Bierhoff Nilai Jerman Harus Terus Lakukan Regenerasi Pemain

Bierhoff Nilai Jerman Harus Terus Lakukan Regenerasi Pemain
Newswire | 21 Maret 2018 21:05 WIB
Oliver Bierhoff (kiri)

Bisnis.com, JAKARTA - Sepak bola Jerman akan perlu melakukan reformasi besar-besaran agar tetap kompetitif secara global, kata manajer tim juara dunia itu Oliver Bierhoff pada Rabu menjelang pertandingan persahabatan mereka melawan Spanyol pekan ini.

Bersama dengan Piala Dunia yang mereka menangi pada 2014, Jerman juga sukses pada Piala Konfederasi tahun lalu dan Piala Eropa U-21. Bagaimanapun, Bierhoff mengatakan sejumlah perubahan perlu dilakukan untuk tetap bertahan di puncak, lapor Reuters.

"Saya yakin pekerjaan yang bagus telah dilakukan di sepak bola Jerman, kami merupakan pemenang Piala Konfederasi, juara (Piala) Eropa U-21, namun kami tidak dapat hanya melihat kepada generasi ini," kata mantan penyerang Bierhoff kepada para pewarta.

"Kami harus melihat kepada perkembangan. Anda tidak harus menjadi ahli untuk melihat bahwa kami perlu mengambil langkah besar selanjutnya. Kami perlu untuk mengambil langkah besar bersama-sama."

"Kami harus mampu bereaksi lebih cepat terhadap sejumlah hal. Kami harus memberi informasi, panduan, dan petunjuk kepada para pelatih untuk bereaksi terhadap beberapa hal khusus."

Komentar-komentar Bierhoff terlontar setelah pelatih timnas Jerman Joachim Loew mengatakan klub-klub Liga Jerman mengajari para pemain untuk membuang bola dengan cepat dan bukan apa yang harus mereka lakukan saat menguasai bola. Ia memperingatkan bahwa hal itu dapat mempengaruhi prospek-prospek masa depan negara itu saat negara-negara lain berupaya mengejar.

Jerman, juara Piala Dunia sebanyak empat kali, merombak sistem latihan pemain muda setelah hasil-hasil mengecewakan pada Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

Sekitar 80 juta euro per tahun dikucurkan kepada pusat-pusat pelatihan pemain muda milik klub-klub Liga Jerman, ketika generasi pemain-pemain baru yang bagus sedang dibentuk.

Hasilnya Jerman mencapai final atau semifinal pada enam turnamen terakhir secara berturut-turut.

"Ada banyak pekerjaan terkait membuang bola, banyak sistem, semua orang mengetahui di dalam hatinya namun mungkin kami sedikit mengabaikan aspek individual," kata Bierhoff.

"Penting untuk berinvestasi pada sepak bola dan bukan hanya pada transfer-transfer."

Jerman, yang akan bermain melawan Brazil empat hari setelah pertandingan Jumat dengan Spanyol, menghuni Grup F pada Piala Dunia di Rusia, bersama dengan Meksiko, Korea Selatan, dan Swedia.

Sumber : Antara

Tag : timnas jerman
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top