Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 TAHUN PIALA AMERIKA: Digelar Di AS Tahun Depan

AS akan menjadi tuan rumah 100 tahun Piala Amerika pada 2016 meski kesepakatan-kesepakatan awal untuk turnamen yang terkena dampak dakwaan Departemen Kehakiman (DOJ) itu ditentang pejabat-pejabat sepak bola di kawasan itu.
Trofi Copa America/Reuters
Trofi Copa America/Reuters

Bisnis.com, MIAMI ----  AS akan menjadi tuan rumah 100 tahun Piala Amerika pada 2016 meski kesepakatan-kesepakatan awal untuk turnamen yang terkena dampak dakwaan Departemen Kehakiman (DOJ) itu ditentang pejabat-pejabat sepak bola di kawasan itu.

Keputusan itu memuluskan jalan bagi turnamen internasional resmi terbesar di AS sejak Piala Dunia 1994, dan dapat menampilkan sejumlah pemain besar seperti Lionel Messi asal Argentina dan Neymar asal Brazil tampil di stadion-stadion NFL.

Konfirmasi untuk ajang yang berlangsung pada 3 sampai 26 Juni itu diumumkan pada kesepakatan bersama pada Jumat dari CONCACAF, konfederasi sepak bola untuk Amerika Utara dan Tengah, Karibia, dan CONMEBOL, konfederasi Amerika Selatan.

Pernyataan Sepak Bola AS juga mengatakan bahwa turnamen akan berlangsung di "sejumlah arena di AS." Langkah ini memungkinkan kedua konfederasi mengklaim kembali hak-hak siar dan sponsor untuk kompetisi ini dari Datisa, perusahaan pemasaran yang ditampilkan pada dakwaan-dakwaan DOJ.

Presiden CONCACAF yang terkena skors Jeffrey Webb, yang merupakan sosok kunci dalam mengkreasikan turnamen 2016, ditahan pada Mei bersama dengan Eugenio Figueredo dan Nicolas Leoz, keduanya merupakan mantan presiden CONMEBOL.

Tiga sosok itu merupakan sebagian dari 14 pejabat sepak bola dan eksekutif pemasaran olahraga yang ditahan karena pemerasan, konspirasi, dan korupsi oleh DOJ pada Mei.

Tiga pemegang saham utama di Datisa, Alejandro Burcazo, Hugo Jinkis, dan putranya Mariano Jinkis, ketiganya ditahan.

Dakwaan DOJ mengatakan ketiga orang itu membayar senilai US$110 juta  pada penyuapan-penyuapan untuk serangkaian hak media yang menguntungkan dari kedua konfederasi.

"Konfederasi-konfederasi akan mengumumkan Permintaan untuk Proposal-proposal (RFP) bersama untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas pada pemilihan mitra-mitra komersial untuk pemasaran hak-hak itu," demikian pernyataan bersama.

Kesepuluh negara dari CONMEBOL akan memainkan turnamen, sedangkan AS, Meksiko, Jamaika, dan Kosta RIka tampil bersama dua tim CONCACAF lainnya.

Dua konfederasi regional itu, bersama dengan federasi sepak bola AS (U.S. Soccer), akan membentu komite untuk menjalankan ajang ini.

"U.S. Soccer akan segera mulai mengamankan stadion-stadion untuk turnamen dan merencanakan aspek-aspek operasional," kata pernyataan dari federasi.

"Pada awal tahun ini 24 area metropolitan memperlihatkan ketertarikan untuk menyelenggarakan pertandingan-pertandingan sepanjang turnamen dan mengajukan proposal untuk U.S. Soccer. Kapasitas kursi minimal sebanyak 50.000 disyaratkan untuk arena-arena turnamen." Piala Amerika merupakan turnamen internasional tertua di dunia sepak bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUYERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper