varane dari Prancis, dan Modri serta Kovai dari Kroasia. Atlético memiliki Griezmann dan Hernández Prancis, dan Vrsaljko dari Kroasia.

Penjaga gawang-pahlawan Kroasia, Subaši, bermain untuk AS Monaco bersama pemain cadangan Prancis Djibril Sidibé dan Thomas Lemar. Pahlawan semifinal Kroasia, Manduki (serta penyerang cadangan Marko Pjaca) berada di Juventus bersama Matuidi Prancis.

Sumber : SI/Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top