Southgate: Kesuksesan Inggris Diukur dari Pemain Muda

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan kesuksesan Three Lions pada Piala Dunia Rusia 2018 diukur dari perkembangan yang dialami para pemain muda yang ada dalam skuatnya.
Rahmad Fauzan | 16 Mei 2018 21:01 WIB
Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate - Reuters/Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengatakan kesuksesan Three Lions pada Piala Dunia Rusia 2018 diukur dari perkembangan yang dialami para pemain muda yang ada dalam skuatnya.

Southgate sangat bersemangat untuk memperbaiki rekor Timnas Inggris meskipun pelatih 47 tahun tersebut mengatakan dia juga sangat fokus pada perkembangan pemain muda.

"Saya bisa duduk di sini, mengatakan hal ini dan hal itu, tetapi itu tidak berarti apa pun, karena sebagai tim kami harus terus mengalami peningkatan," ucapnya pada Rabu (16/5/2018).

"Kami berupaya untuk merubah gaya permainan. Kkami mendapati para pemain muda (Timnas Inggris) berkembang jika dilihat dari semakin membaiknya kemampuan teknik penguasaan bola mereka. Kami mengenal pemain-pemain ini dan percaya bahwa untuk jangka panjang beberapa dari mereka akan menjadi pemain kelas dunia,” paparnya.

Mungkin ada beberapa pemain yang sedikit lebih tua, lanjut Southgate, tetapi kami tidak berpikir akan menjuarai Piala Dunia bersama mereka pada masa yang akan datang dan sepertinya kami akan lebih cenderung menanam bibit pemain muda serta memberikan kepercayaan kepada pemain muda.

"Untuk waktu yang sangat lama, kami begitu khawatir mengenai apa yang mungkin menjadi kesalahan, tetapi kami harus melihat sejauh apa kami bisa melangkah dan sejauh apa kami bisa berprogres," ujarnya.

Penekanan Southgate adalah membangun tim masa depan yang dapat memimpin para pemain veteran Liga Primer Inggris termasuk Joe Hart dan Gary Cahill, yang dikecualikan dari skuatnya untuk sementara waktu.

"Semua pemain ingin tampil di Piala Dunia, semuanya ingin tampil di setiap pertandingan," Southgate menambahkan.

"Kami mendapati beberapa pemain cedera, yang berarti para pemain tersebut tidak dapat diikutsertakan, dan keputusan-keputusan dari kami akan semakin jelas seiring dengan berakhirnya musim ini. Sangat menarik untuk menyaksikan turnamen ini (Piala Dunia Rusia 2018)," ucapnya.

Pada pertandingan pertamanya di Piala Dunia Rusia 2018, Inggris akan menghadai Tunisia pada 18 Juni.

Sumber : Reuters

Tag : timnas inggris, piala dunia 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top