Cristiano Ronaldo Terima Tawaran Juventus, Transfer Fee Rp1,67 Triliun

Cristiano Ronaldo telah menerima tawaran untuk meninggalkan Real Madrid dan bergabung dengan juara Italia Juventus.
M. Syahran W. Lubis | 04 Juli 2018 20:39 WIB
Cristiano Ronaldo ketika Portugal bermain imbang 3-3 versus Spanyol di Piala Dunia 2018. - Reuters

Bisnis.com, MADRID – Cristiano Ronaldo telah menerima tawaran untuk meninggalkan Real Madrid dan bergabung dengan juara Italia Juventus, kata seorang sumber yang dekat dengan sang pemain kepada Reuters.

Infrormasi lainnya, The Guardian menulis penyerang andalan Timnas Portugal itu bakal diangkut ke Turin, markas Juventus, dengan banderol tak kurang dari 88 juta pound sterling atau sekitar Rp1,67 triliun (kurs 1 pound = Rp18.974).

Ronaldo, yang didatangkan Real dari Manchester United pada 2008 untuk transfer yang saat itu menjadi rekor dunia yakni 80 juta pound sterling, merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa untuk klub itu dengan 415 gol di semua kompetisi dan telah memenangi dua gelar Liga Spanyol dan empat trofi Liga Champions bersama mereka.

Meski bergelimang kesuksesan, peraih penghargaan Pemain Terbaik Dunia sebanyak lima kali itu kerap bersitegang dengan Real dan pada beberapa kesempatan menyatakan bahwa dirinya ingin meninggalkan klub.

Beberapa saat setelah mengangkat trofi Liga Champions untuk ketiga kalinya secara beruntun dengan kemenangan 3-1 atas Liverpool pada final yang berlangsung 26 Mei, Ronaldo terlihat memberi sinyal bahwa dirinya memutuskan untuk meninggalkan Real, mengatakan kepada pewarta di lapangan di Stadion NSC Olympic Kiev "Begitu indah untuk bermain bagi Real Madrid."

Ronaldo, 33 tahun, terlihat mengabaikan pernyataan itu saat Real melakukan parade di ibu kota Spanyol keesokan harinya, ketika ia mengatakan kepada para penggemar, "Sampai jumpa musim depan."

Penyerang Portugal itu dilaporkan hampir hengkang pada Juni silam setelah muncul berita di harian Portugal Record, yang menyatakan dirinya tidak bahagia dengan klub.

Ia juga menimbulkan kehebohan pada 2012 ketika ia mendeklarasikan pada wawancara setelah pertandingan dengan Granada, "Saya sedih dan klub tahu penyebabnya."

Harian Spanyol Marca mengindikasikan pada Rabu bahwa Ronaldo tidak bahagia di Real karena mereka mencari suksesornya dan Presiden Florentino Perez kerap memuji penyerang Paris St. Germain (PSG) Neymar, meminta pemain Brasil itu untuk datang ke Real jika ia ingin memenangi penghargaan Ballon d'Or yang sangat prestisius.

Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Juventus saat Real menang 4-1 pada Liga Champions 2017 dan melepaskan sepakan salto ke gawang klub Italia itu ketika mereka memenangi pertandingan leg pertama perempat final di Turin, yang memicu para penggemar Juve untuk memberikan standing ovation terhadapnya.

Pria Portugal itu mengonversi penalti pada fase akhir pertandingan di leg kedua untuk menyingkirkan klub Italia itu dengan skor agregat 4-3.

Ronaldo mengawali Piala Dunia 2018 dengan eksplosif, di mana ia mengemas trigol saat timnya bermain imbang 3-3 dengan Spanyol dan ia melesakkan gol penentu kemenangan saat menang 1-0 atas Maroko. Dia gagal memasukkan penalti saat imbang 1-1 dengan Iran, dan gagal mengemas gol saat timnya kalah 1-2 dari Uruguay pada 16 besar.

Sumber : The Guardian & Antara/Reuters

Tag : juventus, real madrid, timnas portugal
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top