Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mau Kirim Delegasi ke FIFA, Kemenpora Kulo Nuwun Dulu ke Istana

Mau Kirim Delegasi ke FIFA, Kemenpora Kulo Nuwun Dulu ke Istana
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Ruben Sprich
Markas FIFA di Zurich, Swiss/Reuters-Ruben Sprich

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat ini menunggu arahan dari pihak Istana Kepresidenan terkait dengan penentuan siapa yang akan menjadi wakil Indonesia untuk menjalankan komunikasi dengan FIFA di bawah pimpinan Gianni Infantino.

"Hingga kini kami masih menunggu arahan dari Istana terkait siapa yang akan diberangkatkan ke FIFA. Bisa saja dari unsur pejabat, non pejabat maupun unsur masyarakat," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora Gatot S Dewa Broto di Media Center Kemenpora, Jakarta, Senin.

Menurut dia, dengan belum adanya keputusan dari Istana saat ini pihaknya telah menyiapkan surat yang akan dikirimkan langsung ke petinggi induk organisasi sepak bola dunia itu. Bahkan, draf surat sudah disiapkan dan tinggal ditandatangani Menpora.

"Hari ini surat sudah disiapkan, tinggal dilakukan koreksi dan ditandatangani Menpora. Selanjutnya secepatnya dikirim ke FIFA," katanya.

Dalam surat yang akan dikirim, kata Gatot, ada tiga hal yang disampaikan. Pertama adalah ucapan selamat kepada Presiden baru FIFA Gianni Infantino. Kedua, harapan kerja sama yang baik dengan FIFA dan PSSI jika pembekuan dicabut.

Satu poin lagi, kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora itu adalah terkait tindak lanjut pengiriman delegasi ke FIFA sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

"Istilahnya kita kulo nuwun dulu jika ada rencana mengirimkan delegasi ke sana," kata Gatot.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo berencana mengirimkan delegasi ke FIFA setelah sebelumnya menerima kajian dari Menpora Imam Nahrawi terkait persepakbolaan nasional yang saat ini masih mendapatkan sanksi dari induk organisasi sepak bola dunia itu.

"Saya kira kita akan mengirimkan utusan membicarakan masalah PSSI. Kemudian mengenai pencabutan pembekuan PSSI tentu saja segera akan dilakukan setelah ada kesepakatan dan bertemu dengan FIFA mengenai agenda reformasi PSSI," katanya.

Sebelum ada keputusan tersebut, pemerintah telah beberapa kali membahas permasalahan yang terjadi antara Kemenpora dengan PSSI. Bahkan, pertemuan tersebut dipimpin langsung Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla, juga menghadirkan Menpora Imam Nahrawi dan Ketua Komite adhoc Reformasi PSSI, Agum Gumelar di Istana Negara, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper