Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL ITALIA VS BELGIA: Pertahanan Grendel Italia Bungkam Belgia

HASIL ITALIA VS BELGIA: Pertahanan Grendel Italia Bungkam Belgia
Pemain-pemain Italia merayakan kemenangan atas Belgia/Reuters
Pemain-pemain Italia merayakan kemenangan atas Belgia/Reuters

Bisnis.com,JAKARTA - Tim nasional Italia berhasil membungkam Belgia dengan skor 2-0 dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Selasa pagi WIB.

Italia berhasil mengalahkan tim yang disebut-sebut sebagai bagian dari generasi emas sepak bola Belgia itu berkat gol-gol yang dicetak Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Tim Belgia besutan Marc Wilmots memang tampil dominan menguasai jalannya pertandingan dengan 56 persen pengendalian bola.

Namun, mereka begitu tumpul di lini depan dengan hanya tiga kali menemui sasaran dalam 18 kali percobaan tembakan.

Sebaliknya, tingkat akurasi Italia jauh lebih baik sebesar 50 persen dengan enam kali menemui sasaran dari 12 kali tembakan.

Kemenangan itu untuk menempatkan tim besutan Antonio Conte ke puncak klasemen Grup E dengan mengantongi tiga poin penuh, sementara di laga lain Irlandia dan Swedia berbagai satu poin.

Italia membuka keunggulan lewat gol dingin Giaccherini pada menit 32, yang terlepas dari kawalan Laurent Ciman saat menyambut tendangan bebas jarak jauh Leonardo Bonucci.

HASIL ITALIA VS BELGIA: Pertahanan Grendel Italia Bungkam Belgia

Gol Giaccherini ke gawang Belgia

Umpan terukur Bonucci dikendalikan dengan tenang oleh Giaccherini yang berhasil mengelabui Toby Alderweireld dan penjaga gawang Thibaut Courtois yang berusaha menghalau upaya gelandang Bologna tersebut.

Italia memiliki dua peluang emas untuk memperbesar keunggulan lewat Pelle pada menit 36 dan 56, serta penyerang pengganti Ciro Immobile pada menit 86, namun ketiganya berhasil diantisipasi sempurna oleh Courtois.

Pelle akhirnya mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan tendangan voli menyambut umpan silang Antonio Candreva pada pengujung laga, memastikan kemenangan tim tradisionalis Italia 2-0 atas generasi emas Belgia.

HASIL ITALIA VS BELGIA: Pertahanan Grendel Italia Bungkam Belgia

Gol Pelle ke gawang Courtois

Berikut susunan pemain Italia Vs Belgia.

Belgia (4-2-3-1): Thibaut Courtois (PG); Laurent Ciman (Yannick Carrasco), Toby Alderweireld, Thomas Vermaelan, Jan Verthongen; Radja Nainggolan (Dries Mertens), Axel Witsel; Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Eden Hazard; Romelu Lukaku (Divock Origi)

Pelatih: Marc Wilmots

Italia (5-3-2): Gianluigi Buffon (PG); Antonio Candreva, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Matteo Darmian (Mattia De Sciglio); Marco Parolo, Daniele De Rossi (Thiago Motta), Emanuele Giaccherini; Graziano Pele, Eder (Ciro Immobile)

Pelatih: Antonio Conte.

PREDIKSI ITALIA VS BELGIA: Ini Formasi Dan Susunan Pemain Italia Dan Belgia

Pelatih Italia, Antonio Conte menurunkan duet Eder dan Graziano Pelle di lini depan saat menghadapi Belgia di Stadion Stade des Lumieres, Selasa (14/6/2016) dinihari nanti. Sementara itu Belgia akan memainkan Marouane Fellaini di lini tengah.

Formasi dan susunan pemain ini berbeda dari prediksi sejumlah media ternama Italia.

La Gazzetta dello Sport, Il Sussidiario, Eurosport Italia dan Il Sole 24 Ore semua memprediksi formasi yang sama untuk Gli Azzurri beberapa waktu sebelumnya. Namun kenyataannya, Conte mengubah lini sayap kanan dan kiri.

Trio BBC milik Juventus akan menjadi tembok di lini belakang. Thiago Motta akan duduk di bangku cadangan menjadi pelapis Daniele De Rossi.

Matteo Darmian jadi pilihan utama di sayap kiri sekaligus menyokong pergerakan dari Emmanulle Giaccherini. Sedangkan posisi Alessandro Florenzi akan ditempati Marco Parolo.  

Pelatih Belgia Marc Wilmots diprediksi akan menurunkan semua pemain bintangnya dengan Fellaini akan bermain lebih defensif di lini tengah.

Susunan Pemain Italia Vs Belgia:

Belgia: Courtois; Ciman, Alderweireld, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan; De Bruyne, Fellaini, Hazard; Lukaku

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Giaccherini, Darmian; Pellè, Eder

Prediksi Skor Italia Vs Belgia, Susunan Pemain, Hasil Head to Head, Data Fakta

Belgia meraih api langit kemuliaan milik Dewi Fortuna. Skuad berjuluk Setan Merah itu menerima predikat sebagai "generasi emas" karena bertabur pemain-pemain muda berbakat. Kini, tantangan datang dari Italia.

Kedua skuad sama-sama akrab dengan kampiun di Liga Champions, hanya saja Italia telah lebih dulu mencuri api kejayaan milik dewa langit dengan keluar sebagai juara dunia.

Baik Belgia maupun Italia berhadapan dalam laga Grup E Piala Eropa 2016 yang digelar di Parc Olympique Lyonnais, Décines-Charpieu, pada Selasa dini hari, pukul 02.00 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

Sejarah head-to-head mencatat bahwa Belgia mampu menundukkan Italia pada kejuaraan Eropa 1972 dengan agregat 2-1 di babak kuarter-final. Waktu itu pertandingan dilakukan dalam laga tandang dan kandang.

Baik Belgia maupun Italia bermain imbang tanpa gol di Piala Eropa 1980. Hasil ini membawa Belgia melaju ke final dan mengaramkan Italia sebagai tim tuan rumah.

Italia menang 2-0 di babak penyisihan grup Piala Eropa 2000, Belgia bertindak sebagai tuan rumah. Pelatih Belgia yang sekarang Marc Wilmots dan pelatih Italia Antonio Conte sama-sama turun bertanding dalam laga itu.

Kedua negara kali terakhir bersua pada November 2015 dengan Belgia menang 3-1. Gol dilesakkan oleh Jan Vertonghen, Kevin de Bruyne dan Michy Batshuayi. Gol bagi Italia dicetak oleh Antonio Candreva.

Pertemuan kedua tim menghasilkan 18 gol, dengan rata-rata 3,16 setiap pertandingan.

 Komentar pelatih:

* Marc Wilmots (Belgia):


"Kemenangan memberi kami kepercayaan diri. Italia dikenal sebagai tim prestisius dan lawan yang sulit dikalahkan di awal laga di sebuah turnamen. Kami memerlukan penampilan yang oprimal untuk mengimbangi mereka sejak awal laga."

"Saya beranggapan mereka demikian berbahaya meski merapatkan barisan pertahanan. Mereka dikenal sebagai salah satu liga terbaik di dunia, dengan sederet pemain papan atas dan punya pelatih hebat yang memungkinkan mereka berkembang secara pesat dalam setiap laga."

"Kami berharap dapat menampilkan permainan yang fantastis. Ketika anda membela timnas maka hasil merupakan hal yang terpenting. Itu yang diharapkan oleh seluruh fans negara Anda. Kami punya lima belas sampai delapan belas fans di sini."

"Saya lebih suka berada dalam tekanan dan memberi perlawanan sengit. Kami perlu menghadapi mereka dengan didukung seluruh penonton. Ini yang tidak mudah juga diwujudkan dalam pertandingan besok."

* Antonio Conte (Italia):

"Bakal ada 46 petarung di luar sana, 23 berada di pihak kami dan 23 ada di pihak mereka. Anda merasa bahwa negara anda mendesak untuk memberi penampilan terbaik. Ini yang kedua tim rasakan saat ini."

"Penting bagi para petarung itu untuk menggunakan akal dan berusaha tampil dengan sebaik mungkin karena mereka telah menyiapkan diri selama beberapa tahun."

"Sedikit saja saya bisa berkomentar mengenai Belgia, karena setiap orang dapat menyaksikan kemampuan mereka. Mereka dihuni oleh sejumlah pemain bertalenta. Saya ucapkan selamat kepada mereka, karena mereka bekerja keras."

"Mereka (Belgia) sangat kuat di segala lini, baik lini depan maupun gelandang, dengan sejumlah kelebihan. Di lini belakang, mereka punya segudang pengalaman. Mereka hebat, untuk di masa kini maupun di masa depan."   

Prediksi susunan pemain Italia Vs Belgia::

* Belgia (4-2-3-1):

Courtois (penjaga gawang); Alderweireld, Denayer, Vermaelen, Vertonghen; Witsel, Nainggolan; Mertens, De Bruyne, Hazard; Lukaku.
 
* Italia (3-5-2):
Buffon (penjaga gawang); Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Giaccherini, Darmian; Immobile, Zaza.

Data dan fakta (Opta Facts):
* Italia tidak terkalahkan dalam tiga laga melawan Belgia di turnamen besar (dua menang, sekali imbang). Dua laga dimainkan di kejuaraan Eropa (0-0 pada 1980 dan 2-0 bagi kemenangan Italia di tahun 2000).
* Lima pertemuan terakhir antara Belgia dan Italia menghasilkan 18 gol, rata-rata 3,6 gol per laga.
* Belgia tampil untuk kali kelima di kejuaraan Eropa. Kali pertama sejak 2000 ketika mereka bertindak sebagai tuan rumah.
* Belgia lolos ke Piala Eropa untuk kali pertama sejak 1984 (kecuali tahun 2000, otomatis karena bertindak sebagai tuan rumah), ketika final diadakan di Prancis. Mereka gagal lolos dari babak penyisihan grup.   
* Penampilan terbaik Belgia di final Piala Eropa pada 1980, Mereka keluar sebagai runner-up kemudian kalah di final dari Jerman Barat (2-1).    
* Belgia hanya menelan lima kekalahan dari tujuh laga terakhi di kejuaraan Eropa.    
* Hanya saja Belgia menang di dua laga pembuka di turnamen Eropa (lawan Yugoslavia pada 1984, lawan Swedia pada 2000).
* Belgia tampil sebagai skuad dengan usia pemain yang relatif muda dalam ajang babak kualifikasi Piala Eropam dengan usia pemain rata-rata 25 tahun dan delapan bulan.  
    
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalah; D:imbang)

* Belgia: W D W L W


5/6/16 Belgia 3 - 2 Norwegia
1/6/16 Belgia 1 - 1 Finlandia
28/5/16 Swiss 1 - 2 Belgia
29/3/16 Portugal 2 - 1 Belgia
13/11/15 Belgia 3 - 1 Italia

* Italia: W W L D D

6/6/16 Italia 2 - 0 Finlandia
29/5/16 Italia 1 - 0 Skotlandia
29/3/16 Jerman 4 - 1 Italia
24/3/16 Italia 1 - 1 Spanyol
17/11/15 Italia 2 - 2 Rumania

Hasil Head To Head Italia Vs Belgia:
 
13/11/15 Belgia 3 - 1 Italia
30/5/08 Italia 3 - 1 Belgia
14/6/00 Italia 2 - 0 Belgia
13/11/99 Italia 1 - 3 Belgia
29/5/96 Italia 2 - 2 Belgia

Prediksi Skor Italia Vs Belgia:

Bisnis.com:

Skor Italia Vs Belgia: 2-1

Skor Italia Vs Belgia: 1-0

Skor Italia Vs Belgia: 1-1

Skor Italia Vs Belgia: 0-1

Skor Italia Vs Belgia: 0-2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Football-Italia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper