Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil FA Cup: Liverpool & Southampton Lolos ke Putaran Keempat

Liverpool dan Southampton cukup menang 1-0 untuk melaju ke putaran keempat Piala FA dalam replay putaran ketiga.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 19 Januari 2017  |  07:57 WIB
Hasil FA Cup: Liverpool & Southampton Lolos ke Putaran Keempat
Lucas Leiva memberi salam kepada fans di Stadion Anfield setelah Liverpool menaklukkan Plymouth Argyle 1-0 di replay babak ketiga FA Cup. Lucas mencetak gol semata wayang dalam pertandingan tersebut. - Reuters/Dylan Martinez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Liverpool dan Southampton cukup menang dengan skor tipis 1-0 untuk melaju ke putaran keempat Piala FA (Football Association) dalam pertandingan ulangan (replay) putaran ketiga yang digelar pada Kamis pagi WIB (19/1/2017).

Laga ulangan digelar karena pertemuan pertama berakhir seri. Regulasi Piala FA memang menetapkan jika laga pertama imbang, maka dilakukan laga kedua di kandang tim yang semula bertindak sebagai tamu.

Kalau laga kedua selama 90 menit masih seri, maka untuk menentukan pemenang dilanjutkan ke perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Jika masih juga seri, baru dilakukan adu penalti untuk menentukan pemenang yang berhak lolos ke fase berikutnya.

Setelah dalam pertemuan sebelumnya pada Minggu malam WIB (8/1/2017) di luar dugaan Liverpool ditahan imbang tanpa gol oleh Plymouth Argyle di Stadion Anfield, dalam pertemuan kedua di markas Plymouth, Stadion Home Park, The Reds hanya bisa menang dengan skor tipis 1-0 atas tuan rumah.

Satu-satunya gol kemenangan Liverpool dalam laga yang dipimpin wasit Graham Scott dikontribusi oleh Lucas Leiva melalui sundulan kepala pada menit ke-18 dengan memaksimalkan umpan sepak pojok dari sesama pemain Timnas Brasil Philippe Coutinho.

Dalam pertandingan itu, Plymouth, tim League Two, level keempat dalam sistem sepak bola Inggris, mampu memberi perlawanan ketat.

Bahkan, beberapa peluang berhasil mereka ciptakan, salah satu yang terbaik ketika tendangan setengah voli sambil menjatuhkan diri dari Jake Jarvis hanya menghantam tiang kanan gawang Liverpool yang dikawal kiper Loris Karius sehingga skor 1-0 untuk tim tamu bertrahan hingga laga usai.

Kegagalan Liverpool menambah gol juga disebabkan permainan cemerlang penjaga gawang tuan rumah Luke McCormick yang membuat sejumlah penyelamatan hebat termasuk menahan tendangan penalti Divock Origi 3 menit sebelum pertandingan berakhir.

Wasit Scott menetapkan hukuman penalti untuk keuntungan tim tamu lantaran bek Plymouth asal Kamerun, Yann Songo’o melanggar pemain Liverpool Alberto Moreno di dalam kotak terlarang.

Sekadar catatan tamb ahan, Yann Songo’o adalah putra dari penjaga gawang legendaris Kamerun Jacques Songo'o, yang berperan sungguh penting membawa negaranya sebagai satu dari tiga negara—bersama Italia, yang kemudian menjadi juara, dan Inggris—yang tidak terkalahkan di Piala Dunia 1982.

Namun, ketika itu Kamerun harus tersingkir di fase grup hanya karena kalah dalam produktivitas mencetak gol dari Italia yang diperkuat Paolo Rossi. Selisih gol Italia 2-2, sedangkan Kamerun 1-1.

Dalam replay babak ketiga Piala FA lainnya, Southampton juga menang 1-0 atas Norwich City untuk melaju ke putaran keempat. Setelah pertemuan pertama di kandang Norwich, Stadion Carrow Road, pada Sabtu malam (7/1/2017) skor 2-2, Southampton menang replay berkat gol Shane Long pada injury time babak kedua.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion St. Mary di Kota Southampton, Hampshire, gol tuan rumah bermula dari umpan lambung menyilang yang dilepas Samuel McQueen dari sisi kanan pertahanan Norwich City.

Long menyambut umpan tersebut dengan sundulan kepala di tengah kepungan tiga pemain Norwich, memang masih dapat ditepis oleh kiper Michael McGovern, namun bola rebound berhasil disontek lagi dengan kaki kiri oleh Long sehingga menerobos masuk gawang dan memenangkan tuan rumah 1-0.

Berikut hasil lengkap replay babak ketiga Piala FA: Burnley 2 vs Sunderland 0; Barnsley 1 vs Blackpool 2; Fleetwood Town 0 vs Bristol City 1; AFC Wimbledon 1 vs Sutton United 3; Crystal Palace 2 vs Bolton Wanderers 1; Lincoln City 1 vs Ipswich Town 0; Newcastle United 3 vs Birmingham City 1; Plymouth Argyle 0 vs Liverpool 1; Southampton 1 vs Norwich City 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

piala fa fa cup

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top