Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala Jenderal Sudirman: Menang 4-1, Bali Ajak PSM Gagal ke 8 Besar

Bali United menundukkan PSM Makassar dengan skor 4-1 lewat adu penalti setelah selama 2 x 45 menit seri tanpa gol dalam pertandingan Grup B Piala Jenderal Sudirman.
Bali United/Baliutd.com
Bali United/Baliutd.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bali United menundukkan PSM Makassar dengan skor 4-1 lewat adu penalti setelah selama 2 x 45 menit seri tanpa gol dalam pertandingan Grup B Piala Jenderal Sudirman yang berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, pada Minggu (29/11/2015).

Dalam pertandingan yang dipimpin oleh wasit Thoriq Alkatiri, sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Net TV, selama 90 menit permainan lebih dikuasai tuan rumah. Bali United, yang diasuh mantan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafrie, lebih mendominasi dengan penguasaan bola hampir 60 persen.

Rangkaian serangan Bali United dibangun melalui lapangan tengah yang dikomandani kapten tim Fadil Suasu dan playmaker Paulo Oktavianus Sitanggang dengan menempatkan Bayu Gatra sebagai ujung tombak.

Tetapi selama 90 menit gawang PSM Makassar tetap tak mampu ditembus lantaran pertahanan yang digalang Rendy Siregar mampu mematahkan bangunan serangan Bali United. Apalagi kiper Dimas Galih juga bermain cemerlang dengan melakukan beberapa kali penyelamatan atas bola-bola sulit dari lawan.

PSM Makassar sempat pula membangun serangan yang cukup tajam terutama melalui aliran bola kapten tim Syamsul Chaeruddin. Namun striker PSM asal Paraguay Silvio Escobar beberapa kali tampil tidak maksimal dalam melakukan penyelesaian, bahkan dua peluang emas ketika telah berhadapan dengan kiper Bali United Muhammad Dicky pun gagal dikonversinya menjadi gol.

Oleh karena laga selama 90 menit imbang, maka penentuan pemenang dilakukan melalui adu penalti. Keempat eksekutor Bali United semua berhasil menjebol gawang Dimas Galih, sebaliknya dari PSM hanya Syamsul Chaeruddin yang mampu menjadikan gol. Skor 4-1.

Regulasi yang diberlakukan di Piala Jenderal Sudirman ini tidak mengenal hasil imbang. Jika selama 90 menit seri, maka pemenang ditentukan lewat adu penalti. Tim yang menang selama 90 menit diberi nilai 3, menang adu penalti mendapat nilai 2, kalah adu penalti mendapat nilai 1, dan kalah dalam permainan 90 menit tak mendapat nilai.

Dengan hasil itu, PSM dipastikan menemani Bali United tersisih dari persaingan menembus babak 8 besar. Adapun tiga tim lain yakni Persipura Jayapura, Semen Padang FC, dan Mitra Kukar masih berebut tiket langsung lolos ke 8 besar sebagai tim yang finis di posisi dua teratas dalam klasemen akhir.

Kemungkinan lain untuk bisa lolos ke babak perempat final ialah melalui status salah satu peringkat ketiga terbaik dari tiga grup.

Turnamen ini diikuti 15 tim yang dibagi ke dalam tiga grup. Dua tim teratas dalam klasemen akhir langsung lolos ke babak 8 besar bersama dua tim peringkat ketiga terbaik.

Klasemen Grup B (main, menang, kalah, gol, nilai):

Semen Padang FC

4

1

3

4-2

6

Persipura Jayapura

3

2

1

4-3

6

Mitra Kukar

3

2

1

2-3

6

PSM Makassar

4

2

2

1-2

5

Bali United

4

2

2

1-4

4

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper