Hasil Liga Europa: Arsenal, Milan, Dortmund ke 16 Besar, Napoli Kandas

Arsenal, Atletico Madrid, Lazio, AC Milan, dan Borussia Dortmund termasuk di antara tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa, sedangkan Napoli tersingkir.
M. Syahran W. Lubis | 23 Februari 2018 07:04 WIB
Pemain Ostersunds Hosam Aiesh (kiri) selepas menjebol gawang Arsenal yang dikawal David Ospina (kedua kiri). - The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA – Arsenal, Atletico Madrid, Lazio, AC Milan, dan Borussia Dortmund termasuk di antara tim-tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Europa, sedangkan Napoli tersingkir meski menang 2-0 atas tuan rumah RB Leipzig.

Tim-tim tersebut telah menuntaskan rangkaian pertandingan 32 besar Liga Europa—kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions—yang berakhir pada Jumat pagi WIB (23/2/2018) dan berhasil mencatat kemenangan agregat atas lawan-lawan mereka.

Di Stadion Emirates di London, Inggris, tuan rumah Arsenal kalah dengan skor tipis 1-2 dari lawannya asal Swedia, Ostersunds. Namun, The Gunners tetap lolos karena di leg pertama di kandang lawan pekan lalu justru menang dengan skor telak 3-0 sehingga menang dengan skor agregat 4-3.

Di leg kedua, tamu mencetak dua gol hanya dalam rentang waktu semenit melalui Hosam Aiesh (22’) dan Ken Sema (23’), keduanya dengan memaksimalkan assist Sama Ghoddos, sedangkan satu-satunya bgol balasan Arsenal dihasilkan Sead Kolasinac ketika babak kedua baru memasuki menit ke-2.

Sementara itu, jagoan La Liga Spanyol Atletico Madrid meremukkan wakil Denmark Kopenhagen dengan skor agregat 5-1 setelah di leg kedua di Stadion Wanda Metropolitanjo di Madid mencatat kemenangan tipis 1-0. Di leg pertama di Kopenhagen Atletico menang telak 4-1.

Satu-satunya gol penentu kemenangan Atletico Madrid dalam leg kedua dikontribusi oleh Kevin Gameiro ketika pertandingan baru berjalan 7 menit.

Dua klub Serie A Italia, Lazio dan AC Milan, juga melaju ke 16 besar. Lazio menang besar 5-1 atas tamunya dari Rumania, Steaua Bukarest, di leg kedua, setelag pada leg pertama kalah 0-1 di kandang lawan.

Bertarung di Stadion Olimpico Roma, bekal kemenangan Steaua di oleg pertama ternyata jauh dari cukup lantaran lima gol disarangkan Lazio, ditandai hattrick bomber Ciro Immobile.

Bahkan Lazio sempat memimpin 5-0. Immobile mencetak ketiga golonya pada menit ke-7, 43, dan 71. Dua gol lainnya dipasok Bartolomeu Jacinto Quissanga alias Bastos (35’) dan Felipe Anderson (51’). Tamu hanya bisa melesakkan sebiji gol balasan 8 menit menjelang laga usai lewat Harlem Gnohere.

Adapun Milan sukses ke 16 besar setelah menggebuk Ludogorets Razgrad dengan skor agregat 4-0. Setelah menang di Bulgaria pekan lalu dengan skor telak 3-0, kali ini skuat asuhan Gennaro Gattuso menang tipis 1-0 di Stadion Giuseppe Meazza di San Siro, Milan, berkat gol tunggal Fabio Borini (21’).

Di laga lainnya, wakil Bundesliga Borussia Dortmund mengatasi perlawanan klub Italia Atalanta Bergamo dengan skor agregat 4-3. Di leg kedua di Stadion Mapei Citta del Tricolore di Reggio Emilia, Atalanta hanya bisa seri kontra Dortmund setelah kalah 2-3 di Dortmund di leg pertama.

Dalam pertandingan leg kedua, sebenarnya Atalanta Bergamo hampir saja lolos ke 16 besar berkat keunggulan produktivitas mencetak gol di kandang lawan setelah unggul 1-0 lewat gol Rafael Toloi pada menit ke-11.

Namun, hanya 7 menit menjelang bubaran, Dortmund berhasil memberikan gol balasan melalui Marcel Schmelzer sehingga dua gol Atalanta di kandang Dortmund dalam pertandingan leg pertama menjadi sia-sia.

Sementara itu, pemimpin klasemen sementara Serie A Italia Napoli mencatat kemenangan di kandang RB Leipzig, Red Bull Arena di Leipzig, dengan skor 2-0 berkat gol Piotr Zielinski (32’) dan Lorenzo Insigne (86’).

Namun, dua gol itu menjadi percuma lantara di kandang sendiri, Stadion San Paolo, di leg pertama pekan lalu, Napoli justru tumbang 1-3 dari Leipzig. Dengan demikian, Leipzig melaju ke 16 besar dengan skor agregat 3-3 dan unggul produktivitas mencetak gol di kandang lawan.

Tim-tim lain yang ke 16 besar adalah Athletic Bilbao, Sporting Lisbon, CSKA Moskwa, Lokomotiv Moskwa, Zenit St. Petersburg, Red Bull Salzburg, Olympique Lyonnais, Olympique Marseille, Dynamo Kiev, dan Viktoria Plzen.

Sumber : Reuters

Tag : liga europa uefa
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top