Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL FA CUP: Arsenal Lolos ke 8 Besar, Gasak Hull 4-0

Olivier Giroud dan Theo Walcott masing-masing mencetak dua gol untuk mengantar Arsenal menang 4-0 atas Hull City dalam replay babak kelima Piala FA.
Olivier Giroud/Reuters-Carl Recine
Olivier Giroud/Reuters-Carl Recine

Bisnis.com, JAKARTA - Olivier Giroud dan Theo Walcott masing-masing mencetak dua gol untuk mengantar Arsenal menang dengan skor telak 4-0 atas tuan rumah Hull City dalam laga ulang (replay) babak kelima Piala FA (Football Association) di Stadion Kingston Communication di Kota Hull.

Kemenangan dalam pertandingan ulangan itu memastikan sang juara bertahan—musim lalu di final mengalahkan Aston Villa 4-0—melaju ke 8 besar atau babak keenam Piala FA untuk menghadapi Watford pada 13 Maret 2016.

Hasil ini juga membuka peluang bagi Arsenal untuk meraih trofi Piala FA untuk ketiga kali secara beruntun. Pada 2014 Arsenal bertemu dengan Hull City—yang saat itu masih berkompetisi di Liga Primer—dan menang 3-2 lewat perpanjangan waktu di final. Arsenal merupakan pemegang rekor terbanyak meraih trofi Piala FA yakni 12 kali.

Pertandingan pada Rabu pagi WIB (9/3/2016) ini merupakan replay babak kelima lantaran dalam pertemuan pertama di Stadion Emirates di London, markas Arsenal, kedua tim imbang 0-0.

Regulasi Piala FA memang menetapkan jika dalam pertemuan pertama skor imbang, maka laga harus diulang untuk mendapatkan pemenang. Kalau dala replay selama 2 x 45 menit masih imbang lagi, maka pertandingan diteruskan ke perpanjangan waktu 2 x 45 menit. Kalau masih juga imbang, pemenang akan ditentukan lewat adu penalti.

Pada jalannya pertandingan, Olivier Giroud membuka keunggulan 1-0 saat laga memasuki menit 41 akibat kecerobohan pemain Hull, David Meyler, yang keliru memberikan umpan sehingga bola jatuh ke kaki Giroud untuk disempurnakan menjadi gol.

Giroud menggandakan kedudukan The Gunners menjadi 2-0 lewat tendangan voli yang tidak mampu ditangkap kiper Hull, Eldin Jakupovic, setelah mendapatkan umpan silang Walcott pada menit 71.

Walcott pun tidak mau kalah dengan mencetak gol untuk keunggulan 3-0 Arsenal pada menit 77 menyusul umpan Campbell kepada Walcott yang dengan mudah menaklukan pertahanan Hull.

Arsenal menggenapkan kemenangan 4-0 setelah Walcott kembali mencetak gol pada menit 89 setelah memaksimalkan bola liar di mulut gawang Hull. Skor 4-0 bertahan bertahan hingga laga usai, demikian dilaporkan Antara yang mengutip Sky Sports.

Kemenangan ini harus mengambil korban tiga pemain andalan Arsenal yang terkena cedera yakni dua bek Per Mertesacker dan Gabriel Paulista serta gelandang Aaron Ramsey.

“Kehilangan dua pemain belakang ditambah (gelandang) Aaron Ramsey dalam satu pertandingan membuat saya sedikit syok,” ungkap pelatih Arsenal Arsene Wenger kepada BT Sport yang dikutip Reuters selepas laga.

Pernyataan pelatih berpaspor Prancis itu juga merujuk pada kesibukan Arsenal menjalani enam pertandingan dalam 18 hari.

Menurut Wenger, Mertesacker mengalami luka di matanya dan sedikit gegar otak, sedangkan Gabriel dan Ramsey mendapatkan cedera otot paha.

Sebagaimana dilansir Soccerway, Mertesacker harus ditarik keluar ketika pertandingan baru memasuki menit ke-33 dan digantikan Nacho Monreal. Gabriel cedera dan harus digantikan Aaron Ramsey pada menit 57, namun kemudian Ramsey sendiri mengalami cedera serupa dan hanya bermain selama 16 menit dan digantikan oleh Jeff Reine-Adelaide pada menit ke-73.

Ini menjadi debut bagi Jeff Reine-Adelaide, pemain asal Prancis, bermain untuk tim utama The Gunners. Reine-Adelaide baru genap berusia 18 tahun pada Januari lalu dan dia adalah anggota skuat Timnas Prancis U-18.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway, Reuters/BT Sport, & Antara/Sky Sports
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper