Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ronaldo 'Paspor' Portugal untuk Lolos ke Turnamen Besar

Pemain bintang Portugal Cristiano Ronaldo dapat diibaratkan sebagai paspor yang selalu meloloskan timnas negaranya ke putaran utama turnamen sepak bola dunia maupun antarnegara Eropa sejak pertama kali mengenakan seragam timnas pada 2004.
Cristiano Ronaldo/www.sportal.com.au
Cristiano Ronaldo/www.sportal.com.au

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain bintang Portugal Cristiano Ronaldo dapat diibaratkan sebagai paspor yang selalu meloloskan timnas negaranya ke putaran utama turnamen sepak bola dunia maupun antarnegara Eropa sejak pertama kali mengenakan seragam timnas pada 2004.

Ronaldo, yang sehari-hari merumput bersama Real Madrid, telah memastikan Portugal lolos kputaran final e Piala Eropa (Euro) 2016 di Prancis melalui gol-golnya, termasuk hattrick ke gawang Armenia dan aksinya ketika mengalahkan Denmark pekan ini.

Ronaldo juga mengukir rekor 23 gol di ajang Piala Eropa dan jumlah itu akan terus bertambah jika malam ini berhasil memasukan bola ke gawang Serbia pada laga akhir kualifikasi Piala Eropa 2016.

Menurut media Spanyol Marca, sebelum Ronaldo berkarier, Portugal hanya lolos tiga kali dari 17 edisi Piala Dunia sejak 1930 hingga 2002. Portugal juga hanya lolos tiga kali dalam 11 kali penyelenggaraan Piala Eropa sejak 1960 hingga 2000.

Sebaliknya, sejak Ronaldo turun lapangan Portugal selalu lolos di enam putaran utama dari enam turnamen besar di antaranya tiga Piala Dunia (2006, 2010, 2014) dan tiga Piala Eropa (2004, 2008, 2012). Piala Eropa 2016 akan menjadi turnamen besar ketujuh yang diikuti Ronaldo bersama Portugal.

Ronaldo memulai debut internasional pada Euro 2004 ketika masih berusia 19 tahun dan hingga saat ini selalu menjadi tumpuan lini depan Portugal dengan torehan 55 gol dari 123 laga.

Dia juga berhasil membukukan tujuh gol pada Piala Dunia 2006 di Jerman di mana mereka disingkirkan Prancis di semifinal. Tim yang dahulu identik dengan Luis Figo dan Rui Costa ini disingkirkan Jerman di babak perempat final Piala Eropa 2008.

Portugal juga berhasil lolos ke Piala Dunia 2010 kendati dikalahkan juara dunia Spanyol 0-1 pada babak 16 besar. Bersama Ronaldo, Portugal berhasil mencapai peringkat ketiga Piala Eropa 2012.

Ronaldo juga berperan sentral kala mengantarkan Portugal lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil lewat empat golnya ke gawang Swedia di babak play-off.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper