Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia: Punya Pengalaman Spesial, Aji Santoso Sangat Berduka

Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia: Punya Pengalaman Spesial, Aji Santoso Sangat Berduka
Aji Santoso/Antara
Aji Santoso/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Aji Santoso merasa sangat berduka atas wafatnya pelatih legendaris Sinyo Aliandoe karena Sinyo-lah karier Aji di jagat persekbolaan Indonesia menanjak.

Salah seorang pendiri Aji Santoso International Football Academy (ASIFA) di Kota Malang itu menyatakan mustahil melupakan jasa Sinyo bagi dirinya. Aji sudah menganggap Sinyo bagai orangtua sendiri meski secara profesional Aji hanya satu musim dilatih Sinyo saat Sinyo melatih Arema Malang sepanjang 1987-1989. Dan, dalam sejarah Arema, pelatih kelahiran Larantuka, Flores Timur, 1 Juli 1940, itu tercatat menjadi pelatih pertama Arema Malang.

“Jujur, saya merasa sangat kehilangan beliau. Om Sinyo adalah salah satu pelatih yang terpenting dalam karier saya. Beliaulah satu-satunya pelatih yang tahu potensi atau talenta saya, yang kemudian mengangkat saya dari pemain kelas amatir ke kelas profesional,” kata Aji kepada Tempo, Rabu, 18 November 2015.

Aji bercerita, pada September 1988 Arema Malang melakukan pertandingan ujicoba melawan PS Gajayana. Aji Santoso yang saat itu bermain untuk Gajayana tak menyangka karena setelah beberapa hari pertandingan dia didatangi petinggi Arema Malang, Lucky Adrianda Zainal dan Ovan Tobing di asrama Gajayana. Saat itulah Aji diminta untuk bergabung dengan Arema Malang.

Menurut Aji, permintaan Lucky dan Ovan atas rekomendasi dari Sinyo Aliandoe. Saat itu Aji masih berusia 18 tahun dan praktis ia menjadi pemain termuda di Arema Malang kala itu.

Sekitar dua-tiga bulan kemudian Arema Malang ditantang Petrokimia Gresik di kompetisi Galatama. Salah satu bek legendaris Indonesia itu sempat kikuk saat tahu Arema akan menantang salah satu tim terkuat di pada masa itu.

Sinyo menenangkan Aji dengan berkata, “Ji, kamu enggak usah khawatir. Walau kamu pemain masih muda, pemain yang belum berpengalaman, tapi kamu berada di bawah kendali pelatih terbaik di Indonesia.” Kata-kata ini diingat betul oleh Aji hingga sekarang.

Selain kompetensi teknis, menurut Aji, Sinyo mempunyai kelebihan dalam hal bergaul dengan para pemain. Sinyo pelatih yang sangat dekat dengan pemain. “Beliau juga seorang motivator yang ulung dan saya banyak belajar dari Om Sinyo dalam hal memotivasi pemain,” ujar Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper