Libas Saudi 1-0 dengan Gaya Membosankan, Uruguay Finis di 16 Besar?

Uruguay lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018 setelah menang 1-0 atas Arab Saudi.
M. Syahran W. Lubis | 21 Juni 2018 00:19 WIB
Striker Uruguay Luis Suarez menjebol gawang Arab Saudi. - Reuters/Carlos Garcia Rawlins

Bisnis.com, JAKARTA – Gol semata wayang striker Luis Suarez mengantar Timnas Uruguay menang dengan skor tipis 1-0 atas Arab Saudi dan membuat Los Celeste menjadi tim kedua yang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia sebagai wakil Grup A.

Bertarung di Rostov, satu-satunya gol yang terjadi dalam pertandingan pada Rabu (20/6/2018) malam yang disiarkan secara langsung oleh Trans TV itu dijaringkan Suarez pada menit ke-23 dengan memanfaatkan umpan sepak pojok Carlos Sanchez.

Ini merupakan gol keenam penyerang yang sehari-hari merumput bersama juara La Liga Spanyol FC Barcelona itu untuk negaranya di ajang Piala Dunia sejak 2010, kemudian 2014, dan saat ini edisi 2018.

Secara keseluruhan, jalannya pertandingan membosankan dengan kedua tim menyajikan permainan dengan tempo yang relatif lambat. Akibatnya, tidak terjadi banyak peluang dan permainan lebih sering berkutat di lapangan tengah.

Kemenangan ini meloloskan Uruguay ke babak 16 besar dengan nilai 6 setelah pada matchday perdana juga mencatat kemenangan tipis 1-0 atas Mesir.

Uruguay menyamai perolehan nilai Rusia yang sehari sebelumnya memastikan lolos ke babak 16 besar juga mencatat kemenangan kedua dengan skor 3-1 atas Mesir dan menang 5-0 atas Arab Saudi pada laga pembuka.

Dengan nilai sama-sama 6, Rusia berhak berada di posisi teratas klasemen sementara Grup A berkat keunggulan selisih gol dibandingkan dengan Uruguay.

Keduanya telah dipastiukan lolos ke fase knock out dan pertemuan kedua tim pada matchday ketiga hanya aan menentukan tim yang menjadi juara dan runner up Grup A.

Sementara bagi Arab Saudi, kekalahan kedua ini menjadikannya tersingkir se bagaimana juga dialami Mesir yang sesama kontestan Grup A.

Tim lain yang juga tersingkir ialah Maroko yang beberapa jam sebelum laga Uruguay versus Arab Saudi menelan kekalahan kedua di Grup B dari Portugal.

Meskipun lolos sebagai wakil Grup A, mengingat permainan monoton dan membosankan dalam dua laga di Grup A melawan Mesir dan Arab Saudi, pekerjaan segenap skuat Los Celeste di babak 16 besar—kemungkinan melawan salah satu dari Portugal atau Spanyol—akan sangat besar.

Portugal dan Spanyol merupakan dua kekuatan besar Eropa. Portugal peringkat ketiga FIFA, sedangkan Spanyol peringkat 10. Keduanya merupakan tim dengan permainan menyerang dan sangat mungkin membuat Uruguay hanya finis di 16 besar.

Tentu saja catatannya ialah apabila pelatih Uruguay Oscar Washington Tabarez gagal mengubah gaya permainan anak asuhnya agar lebih agresif dan produktif menjelang laga matchday terakhir melawan tuan rumah Rusia.

Tag : piala dunia 2018, timnas uruguay, Timnas Arab Saudi
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top