Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia: Sinyo Sosok Pelatih yang Komplet

Sinyo Aliandoe Meninggal Dunia: Sinyo Sosok Pelatih yang Komplet
Sinyo Aliandoe/Wikipedia
Sinyo Aliandoe/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan pesepak bola nasional Ferril Hattu mengenang sosok Sinyo Aliandoe sebagai pelatih yang komplet dalam membimbing para pemain binaannya.

"Sinyo adalah sosok pelatih yang komplet. Dia sebagai pelatih juga bisa berperan sebagai orang tua, sebagai teman, sebagai pembimbing, sebagai psikolog," kata dia ketika dihubungi di Jakarta, Rabu.

Ferril, yang bermain di posisi libero, memandang Sinyo sebagai pelatih pintar yang paham strategi dan mengerti bagaimana mengeksplor kemampuan pemainnya.

"Dia punya kemampuan mengombinasikan pemain yang dia punya, mampu menutupi kekurangan satu pemain dengan kelebihan pemain yang lain," kata Ferril, yang pernah menjadi kapten ketika tim nasional memenangkan medali emas sepak bola di SEA Games Manila 1991.

Ferril sendiri pernah dilatih oleh Sinyo. Dia juga termasuk dalam tim nasional Indonesia 1985 yang dilatiih oleh Sinyo. Timnas Indonesia pada waktu itu tampil mengesankan di babak kualifikasi Piala Dunia.

Pada saat itu, timnas Indonesia tinggal satu langkah lagi lolos ke Piala Dunia Meksiko 1986 namun akhirnya kalah oleh Korea Selatan pada babak play off.

Kunci penampilan gemilang tim nasional tersebut, kata Ferril, muncul dari kemampuan Sinyo Aliandoe sebagai pelatih dalam menciptakan suasana tim yang kondusif.

"Kebersamaan, kepedulian, dan keterbukaan bisa tumbuh, sehingga tidak ada pemain individualis. Tim bola bukan satu-dua orang, tapi 11 orang," kata pesepak bola asal Surabaya tersebut.

Tim nasional Indonesia pada saat itu tidak banyak mengambil pemain utama, namun lebih banyak menggunakan jasa para pemain muda.

"Pemain senior ada tapi tidak banyak. Dia (Sinyo) bisa meracik tim yang optimal. Dia orang yang selalu bereksperimen dengan pemain muda, dia tidak melihat nama, tapi potensi, kualitas, dan karakter. Soal teknis dia tidak mau dicampuri," ungkap Ferril.

Hal itulah yang menurut Ferril dapat menjadi pelajaran bagi para pelatih-pelatih Tanah Air yang sedang beredar dan masih aktif melatih.

Mantan pemain dan pelatih tim nasional sepak bola Indonesia, Sinyo Aliandoe, meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada Puri Indah, Rabu pagi sekitar pukul 08.42 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper