Lima Fakta Soal Fred, Rekrutan Baru MU Asal Brasil

Manchester United secara resmi telah mendapatkan Fred dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk. Gelandang bertahan asal Brasil itu akan diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun.
Newswire | 06 Juni 2018 20:28 WIB
Tampilan situs resmi Manchester United setelah mendatangkan Fred - Manutd

Bisnis.com, JAKARTA - Manchester United secara resmi telah mendapatkan Fred dari klub Ukraina, Shakhtar Donetsk. Gelandang bertahan asal Brasil itu akan diikat dengan kontrak berdurasi lima tahun.

Berikut 5 fakta yang anda perlu ketahui soal pesepakbola berusia 25 tahun itu:

1. Fred Mencetak Gol Pertama Saat Menghadapi Tim Ronaldinho

Meskipun kini bermain sebagai gelandang bertahan, Fred awalnya bermain sebagai bek kiri di klub Atletico Mineiro, Brasil. Dia juga belajar bermain sebagai seorang playmaker di klub Internacional dan mengidolakan Ronaldinho.

Uniknya, dia mencetak gol pertama di kompetisi resmi saat menghadapi Atletico Mineiro yang diperkuat Ronaldinho pada JUli 2012. Dia kini juga ditangani oleh agen pemain Roberto de Assis Moreira yang tak lain adalah adik dari Ronaldinho.

2. Masuk Timnas Brasil Dibawah Asuhan Dunga

Performa Fred yang cukup impresif di kompetisi lokal membuat Pelatih Timnas Brasil, Dunga, memanggilnya sejak pertama kali menangani Brasil pada 2012. Kebetulan, saat masih bermain Dunga juga menempati posisi sebagai gelandang bertahan.

Dibawah asuhan Dunga, performa Fred banyak berkembang. Dunga mengikutsertakan Fred dalam skuad Copa Amerika 2015. Dia bermain sejak awal dua kali bersama Neymar, Roberto Firmino dan Fernandinho saat itu.

3. Direkrut Shakhtar Untuk Mengantikan Fernandinho

Fred pertama kali hengkang ke Eropa pada bursa transfer musim panas 2013. Saat itu, Pelatih Shakhtar Donetsk Mircea Lucescu ingin menggantikan Fernandinho yang mereka jual ke Manchester City.

Pada Januari lalu, Fred bisa saja mengikuti jejak Fernandinho, tetapi Shakhtar menolak bernegosiasi dengan Manchester City karena membutuhkan tenaga si pemain untuk Liga Champions. Pada babak 16 besar, Fred membuat kejutan dengan mencetak gol dari tendangan bebas ke gawang AS Roma. Shakhtar menang 2-1 pada laga pertama namun harus tersingkir karena kalah 1-0 pada laga kedua di kandang Roma.

4. Berhutang Budi Pada Paulo Fonseca

Kedatangannya ke Eropa tak berjalan mulus setelah Mircea Lucescu tak terlalu banyak memainkannya pada dua musim awal di Shakhtar Donetsk. Peruntungan bagi Fred berubah ketika Paulo Fonseca mengambil alih jabatan Pelatih Shakhtar Donetsk.

Pria asal Portugal itu memberikan kepercayaan kepada Fred untuk melakukan apa yang tak diberikan oleh Lucescu. "Fonseca memperbolehkan saya bermain ofensif dan difensif dan tugas utama saya adalah mengubat arah serangan. Di bawah Lucescu, pemain depan dan bek sayap yang bertugas untuk itu, tetapi sekarang saya adalah konduktornya. Semuanya telah berubah. Pelatih mempercayai saya danb melihat kualitas yang tak terlihat oleh Lucescu," ujarnya.

5. Kejutan Masuk Timnas Brasil di Piala Dunia 2018

Masuknya nama Fred ke dalam Timnas Brasil untuk Piala Dunia 2018 merupakan sebuah kejutan. Pasalnya, dia tak sekali pun mendapatkan kesempatan pada saat kualifikasi.

Pelatih Brasil, Tite, justru menyingkirkan sejumlah pemain seperti Felipe Anderson (Lazio). Talisca (Besiktas) dan Guiliano (Fenerbache) demi memasukkan nama Fred.

Sumber : Tempo

Tag : manchester united
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top