Prediksi Inggris Vs Kroasia: Paul Merson Ungkap Kunci Sukses Inggris

Mantan pemain Timnas Inggris Paul Merson, mengungkap rahasia sukses skuad Tiga Singa di Piala Dunia 2018. Menurut dia, kondisi moral skuad Inggris yang selalu tampak bahagia merupakan kunci moncernya performa Harry Kane cs di lapangan.
Newswire | 11 Juli 2018 19:37 WIB
Timnas Inggris - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pemain Timnas Inggris Paul Merson, mengungkap rahasia sukses skuad Tiga Singa di Piala Dunia 2018. Menurut dia, kondisi moral skuad Inggris yang selalu tampak bahagia merupakan kunci moncernya performa Harry Kane cs di lapangan.

Merson mengaku sempat terkejut ketika rekannya, Gareth Southgate ditunjuk asosiasi sepak bola Inggris (FA) menangani skuad senior Inggris. Menurut dia, pekerjaan itu biasanya identik dengan pekerjaan orang tua.

Namun, usia Southgate yang relatif sangat muda justru menjadi berkah tersendiri. Dengan usia yang tak terlampau jauh dengan para pemainnya, Southgate bisa memahami psikologis Harry kane cs. Dia bisa membuat suasana tim tak tegang dan selalu ceria serta bahagia.

"Anda bisa mengatakan bahwa dia memang akan menjadi manajer Inggris. Saya hanya tak percaya dia menjadi manajer Ingrgis secepat ini. Biasanya, itu adalah pekerjaan orang tua," ujarnya dalam kolom di laman Daily Star.

"Tetapi, saya kira usianya merupakan aset terbesar Southgate. Dia bisa memahami pemain karena berusia tak jauh dari mereka, bisa berbicara soal masalah-masalah yang sama."

"Dia tahu bagaimana membosankannya jauh dari rumah di turnamen besar dan dia memastikan kamp pelatihan menjadi tempat yang menyenangkan dengan berbagai perangkat hiburan tersedia di sana. Tak ada satu pun pemain Inggris yang terlihat bosan, bukankah begitu?" lanjutnya.

Menurut Merson, Southgate merupakan sosok yang bisa membuat orang merasa nyaman. Setidaknya, itu yang dia rasakan ketika mereka bermain bersama di Aston Villa. Dia juga dinilai sangat dihormati para pemainnya karena memiliki pengalaman sebagai pemain Timnas Inggris.

"Pemain Inggris mendengarkan dia karena dia telah melalui banyak hal. Mereka menghormati dia. Anda bisa melihatnya bagaimana sikap mereka kepada Southgate."

"Itu seperti seorang polisi datang ke sekolahan dan mengatakan kepada anak-anak soal bahaya narkoba. Mereka tak akan mendengarkannya. Tetapi jika yang mengatakan hal itu adalah seorang mantan pecandu, seseorang yang sudah melalui bagaimana menderitanya menggunakan narkoba, mereka akan mendengarkannya," kata Merson.

Kini kemampuan Gareth Southgate untuk meramu mental para pemainnya akan diuji oleh Kroasia. Inggris harus melewati hadangan Luka Modric cs untuk melaju ke babak final Piala Dunia 2018 pada Kamis dini hari nanti.

Sumber : Tempo

Tag : timnas inggris, piala dunia 2018, Timnas Kroasia
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top