Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Nilai Klub Sepak Bola China Ini Kalahkan AC Milan

Investasi yang dikucurkan bagi sebuah klub sepakbola asal China membuat nilai klub tersebut meroket menjadi lebih dari US$ 800 juta.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 27 Januari 2017  |  12:52 WIB
Nilai Klub Sepak Bola China Ini Kalahkan AC Milan
Beijing Sinobo Guoan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi yang dikucurkan bagi sebuah klub sepak bola asal China membuat nilai klub tersebut meroket menjadi lebih dari US$ 800 juta.

Investasi tersebut membuat nilai klub asal negeri panda ini sejajar dengan sejumlah klub terbaik asal negeri Barat termasuk AC Milan.

Developer asal Beijing, Sinobo Land Co., sepakat untuk membeli 64% saham klub bernama Beijing Guoan tersebut dari pemilik sebelumnya, Citic Ltd.

Valuasi grup ini bahkan lebih tinggi dari nilai yang didapatkan AC Milan yakni sebesar US$795 juta ketika sekelompok investor asal China menawar tim tersebut.

Kesepakatan harga yang didapatkan Beijing Guoan menggambarkan peningkatan valuasi tim sepak bola di negeri tersebut.

Dengan valuasi yang melebihi nilai AC Milan, Beijing Guoan bukanlah tim dengan nilai tertinggi di China. Adapula Evergrande Taobao, juara liga enam taun berturut-turut nilainya mencapai US$2,9 miliar, berdasarkan harga perdagangan saham OTC [over the counter ] terakhir di negeri tirai bambu tersebut.

“Ini merupakan harga setelah penggelembungan. Jelas bahwa harga ini tercipta berdasarkan keinginan pemerintah untuk memiliki klub sepakbola berharga tinggi yang bisa dibandingkan dengan klub terbesar di dunia,” kata Simon Chadwick, seorang profesor di bisnis olahraga dan konsultan persepakbolaan China seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (27/1/2017).

Pengeluaran

Kesepakatan harga investasi Guon dilakukan setelah pemerintah China mengkritik membeludaknya pengeluaran berlebih untuk sektor sepak bola.

Sejak Presiden China Xi Jinping mengumumkan rencananya untuk membuat China sebagai salah satu basis tim sepak bola yang kuat, para orang kaya di negeri tersebut telah menggelontorkan banyak uang untuk olah raga.

Misalnya, mengimpor pemain dari luar, membeli saham klub profesional Eropa, dan berusaha untuk mengomersilkan Liga Super dengan membuat penawaran-penawaran sponsor dan hak siar bernilai tinggi.

Guoan, yang mengubah nama klubnya menjadi Beijing Sinobo Guoan setelah transaksi investasi ini diketahui belum pernah memenangkan kejuaraan sejak 2009.

Profil klub tersebut di kancah internasionalpun tidak begitu mencolok. Namun, klub ini merupakan salah satu yang mendapat dukungan terbanyak di Liga Super.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china sepak bola

Sumber : Bloomberg

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top