Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: Barcelona vs AS Roma 6-1

FC Barcelona melangkah ke babak kualifikasi grup ke babak 16 Liga Champions untuk kali ke-12 secara beruntun dengan mantap. Selasa (24/11/2015) atau Rabu (25/11/2015) menggilas AS Roma 6-1 dan juara grup usai matchday kelima Grup F.
Trio maut milik FC Barcelona (dari kiri ke kanan) Luis Suarez, Lionel Messi, dan Neymar da Silva Jr./Reuters-Gustau Nacarino
Trio maut milik FC Barcelona (dari kiri ke kanan) Luis Suarez, Lionel Messi, dan Neymar da Silva Jr./Reuters-Gustau Nacarino
Live Timeline

Bisnis.com, REUTERS -- Penyerang Barcelona Luis Suarez menyarangkan dua gol dan menjadi aktor dari dua gol lainnya yang dibukukan Lionel Messi, yang untuk pertama kalinya kembali menjadi pemain inti setelah pulih dari cedera, saat tim Katalan itu menghancurkan tamunya AS Roma dengan skor 6-1 pada pertandingan Liga Champions yang berlangsung pada Selasa (24/11/2015) atau Rabu (25/11/2015).

Kemenangan ini memastikan Barca melaju ke putaran 16 besar sebagai juara Grup E. Mereka memiliki 13 angka dari lima pertandingan, Roma dan Bayer Leverkusen masing-masing memiliki lima angka, dan BATE Borisov memiliki empat angka.

Barcelona masuk ke putaran 16 besar untuk musim ke-12 kalinya secara beruntun menyusul penampilan menyerang yang semakin matang, setelah sebelumnya mereka menang 4-0 atas Real Madrid di Liga Spanyol pada Sabtu silam.

Gerard Pique dan Adriano juga mencetak gol untuk Barcelona, sedangkan penyerang Roma Edin Dzeko, yang eksekusi penaltinya dapat digagalkan kiper, mencetak gol hiburan melalui sundulan pada menit terakhir pertandingan.

15:41 WIB
Menuju Juara Grup

FC Barcelona telah lolos dari babak kualifikasi grup ke babak 16 Liga Champions untuk kali ke-12 secara beruntun dan sempurna karena juga juara grup. Selasa (24/11/2015) atau Rabu (25/11/2015) akan menjamu AS Roma di matchday kelima Grup F.

• Barcelona akan maju sebagai juara Grup E meski dengan hasil imbang, dan masih akan lolos walaupun mereka kalah dan Bayer 04 Leverkusen kehilangan poin melawan BATE Borisov di pertandingan lainnya.

• Roma akan mengamankan kemajuan mereka, jika mereka menang dan Leverkusen gagal mengalahkan BATE.

Pertemuan sebelumnya
• Luis Enrique berada di sisi Barcelona dan Francesco Totti mengenakan ban kapten Roma ketika kedua klub bertemu pada UEFA Champions League 2001/02 (penyisihan grup kedua) dan dimulai dengan hasil imbang 1-1 di Camp Nou, di mana gol Patrick Kluivert disamakan Kristen Panucci.

• Roma memenangkan kembali 3-0 dengan Emerson, Vincenzo Montella dan Damiano Tomassi mencetak gol. Namun Barcelona masih memenangkan grup, dan Roma tersingkir di tempat ketiga.

• Formasi untuk pertemuan di Barcelona  pada 20 Februari 2002:
Barcelona: Reina, Puyol, Christanval, F De Boer, Sergi (Xavi 74), Cocu, Motta (Rochembak 68), Luis Enrique, Saviola (Overmars 57), Rivaldo, Kluivert.
Roma: Antonioli, Cafu, Panucci, Samuel, Zebina, Lima (Guigou 74), Tommasi, Emerson, Candela, Totti (Delvecchio 81), Batistuta.

• Barcelona mengalahkan Roma 3-0 di pra-musim ramah di Camp Nou pada tanggal 5 Agustus tahun ini, dengan Neymar, Lionel Messi dan ivan rakiti pencetak gol.

20:03 WIB
KOMENTAR PELATIH

Luis Enrique, pelatih Barcelona
Kita melihat pertandingan ini sebagai kesempatan untuk menyelesaikan posisi pertama dalam kelompok. Saya percaya kami telah bermain lebih baik [daripada pada Sabtu] meskipun menang 4-0 melawan Real Madrid yang menarik lebih banyak perhatian.

Saya tidak bisa membandingkannya dengan kemenangan 6-2  [di Santiago Bernabéu Mei 2009]. Saya mengharapkan pertandingan yang sulit, karena mereka perlu untuk mendapatkan hasil, sehingga permainan akan sangat terbuka. Adalah baik untuk melihat Messi kembali di lapangan - kita semua menikmati menonton dia berlatih dan bermain.

Rudi Garcia, pelatih Roma
Sepak bola adalah permainan yang indah dan tidak selalu tim terbaik yang menang - saya tidak percaya tim manapun tak terkalahkan. Jika kita tidak percaya kita layak bermain di sini, kita akan kalah. Kita harus mengambil peluang kami dan bekerja keras. Kita tahu Barcelona akan memiliki bola sebagian besar waktu, tetapi kita harus membuat yang terbaik dari kesempatan yang kita dapatkan. Kita tidak bisa membela sepanjang seluruh permainan, karena dengan begitu kita akan kehilangan.

19:57 WIB
PREDIKSI LINE UP

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Piqué, Vermaelen, Alba; Busquets, Sergi Roberto, Iniesta; Messi, Suárez, Neymar.
Absen: Douglas (cedera), Rafinha (cedera), Mascherano (cedera)

Roma: Szczsny; Maicon, Rüdiger, Manolas, Digne; De Rossi; Florenzi, Nainggolan, Pjani, Falqué; Deko.
Absen: Gervinho (cedera), Salah (cedera), Totti (cedera)
Diragukan: De Rossi (cedera)

16:26 WIB
Klasemen Sementara Grup F

Grup E

Barcelona                    4          3          1          0          8          2          10

Roma                           4          1          2          1          10        10        5

Bayer Leverkusen       4          1          1          2          11        10        4

BATE Borisov            4          1          0          3          4          11        3

20:37 WIB
Hubungan Pelatih dan pemain

Hubungan Pelatih dan pemain

• Sebagai Pelatih Roma pada 2011/12, Luis Enrique membawa timnya finish ketujuh di Serie A.

• Sebagai pelatih LOSC Lille Rudi Garcia kehilangan dua kali untuk Valencia CF (0-2 a, 0-1 h) dalam tahap 2012/13 (penyisihan grup.) Lille telah menghadapi tim Valencia termasuk Jordi Alba pada 2009/10 di UEFA Europa League penyisihan grup (1-1 home, 1-3 away). Untuk LOSC Garcia, penampilan berakhir dengan kekalahan di babak 16 oleh gol Javier Mascherano untuk Liverpool FC.

• Seydou Keita adalah pemain Barcelona 2008-12 dan muncul sebagai pengganti pada 2009 dan 2011 UEFA Champions League saat kemenangan terakhir mereka serta memenangkan tiga gelar Liga Spanyol.

• Lago Falque memulai karirnya di jajaran Barcelona muda, tapi hanya bermain satu pertandingan liga untuk tim B mereka.

• Edin Dzeko berada di tim Manchester City sat tersingkir oleh Barcelona di 16 besar 2013/14 dan 2014/15.

• Wojciech Szczesny dipukuli dua kali oleh Lionel Messi (sekali dari titik penalti) ketika Arsenal FC kalah 3-1 di Barcelona dalam agregat 4-3 pada kekalahan babak 16  2010/11.

• Alba mencetak gol dan Busquets, Pique dan Andrés Iniesta juga bermain dalam kemenangan 4-0 Spanyol  atas Daniele De Rossi di timnas Italia pada 2012, final UEFA EURO. De Rossi gagal mengeksekusi penalti saat Italia adu pinalti melawan Spanyol di perempat final Euro 2008.

• Pemain yang telah bermain bersama:
Antonio Rudiger & Marc-André ter Stegen (Jerman)
Lucas Digne & Jérémy Mathieu (Prancis)
Radja Nainggolan & Thomas Vermaelen (Belgia)
Emerson Palmieri & Neymar (Santos 2012-13)
Keita & Jérémy Mathieu (Valencia 2014)
Keita & Adriano (Sevilla 2007-08)
Szczesny & Vermaelen (Arsenal 2010-14)

19:52 WIB
Lionel Messi Siap Tampil

Lionel Messi bersiap untuk bermain sejak awal pertandingan ketika Barcelona, yang baru saja membantai Real Madrid 4-0, menjalani laga kualifikasi Liga Champions saat AS Roma mengunjungi Nou Camp, Selasa.

Hasil imbang akan cukup bagi pemenang treble musim lalu tersebut mencapai babak 16 besar untuk 12 musim berturut-turut dan Messi siap untuk bermain sejak awal laga setelah hanya menjadi pemain pengganti melawan Real pada Sabtu.

Messi cedera sejak akhir September, namun Barca tetap menunjukkan permainan memukau lewat Neymar dan Luis Suarez yang bermain tajam.

Suarez mencetak dua gol dan Neymar satu ketika Barca membantai Real, dengan total raihan gol untuk pasangan tersebut sebanyak 19 gol dalam tujuh pertandingan.

"Itu adalah performa yang hebat. Kami menikmatinya sekarang, namun kami memiliki beberapa pertandingan yang sulit di depan, dimulai dengan Roma," kata gelandang Ivan Rakitic, yang baru pulih dari cedera betis, kepada wartawan .

"Messi adalah pemain penting dan kami bersyukur dia kembali bermain bersama kami. Cederanya (ligamen lutut) lebih serius daripada cedera saya, dan dia membutuhkan lebih lama untuk pulih, tetapi kita semua tahu betapa pentingnya dia untuk tim." Roma dan Barca bermain imbang 1-1 di ibu kota Italia pada September lalu.

Suarez membuat Barca memimpin terlebih dahulu, namun kemudian Alessandro Florenzi mencetak gol spektakuler dari posisi yang hampir mustahil dari sisi tengah lapangan bagian kanan, kira-kira berjarak 50 meter dari gawang, untuk menyamakan kedudukan.

Roma, peringkat kedua di grup yang unggul satu poin dari Bayer Leverkusen dan dua poin dari BATE Borisov, bertengger di posisi empat Serie A setelah ditahan imbang 2-2 dalam laga yang berlangsung dalam hujan deras, Sabtu, melawan Bologna.

"Kami berjuang keras dan mencoba untuk memainkan permainan dalam cuaca semacam itu, yang terpenting adalah bahwa kami mendapat poin," kata fullback Roma, Maicon, kepada wartawan.

"Ini akan menjadi jenis permainan yang berbeda pada Selasa dan kami harus meningkatkan level." (REUTERS)


19:24 WIB
Background pertandingan

Background pertandingan

Barcelona
• Barcelona membukukan tiga kemenangan beruntun di Grup E setelah pada pembukaan imbang 1-1 di Roma pada  September.

• Termasuk kemenangan mereka 3-0 atas BATE terakhir kali, Barcelona yang membukukan delapan kemenangan langsung di Liga Champions.

• Kehilangan partai di rumah terakhir mereka di kompetisi adalah 3-0 melawan FC Bayern München Mei 2013 - Hanya itu kekalahan dalam 35 terakhir di Liga Champions  (home), dan 28 kemenangan.

• Catatan di kandang secara keseluruhan Barcelona melawan tim Italia adalah M13SD5 K2. Masih ada tim Italia yang dihadapi  pada  November 2013 saat Messi (dua gol) dan Sergio Busquets memberikan mereka kemenangan 3-1 atas AC Milan. Gerard Pique mencetak gol bunuh diri.

Roma
• Roma sedang mencari kemenangan tandang pertama di Liga Champions sejak mengalahkan FC Basel 1893 (3-2) pada  November 2010.

• Mereka telah mencetak enam gol (away)  di Grup E, tetapi hanya mengambil  satu poin setelah kalah di BATE (2-3) dan seri di Leverkusen (4-4).

• Giallorossi menang 2-1 di Real Madrid CF pada kunjungan terakhir mereka ke Spanyol pada Liga Champions 2007/08 (di babak 16), rekor tandang mereka secara keseluruhan terhadap tim La Liga adalah: M3 S3 K5.

• Totti telah mencetak gol dalam empat pertandingan berbeda di Spanyol untuk Roma, mulai dari Real Madrid (1-1)  2001/02 (penyisihan grup pertama_. Pada 2002/03 ia mencetak gol di Madrid pada saat menang 1-0 di pertandingan pertama grup dan dua kali di Valencia di babak penyisihan grup kedua (menang 3-0). Dia mencetak melalui penalti pada perjalanan kedua ke Mestalla pada tahap penyisihan grup 2006/07 (kalah 1-2).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper