Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pembinaan Usia Muda Sepak Bola Digenjot

Kemenpora menggandeng pihak swasta untuk menggenjot pembinaan usia muda.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Maret 2017  |  00:02 WIB
Menpora Imam Nahrawi - Antara/M. Agung Rajasa
Menpora Imam Nahrawi - Antara/M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggandeng pihak swasta untuk menggenjot pembinaan usia muda yang salah satunya lewat kompetisi Liga Sepak bola Usia Muda (Semuda) U-12 yang bakal digulirkan medio April-September.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan pada tahap awal, kompetisi usia muda ini bakal digelar di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Namun, ke depan diperluas hingga seluruh Indonesia.

"Minimal nanti digelar di kota-kota besar. Kami tahu, potensi tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya saja. Namun dari seluruh Indonesia," katanya di sela-sela peluncuran kompetisi usia muda yang bertajuk Okky Splash Youth Soccer League 2017 di Jakarta pada Rabu (22/3/2017).

Menurut dia, pembinaan usia muda dan dini merupakan salah satu andalan pemerintah. Tidak hanya U-12, pemerintah juga mendukung penuh kompetisi untuk usia di atasnya seperti U-14 dan seterusnya. Apalagi perkembangan pembinaan usia muda juga terus bergeliat.

Untuk mengembangkan pembinaan usia muda ini, kata dia, memang tidak bisa dilakukan sendiri karena dibutuhkan dukungan dari pihak lain ataupun sponsor. Dengan adanya dukungan di kompetisi U-12 ini pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan sponsor.

"Kita bertiga, Kemenpora, Semuda, dan Suntory Garuda, sepakat untuk satu nafas yakni ingin membuat sepak bola usia muda khususnya di bawah 12 tahun untuk ditata basic skill, pondasi skill, di samping meletakkan spirit, karakter sepak bola yang benar.  Kemudian setelah lapisan bawah kita proses, maka kita sepakat untuk meneruskan pembinaan dan kompetisi pada jenjang umur berikutnya namun fokus pada usia muda dan usia dini," kata Isnanta.

Sementara itu, pendiri Liga Semuda, Richard Buntario, mengatakan pembinaan usia muda memang membutuhkan sinergi karena perjalanannya banyak tuntutan yang yang harus dipenuhi. Untuk itu kami ingin mengembalikan kompetisi usia muda sesuai dengan aslinya.

"Kadang kita melupakan bahwa unsur dan esensi yang paling utama dari sepakbola adalah menikmati pertandingan, jadi kami selaku penyelenggara event ingin mengembalikan esensi asli sepak bola khususnya untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun," katanya.

Okky Splash Youth Soccer League 2017 digulirkan di Tangerang, Banten, pada akhir Maret-16 April, Bogor 19 April - 14 Mei, Bekasi 22 Juli - 6 Agustus dan Jakarta 19 Agustus - 3 September.

Liga akan diikuti oleh 16 tim dan akan menggunakan sistem kompetisi penuh. Dalam setiap pekan, tim hanya bermain satu kali. Pertandingan akan berlangsung selama 6 pekan untuk masing-masing kota.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menpora

Sumber : Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top