Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skandal Panama Papers: Barcelona Dukung Messi

Skandal Panama Papers: Barcelona Dukung Messi
Lionel Messi/Reuters-Vincent West
Lionel Messi/Reuters-Vincent West

Bisnis.com, JAKARTA - Barcelona menyatakan mendukung pernyataan penyerangnya, Lionel Messi, yang membantah terlibat dalam skandal Panama Papers. Mereka juga akan mendukung tindakan Lionel Messi yang akan menggugat media yang menuduhnya terlibat dalam skandal pajak itu.

Dalam pernyataan resminya, Barcelona mengatakan bahwa mereka menyampaikan rasa prihatin yang sangat mendalam kepada Messi dan keluarganya yang menjadi korban tudingan tak beralasan itu. Barcelona juga menyatakan akan membantu Messi dan keluarganya secara fiskal dan administratif untuk memulihkan nama baik.

"Sejak awal skandal Panama Papers yang menuding Leo Messi dikabarkan, FC Barcelona telah memberikan dukungan kepada pemain dan seluruh keluarganya. Pihak klub akan membantu semua langkah hukum, secara fiskal dan administratif, yang diambil keluarga Messi untuk membersihkan nama mereka dari kasus ini," tulis pernyataan resmi Barcelona seperti dilansir laman Sport.

Sebelumnya, nama Lionel Messi terseret dalam skandal kebocoran dokumen finansial sebuah firma hukum ternama di Panama, Mossak Fonseca. Dokumen itu disebut menguak skandal pajak sejumlah pesohor dunia mulai dari pemain sepak bola hingga selebritis. Skandal ini disebut "Panama Papers".

Harian Spanyol, El Confidencial, merilis sebuah dokumen yang disebut berasal dari bocoran "Panama Papers"  soal pembelian perusahaan abal-abal di Panama, Mega Star Enterprise,  yang digunakan untuk menggelapkan pajak. El Confidencial menuliskan bahwa perusahaan itu dibeli Messi dan ayahnya melalui perusahaan broker di Uruguay. Mereka pun mengklaim bahwa dalam dokumen pembelian itu terdapat tanda tangan Messi dan sang ayah.

Pembelian perusahaan abal-abal itu kabarnya dilakukan Messi sehari setelah otoritas pajak Spanyol mengendus dugaan penggelapan pajak senilai 4 juta euro oleh penyerang Barcelona itu. El Confidencial menyebut bahwa Messi terlibat dalam pembuatan jaringan penggelapan pajak.

Messi sendiri membantah tudingan itu. Melalui pernyataan tertulis, dia bahkan menyatakan telah meminta pengacaranya untuk melakukan gugatan terhadap El Confidencial.

"Dengan menghormati semua pihak, keluarga Messi telah menginstruksikan kepada pengacara kami untuk menganalisa tindakan hukum yang mungkin kami ambil terhadap media yang mempublikasikan tuduhan itu," tulis pernyataan resmi keluarga Messi seperti dilansir oleh laman Mirror.

"Keluarga Messi menjelaskan bahwa Lionel Messi tak pernah terlibat dalam pembuatan jaringan penggelapan pajak, pencucian uang dan lain sebagainya seperti yang dituduhkan."

Messi dan ayahnya saat ini sedang menghadapi gugatan di Pengadilan Spanyol karena masalah penggelapan pajak. Mereka dituding tak membayarkan pajak penghasilan sang pemain senilai 4 juta euro dari hasil iklan sejumlah produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper