Stadion Teladan Layak Jadi Homebase PSMS Medan di Liga 1

Hasil verifikasi yang dilakukan Tim Verifikator PT Liga Indonesia Baru menyatakan Stadion Teladan Medan layak menjadi homebase PSMS Medan untuk menggelar pertandingan kandang Liga 1 musim 2018.
Newswire | 28 Februari 2018 10:14 WIB
PSMS Medan saat tampil di Piala Presiden 2018. - Liga-Indonesia.id

Bisnis.com, MEDAN - Hasil verifikasi yang dilakukan Tim Verifikator PT Liga Indonesia Baru menyatakan Stadion Teladan Medan layak menjadi homebase PSMS Medan untuk menggelar pertandingan kandang Liga 1 musim 2018.

"Kelayakan itu disampaikan Tim Verifikator PT Indonesia Baru (LIB) usai melaksanakan verfikasi yang kedua kalinya dilakukan selama empat jam di stadion kebanggaan warga Kota Medan," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.

Dia mengatakan meski dinyatakan layak oleh Tim Verifikator PT LIB, namun diikuti catatan yang harus segera dipenuhi.Dari 15 item yang menjadi penilaian, 14 item mendapat penilaian baik.

"Ke-14 item yang penilaiannya dinyatakan Tim Verfikator PT LIB sudah baik, yakni ruang wasit, ruang pers, ruang home team, ruang away team, ruang VIP, toilet, ruang P3K, ruang tes urine, ruang match commissioner, akses pemain, scoring board, lapangan, genset, dan akses ambulans," ujar Eldin.

Dia mengutarakan mengatakan tinggal satu item lagi yang harus segera dipenuhi yakni penerangan. Berdasarkan regulasi Asian Football Confederaration (AFC), penerangan stadion harus mencapai 800 lux.

Dari hasil verfikasi yang dilakukan, penerangan stadion yang dioperasikan penggunaannya sejak 1953 dan memiliki daya tampung sekitar 20.000 penonton itu, masih 500 lux.

"Terkait dengan penerangan yang masih kurang, insya Allah akan kita tuntaskan secepatnya,” kata Dzulmi.

Dia mengemukakan Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Muhammad Husni telah diinstruksikan segera memenuhi kekurangan tersebut agar penerangan Stadion Teladan sesuai dengan standar AFC yakni 800 lux.

"Saya rasa tidak ada masalah lagi, kita tinggal menunggu hasil penilaian secara tertulis dari PT LIB," ucapnya.

Menurut Wali Kota, keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yakni Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) serta Dinas Pekerjaan Umum untuk memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan PT LIB.

Dia meminta kepada DKP dan DPKPPR terus bersinergi melakukan pembenahan sehingga Stadion Teladan menjadi tempat yang benar-benar nyaman bagi penonton selama pertandingan berlangsung. Dengan demikian, setiap laga kandang yang dilakoni Ayam Kinantan, stadion pun selalu dipenuhi pendukung fanatiknya.

Kemudian guna mendukung kelancaran pertandingan berlangsung, Camat Medan Kota Edi Mulia Matondang untuk ‘membersihkan’ seputaran Stadion Teladan dari pedagang kaki lima (PK5).

Dia tidak mau kehadiran PK5 menyebabkan kelancaran arus lalu lintas terganggu sehingga tim tamu yang datang terhambat, begitu pula ketika meninggalkan stadion selepas bertanding.

"Saya minta kepada Camat Medan Kota agar sebelum kick off Liga 1 2018 dimulai, tidak ada lagi PK5 yang menggelar lapak di seputaran Stadion Teladan. Untuk itu segera berkoordinasi dengan OPD terkait. Ingat, masalah PK5 ini saya pantau langsung! Kita harus menjadi tuan rumah yang baik,” kata Dzulmi.

Sumber : Antara

Tag : Liga 1, psms
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top