Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amerika Gagal ke Rusia, Bruce Arena Mundur Terhormat

Pelatih Timnas Amerika Serikat Bruce Arena mengundurkan diri setelah secara mengejutkan gagal meloloskan anak asuhnya ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.
Bruce Arena/USA Today
Bruce Arena/USA Today

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Amerika Serikat Bruce Arena mengundurkan diri setelah secara mengejutkan gagal meloloskan anak asuhnya ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.

“Ini kesempatan istimewa bagi pelatih timnas mana pun, bisa melatih Timnas AS. Saya pergi dengan perasaan terhormat setelah dua kali melatih tim ini sepanjang karier saya,” ujar Arena, 66 tahun.

Dia memang melatih Timnas AS dua periode. Mantan kiper Timnas AS itu pertama melatih The Yanks pada 1998 hingga 2006 dan kemudian mulai 22 November tahun lalu menggantikan Jurgen Klinsmann ketika AS terseok-seok memulai putaran terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018.

Kegagalan AS ke putaran final Piala Dunia kali ini layak disebut mengejutkan, mengingat menjelang matchday terakhir (keenam) putaran terakhir (kelima) babak kualifikasi zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf), The Yanks masih menduduki peringkat ketiga dari enam tim kontestan.

Dari enam tim yang lolos hingga putaran terakihir kualifikasi zona Concacaf itu, tiga langsung lolos ke Rusia, sedangkan tim yang finis di peringkat keempat masuk jalur playoff untuk berhadapan dengan Australia sebagai peringkat kelima kaulifikasi zona Asia.

Dalam matchday terakhir pada Rabu pagi WIB (11/10/2017), AS hanya berhadapan dengan Trinidad-Tobago, yang sebelum laga dimulai telah dipastikan mengakhiri babak kualifikasi zona Concacaf sebagai juru kunci putaran terakhir.

Pada saat bersamaan, dua rival head to head bagi AS untuk berebut slot ketiga, yakni Panama dan Honduras, harus berhadapan dengan tim-tim kuat yang telah dipastikan lolos ke Rusia yaitu Meksiko dan Kosta Rika. Posisi nilai AS 12, sedangkan Panama dan Honbduras masing-masing 10.

Tak dinyana, AS tumbang dari Trinidad-Tobago 1-2 dan pada saat bersamaan Panama menekuk Kosta Rika 2-1 dan Honduras mengatasi Meksiko 3-2.

Akibat hasil tiga pertandingan yang semuanya di luar perhitungan itu, AS langsung terlempar ke posisi kelima, sedangkan Panama mengakhiri kualifikasi di slot ketiga dan langsung lolos ke Rusia, sedangkan Honbduras di peringkat keempat dan akan bertemu Australia di playoff.

Ini merupakan kegagalan pertama Timnas AS mencapai putaran final Piala Dunia sejak 1986. AS merupakan salah satu negara peserta Piala Dunia pertama kali pada 1930 di Uruguay di mana mereka ketika itu meraih hasil terbaik sepanjang sejarah dengan menjadi semifinalis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper