Ini Resep Klopp: Tak Mau 'Ganti Istri' Setiap Waktu

Salah satu tips pelatih Liverpool Jurgen Klopp membawa The Reds meraih kemenangan melawan Chelsea ialah memberi para pemain asuhannya keleluasaan dan kebebasan untuk mencari solusi terbaik di setiap krisis di laga sepak bola.
M. Syahran W. Lubis | 02 November 2015 21:24 WIB
Jurgen Klopp - Reuters/Ina Fassbender

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu tips pelatih Liverpool Jurgen Klopp membawa The Reds meraih kemenangan melawan Chelsea dalam pekan ke-11 Liga Primer Inggris pada akhir pekan lalu ialah memberi para pemain asuhannya keleluasaan dan kebebasan untuk mencari solusi terbaik di setiap krisis di laga sepak bola.

Inilah salah tips Klopp yang digadang-gadang mampu menginspirasi setiap bos ketika memimpin anak buahnya di setiap institusi, yakni menghargai setiap talenta secara individual kemudian membalutnya dalam kerjasama tim yang padu.

Sejak tiba di Anfield, Klopp berulang kali menegaskan bahwa dia tiada henti memberi kesempatan kepada seluruh skuat Liverpool untuk berpikir dan bertindak sebaik mungkin demi kejayaan tim, bukan kejayaan atau kemakmuran pribadi.

Pelatih asal Jerman itu bahkan dikait-kaitkan akan memboyong mantan anak buahnya di Borussia Dortmund untuk memperkuat Liverpool. Hanya saja klaim itu ternyata keliru besar karena justru Klopp memanfaatkan para pemain yang sudah ada semasa dilatih Brendan Rodgers.

Kemenangan Liverpool atas Chelsea dengan skor 3-1 membuktikan tuah dari tips Klopp itu. Dia benar-benar berpikir dan bertindak cermat soal membeli pemain baru, sebagaimana dilansir FourFour Two.

"Saya tahu dan percaya bahwa umumnya orang Inggris tidak bersabar. Hal ini benar-benar menyulitkan," kata Klopp.

Dia mengatakan telah berada di Anfield, markas Liverpool, selama 3 pekan. “Setiap orang meminta saya untuk membeli pemain ini, pemain ini, dan pemain ini. Padahal kemajuan didapat kalau kita bekerja dengan memanfaatkan dan mendayagunakan pemain yang ada. Masalahnya sama ketika anda hidup bersama dengan seorang istri. Anda tidak ingin ganti-ganti istri setiap waktu."

Pasukan Liverpool kini bertengger di peringkat kedelapan klasemen sementara Liga Primer setelah meraih kemenangan di Stamford Bridge, dengan penampilan memikat dari Philippe Coutinho.

Penampilan gemilang pemain asal Brasil itu mengundang komentar dan pujian dari Klopp. Pemain berusia 23 tahun itu membuktikan bahwa kesungguhan bekerja dengan kebebasan hati merupakan syarat bagi penampilan terbaik bagi tim. "Saya suka dengan pemain ini. Siapa yang tidak mencintai Phil Coutinho?" kata Klopp.

"Saya tidak berharap beroleh kesempurnaan setiap hari. Saya hanya berharap kepada anda agar bekerja lebih baik dari hari ke hari. Ini langkah yang penting diambil. Saya tidak tertarik untuk menoleh ke peristiwa yang terjadi sebelumnya," ucap mantan pembesut Mainz 05 dan Borussia Dortmund itu.

Sumber : Antara/FouFourTwo

Tag : chelsea, liverpool
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top