Jadwal Liga Prancis: Lyon Rentan Disodok Monaco & Marseille

Ligue 1 Prancis segera menggelar rangkaian pertandingan pekan ke-37. Dengan Paris Saint-Germain (PSG) telah menjadi juara, perhatian tertuju pada ramainya perebutan posisi kedua, batas akhir jatah tiket langsung fase grup Liga Champions musim depan.
M. Syahran W. Lubis | 11 Mei 2018 22:39 WIB
Pelatih AS Monaco Leonardo Jardim, anak asuhnya berpeluang menyodok Lyon. - Reuters/Eric Gaillard

Bisnis.com, JAKARTA – Ligue 1 Prancis segera menggelar rangkaian pertandingan pekan ke-37. Dengan Paris Saint-Germain (PSG) telah menjadi juara, perhatian tertuju pada ramainya perebutan posisi kedua, batas akhir jatah tiket langsung fase grup Liga Champions musim depan.

Saat ini peringkat kedua diisi Lyon dengan nilai 75, diikuti Monaco 74 dan Marseille 73. Dengan setiap tim masih menyisakan dua pertandingan, maka posisi Lyon masih bisa tergusur bukan hanya finis di posisi ketiga, bahkan berpotensi melorot ke peringkat keempat.

Tim yang finis di peringat ketiga masih bisa masuk ke fase grup Liga Champions, tetapi harus lebih dahulu melalui jalur kualifikasi melawan wakil dari negara lain. Sementara, tim yang finis di peringkat keempat hanya berhak ke Liga Europa.

Pada pekan kali ini, Lyon menghadapi lawan sulit. Bukan karena Strasbourg tim papan atas, sebaliknya tuan rumah tim papan bawah yang terancam degradasi. Dengan demikian, dapat dipastikan segenap skuat Strasbourg akan berupaya dengan segala daya upaya memetik poin dari Lyon.

Sementara itu, Monaco dan Marseille layak diprediksi akan menjalani laga yang relatif lebih ringan walaupun sang lawan justru memiliki peringkat lumayan. Monaco akan menjamu Saint-Etienne, sedangkan Marseille bertandang ke markas En Avant Guingamp.

Saint-Etienne dan Guingamp telah dipastikan terbebas dari jeratan degradasi dan sebaliknya tak pula bisa finis di level slot Eropa. Jadi, secara psikologis, keduanya tak akan bertarung habis-habisan demi merebut poin dan bisa disebut tinggal menjalani jadwal yang telanjur dibuat.

Dengan demikian, posisi Lyon adalah yang paling berat dengan potensi disodok dua tim di bawahnya sehingga terlempar bahkan dari slot kualifikasi Liga Champions.

Sementara itu, di papan bawah, Troyes terus berjuang untuk keluar dari zona merah degradasi. Posisi klasemen enam tim terbawah ialah Caen di peringkat 15 dengan nilai 37, diikuti Lille dan Strasbourg masing-masing 35, Toulouse 34, Troyes 32, dan Metz di dasar klasemen dan sudah dipastikan degradasi dengan nilai 26.

Dua tim terbawah degradasi. Peringkat 18 yang sekarang diisi Toulouse adalah jalur playoff promosi degradasi melawan peringkat ketiga Ligue 2. Caen, Lille, dan Strasbourg di lapis tiga terbawah zona aman yang faktanya belum aman dan masih bisa terseret ke degradasi.

Khusus Caen, mereka tak mungkin lagi finis di dua terbawah alias langsung degradasi, tetapi masih bisa terseret ke jalur khusus playoff promosi degradasi.

Berikut jadwal lengkap pertandingan pekan ke-37 Ligue 1 (dalam WIB):

Sabtu, 12 Mei:

01:45   En Avant Guingamp vs Marseille

Minggu, 13 Mei:

02:00   Amiens vs Metz

02:00   Angers vs Nantes

02:00   Bordeaux vs Toulouse

02:00   Lille vs Dijon

02:00   AS Monaco vs Saint-Etienne

02:00   Montpellier vs Troyes

02:00   Nice vs Caen

02:00   Paris Saint-Germain vs Stade Rennais

02:00   Strasbourg vs Lyon.

Sumber : Reuters

Tag : liga prancis
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top