Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nigeria Juara Lima Kali Piala Dunia U-17

Timnas Nigeria menjadi juara Piala Dunia U-17 untuk kelima kalinya setelah dalam laga final di Stadion Sausalito di Vina del Mar, Chile, pada Senin pagi WIB (9/11/2015) menang dengan skor 2-0 atas Mali.
Timnas Nigeria U-17 juara Piala Dunia U-17 edisi 2015/fifa.com
Timnas Nigeria U-17 juara Piala Dunia U-17 edisi 2015/fifa.com

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Nigeria menjadi juara Piala Dunia U-17 untuk kelima kalinya setelah dalam laga final di Stadion Sausalito di Vina del Mar, Chile, pada Senin pagi WIB (9/11/2015) menang dengan skor 2-0 atas Mali.

Sebenarnya Nigeria memulai perjuangannya merebut gelar kelima itu dengan tidak begitu baik ketika Osinachi Christian Ebere gagal memaksimalkan tendangan penalti menjadi gol pada menit ke-4.

Namun mental juara diperlihatkan anak-anak muda tim berjuluk Elang Afrika itu meskipun akhirnya baru bisa menjebol gawang Mali yang dikawal kiper Samuel Diarra pada menit ke-56 melalui kontribusi Victor Osimhen dengan memaksimalkan assist Chimedu Madueke.

Kebobolan membuat Mali, sesama tim yang berasal dari Afrika, mencoba membangun serangan. Tapi hal itu malahan membuat celah di lini belakang yang akhurnya hanya berselang 3 menit berikutnya dimanfaatkan Funsho Ibrahim Bambgoye untuk menggandakan keunggulan juara bertahan sehingga skor 2-0 dengan assist Samuel Chukwueze.

Hasil ini membuat Nigeria sukses mempertahankan gelar yang mereka rebut di Uni Emirat Arab 2 tahun lalu, ketika menang atas Meksiko di final. Meksiko ialah tim yang mereka kalahkan di semifinal edisi tahun ini.

Nigeria menjadi tim paling sukses sepanjang sejarah Piala Dunia U-17 dengan merebut gelar lima kali, lebih banyak dibandingkan dengan tim favorit Brasil yang merebut gelar juara Piala Dunia U-17 sebanyak tiga kali.

Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga yang dilakukan beberapa jam sebelum Nigeria versus Mali, Belgia menaklukkan Meksiko dengan skor tipis 3-2.

Pertandingan yang juga digelar di Stadion Sausalito berjalan dramatis. Dua kali Belgia memimpin, namun dua kali pula Meksiko mampu menciptakan gol balasan sebelum akhirnya Belgia menuntaskan laga dengan gol penentu kemenangan ketika injury time babak kedua memasuki menit ke-3.

Setelah babak pertama berakhir tanpa go, Dennis van Vaerenbergh membuka skor untuk Belgia pada menit ke0-54, namun Meksiko segera menyamakan menjadi 1-1 pada 4 menit kemudian lewat penalti Ricardo Marin Sanchez.

Dante Vanzeir membawa Belgia unggul lagi pada menit 73, tapi lagi-lagi Meksiko mampu menyamakan skor, kali ini lewat kontribusi Francisco Venegas hanya 2 menit menjelang waktu reguler 90 menit usai.

Laga 2 x 45 menit sepertinya akan berakhir dengan skor imbang 2-2, namun ketika injury time berjalan 3 menit, Vanzeir menghasilkan gol keduanya untuk menjadikan Belgia menang 3-2 dengan memanfaatkan umpan Orel Mangala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper