Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guardiola Mulai Rasakan Susahnya Tangani Manchester City

Manajer Manchester City Pep Guardiola sedang mengalami masa terburuk dalam kariernya setelah timnya ditekuk Manchester United 1-0 dalam laga Kamis dinihari tadi.
Pep Guardiola/Reuters-Darren Staples
Pep Guardiola/Reuters-Darren Staples

Bisnis.com, JAKARTA - Manajer Manchester City Pep Guardiola sedang mengalami masa terburuk dalam kariernya setelah timnya ditekuk Manchester United 1-0 dalam laga Kamis dinihari tadi. Kekalahan itu membuat Guardiola tak meraih kemenangan dalam enam laga terakhir dan merupakan rekor terburuk dalam kariernya. 

Laman Daily Mail menyebutkan masa terburuk Guardiola sebelumnya adalah ketika dia pertama kali menangani Barcelona pada 2008. Menjelang berakhirnya musim, Barcelona tak pernah menang dalam lima laga terakhirnya. 

Skuad Catalan saat itu hanya meraih hasil 3 kali imbang dan 2 kali kalah di semua kompetisi. Namun rekor terburuk itu seakan sirna karena pada akhir musim dia membawa Lionel Messi cs menjadi juara Liga Spanyol, Copa del Rey, dan Liga Champions. 

Semasa di Bayern Muenchen, Guardiola tak pernah melampaui pencapaian terburuknya itu. Rentetan hasil terburuk pelatih asal Spanyol tersebut hanya empat kali kalah pada musim 2015. Dua kekalahan di Liga Jerman, tersingkir di Piala Jerman dari Borussia Dortmund, serta kalah oleh Barcelona 3-0 di semifinal Liga Champions menjadi catatan terburuk Guardiola selama menukangi Muenchen. 

Di Manchester City, Guardiola sempat mencatatkan rekor sempurna dalam enam laga perdananya. Mereka tak terkalahkan dan mencetak 18 gol atau rata-rata 3 gol per pertandingan. Namun rentetan kemenangan itu terhenti sejak Sergio Aguero cs harus bermain imbang melawan Glasgow Celtic 3-3. Setelah laga itu, City seakan tertidur dan hanya mendapat hasil 2 kali imbang dan 3 kekalahan.

Kondisi ini diyakini akan membuat posisi Guardiola di City terancam. Apalagi kini persaingan di papan atas klasemen Liga Inggris semakin ketat. Lima klub teratas hanya berjarak 1 angka. City, Arsenal, dan Liverpool sama-sama mengumpulkan 20 poin di posisi tiga teratas. Sedangkan Tottenham Hotspur dan Chelsea menguntit di posisi keempat dan kelima dengan perolehan 19 angka.

Karena itu, Guardiola harus memenangi laga melawan West Bromwich Albion pada akhir pekan nanti. Selain memutus rekor buruknya semakin panjang, kemenangan akan memberi sedikit ketenangan bagi petinggi dan suporter City sehingga tekanan tak akan terlalu besar terhadap pria yang sudah mengantongi dua gelar Liga Champions itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper