Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Steven Gerrard Resmi Gantung Sepatu

Mantan kapten Liverpool dan Inggris Steven Gerrard mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain secara resmi pada Kamis (24/11/2016).
Steven Gerrard/Reuters-Darren Staples
Steven Gerrard/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan kapten Liverpool dan Inggris Steven Gerrard mengumumkan pengunduran dirinya sebagai pemain secara resmi pada Kamis (24/11/2016), sepekan setelah mengonfirmasi dia tidak akan kembali untuk bermain bagi klub Liga AS LA Galaxy.

"Menyusul spekulasi media seputar masa depan saya, saya dapat mengumumkan pengunduran diri saya dari memainkan sepak bola profesional," demikian pernyataan Gerrard, 36 tahun.

"Saya memiliki karier luar biasa dan saya bersyukur untuk masing-masing dan setiap momen dalam waktu saya bersama Liverpool, Inggris, dan LA Galaxy," ujarnya,

Sebelum bergabung ke klub Major League Soccer (MLS) AS LA Galaxy, Gerrard menghabiskan seluruh kariernya di Liverpool setelah melakukan debutnya sebagai pemain pengganti saat melawan Blackburn Rovers pada 1998.

Dia berada di peringkat ketiga dalam daftar pemain dengan penampilan terbanyak sepanjang masa klub dengan catatan 710 penampilan, hanya berada di bawah Jamie Carragher dan Ian Callaghan. Dia mencetak 120 gol dari 504 pertandingan di pentas Liga Primer Inggris.

Merupakan salah satu gelandang terbaik di dunia sepak bola pada masa jayanya, dia mencatatkan 114 penampilan untuk Inggris, 40 pertandingan sebagai kapten, dan bermain di enam turnamen utama.

Gerrard meninggalkan Liverpool pada 2015 dan menghabiskan 18 bulan bersama Galaxy, mencetak lima gol dari 34 penampilan.

Meski dia tidak pernah memenangi medali gelar Liga Inggris bersama Liverpool, Gerrard selamanya akan diasosiasikan dengan final Liga Champions 2005 ketika Liverpool bangkit dari tertinggal 0-3 saat turun minum untuk menang adu penalti di Istanbul, Turki.

Gerrard mencetak gol perdana Liverpool dan membimbing tim itu mengukir salah satu malam terbaik dalam sejarah klub.

Liverpool terlihat berada di jalur untuk meraih gelar perdananya dalam 24 tahun pada 2014, setelah mengukir 11 kemenangan beruntun, namun kesalahan Gerrard membuat Demba Ba dapat mencetak gol untuk Chelsea pada April, untuk membantu membawa klub London itu menang 2-0.

Setelah itu penampilan klub merosot dan Manchester Citylah yang menutup musim sebagai juara. "Tidak ada hari yang berlalu di mana saya tidak memikirkan bagaimana jika hal itu tidak terjadi," kata Gerrard pada suatu waktu.

Selain Liga Champions, Gerrard memenangi dua Piala FA bersama Liverpool, tiga Piala Liga, dan Piala UEFA.

Secara individual, dia masuk di peringkat ketiga dalam daftar Pemain Terbaik Dunia FIFA pada 2005 dan menjadi Pemain Terbaik versi Asosiasi Peesepak Bola Profesional (PFA) pada 2006.

"Saya merasa beruntung untuk dapat mengalami begitu banyak hal indah dan saya bangga telah memainkan lebih dari 700 pertandingan untuk Liverpool, serta sebagai kapten, dan membantu mendatangkan kembali gelar-gelar utama ke klub, tidak ada yang lebih besar daripada malam menakjubkan di Istanbul," kata Gerrard dalam pernyataan yang panjang.

Dia sempat dikaitkan dengan kembali ke Anfield untuk kapasitas sebagai anggota tim kepelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper