Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LIGA CHAMPIONS: AS Roma vs Barcelona 1-1

AS Roma mampu menahan imbang juara bertahan Barcelona dalam partai pembuka penyisihan grup Liga Champions hari ini Rabu (16/9/2015) atau Kamis (17/9/2015) WIB di Roma, Italia dengan skor 1-1.
Pemain AS Roma  Seydou Keita (kiri) melompat untuk berebut bola dengan  pemain Barcelona Luis Suarez dalam pertandingan Grup E Liga Champions di Stadion Olympic  Roma, Italia, Rabu (16/9/2015) atau Kamis (17/9/2015) WIB. Skor akhir 1-1./REUTERS
Pemain AS Roma Seydou Keita (kiri) melompat untuk berebut bola dengan pemain Barcelona Luis Suarez dalam pertandingan Grup E Liga Champions di Stadion Olympic Roma, Italia, Rabu (16/9/2015) atau Kamis (17/9/2015) WIB. Skor akhir 1-1./REUTERS
Live Timeline

Bisnis.com, JAKARTA -  AS Roma mampu menahan imbang juara bertahan Barcelona dalam partai pembuka penyisihan grup Liga Champions hari ini Rabu (16/9/2015) atau Kamis (17/9/2015) WIB di Roma, Italia dengan skor 1-1.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung oleh RCTI sejak pukul 01.30 WIB, AS Roma tertinggal lebih dulu pada menit ke-21. Gol Barca dihasilkan dari tandukan Luis Suarez menit ke-21.

Namun, AS Roma hanya butuh waktu 10 menit untuk menyamakan kedudukan. Pada menit ke-31, long ball Florenzi langsung ke gawang Barcelona gagal diselamatkan kiper Barca ter Stegen yang sudah terlanjur maju, meninggalkan tiang gawang.

Pertanyaan mampukah Roma mengulang sukses membantai Barcelona  seperti pada 26 Februari 2001 di Roma dalam liga yang sama dengan skor 3-0, belum terjawab. Termasuk peluang Barcelona  mengulang saat  menghantam balik Roma sekaligus menuntaskan dendam dari kekalahan 2001 itu belum terbayar.

"Tidak ada rencana anti-Messi'

Sejak awal Roma tidak mencoba untuk mematikan gerakan bintang Barcelona seperti dikatakan pelatih AS Roma,  yang telah selesai di posisi kedua di liga dalam dua musim Serie A terakhir,  Rudi Garcia mengatakan pihaknya tidak memiliki rencana khusus untuk menghentikan Messi.

Messi adalah tiga gol di belakang Cristiano Ronaldo di puncak tangga  mencetak gol di Liga Champions setelah striker Real Madrid  mencetak golnya ke 80 dengan hat-trick saat melawan Shakhtar Donetsk, Selasa.

"Kami tidak memiliki rencana anti-Messi, sepertinya tidak ada satu rencana untuk menghentikan (Luis) Suarez atau (Andres) Iniesta," kata Garcia.

"Seperti  (gelandang) Daniele De Rossi mengatakan, Anda berurusan dengan ancaman kolektif, baik dalam serangan dan pertahanan."

Rekor Pertemuan

Musim

Tanggal

Home

Skor

Away

Kompetisi

2001/2002

 26 Feb

Roma

3 - 0

Barcelona

Liga Champions  

 

20 Feb

Barcelona

1 - 1

Roma

Liga Champions  

 Kondisi batin kedua tim menghadapi pertandingan ini, jelas tidak jauh berbeda. Kedua tim ini kini sama-sama dalam kinerja yang baik di awal musim kompetisi di negara masing-masing. Roma, dari tiga penampilan awalnya, merauh dua kemenangan dan satu kali seri, sementara Barcelona lebih baik lagi dengan tiga kemenangan secara beruntun di puncak klasemen, selain datang sebagai juara bertahan.

Pertemuan sebelumnya
• Luis Enrique berada di tim Barcelona dan Francesco Totti mengenakan ban kapten Roma ketika kedua klub bertemu di penyisihan grup kedua UEFA Champions League 2001/02 , dimulai dengan hasil imbang 1-1 di Camp Nou, di mana gol keunggulan Barca oleh Patrick Kluivert dibatalkan oleh gol Kristen dan Panucci.

• Roma memenangkan fixture kembali 3-0 dengan Emerson, Vincenzo Montella dan Damiano Tomassi mencetak gol. Barcelona masih memenangkan grup,  Roma tersingkir di tempat ketiga.

• Formasi di Roma pada  26 Februari 2002 adalah:
Roma: Antonioli, Cafu, Panucci, Samuel, Zebina, Lima, Emerson, Candela, Totti (Cassano 87), Delvecchio (Montella 46), Batistuta (Tommasi 72).
Barcelona: Reina, Puyol, Christanval, De Boer, Sergi (Xavi), Cocu, Motta (Overmars 65), Luis Enrique (Rochemback 82), Gerard, Rivaldo, Kluivert.

• Barcelona mengalahkan Roma 3-0 di pertandingan persahabatan pra-musim  di Camp Nou pada  5 Agustus tahun ini, dengan Neymar, Lionel Messi dan Ivan Rakiti pencetak gol

 

as-roma.
as-roma.

Kondisi tim, menghadapi pertarungan ini, tidak terlalu dipusingkan oleh cederanya pemain kunci. Roma hanya  kehilangan Pjanic dan Capradossi, sementara Barcelona tanpa Bravo, Vermaelen, Alves, Douglas. Namun, itu, tidak terlalu mengganggu komposisi kekuatan kedua tim.

Prediksi Line Up

Roma: Szczsny; Florenzi, Rüdiger, Manolas, Digne; Nainggolan, De Rossi, Keita; Salah, Deko, Falqué.
Absen: Pjani (ankle), Capradossi (knee)
Diragukan: Rüdiger (unspecified), Leandro Castán (unfit)

Barcelona: Ter Stegen; Roberto, Piqué, Mascherano, Alba; Iniesta, Busquets, Rakiti; Neymar, Messi, Suárez.
Absen: Bravo (calf), Vermaelen (calf), Alves (muscle), Douglas (hamstring)

Rudi Garcia, pelatih Roma mengatakan:
Barcelona juara bertahan Eropa. Jika mereka bukan yang terbaik di dunia, mereka pasti yang terbaik. Kami akan bermain dengan kerendahan hati dan ambisi. Kami ingin lolos, dan ini adalah yang pertama dari enam pertandingan di mana kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan poin.

Kami harus bermain sebagai sebuah tim, di pertahanan dan serangan. Kami akan memberikan segalanya dan bekerja untuk satu sama lain, dan menggunakan bola dengan baik ketika kita menyeran

Luis Enrique, pelatih Barcelona mengatakan:
Aku kembali di Roma setelah  beberapa tahun lagi, tetapi juga lebih banyak pengalaman. Roma bagi saya adalah kota  kenangan positif. Bagi saya itu akan menjadi pertandingan yang spesial, tapi itu tidak masalah karena yang paling penting adalah  kita membuat awal kemenangan untuk musim Liga Champions ini.

Joan Gamper Trophy pada pertandingan bulan lalu  panduan untuk apa yang akan terjadi. Saya berharap  Roma seperti yang saya lihat di Serie A melawan Juventus [kemenangan kandang 2-1 Roma pada  Agustus] - tim yang kuat yang tahu bagaimana menekan, tahu cara bermain bola dan memiliki pemain kualitas yang hebat, mampu menciptakan situasi berbahaya setiap saat.

Hasil akhir pekan:
Frosinone 0-2 Roma (Falqué 44, Iturbe 90+3 )
Gol dari  Iago Falqué dan  Juan Manuel Iturbe membuat  Roma di posisi kedua Serie A.

Atlético Madrid 1-2 Barcelona (Torres 51; Neymar 55, Messi 77)
Luis Enrique sempat terjatuh melalui gol Fernando Torres's beberapa saat setelah  break, tetapi gol cepat  Neymar mampu menyamakan sebelum  Lionel Messi membawa kemenangan setelah masuk di babak kedua sebagai pengganti.

Petunjuk Kinerja (Semua di kompetisi)
Roma: M-M-S
Barcelona: M-M-M-M

Background pertandingan

Roma
• Musim lalu, di posisi kedua di Serie A, Roma berpartisipasi dalam Liga Champions untuk musim kedua secara berturut-turut. Dalam 2014/15 mereka selesai di posisi ketiga di grup mereka dan ditransfer ke UEFA Europa League, di mana mereka mencapai babak 16 besar.

• Roma kehilangan tiga dari lima pertandingan di rumah di Eropa musim lalu, termasuk kekalahan 7-1 oleh Bayern München di Liga Champions dan 3-0  terhadap ACF Fiorentina di babak 16 besar Liga Europa UEFA.

• Giallorossi dihajar  2-1 di kandang dan tandang menang atas Real Madrid CF ketika mereka terakhir menghadapi lawan Spanyol di Liga Champions, pada 2007/08 (babak 16) rekor mereka melawan tim Liga Spanyol  adalah: M6 S0 K5.

Barcelona
• Pertandingan ini datang 102 hari sejak Barcelona mengalahkan Juventus untuk memenangkan Piala Eropa kelima mereka di Olympiastadion di Berlin.

• Barcelona memenangkan empat dari enam laga tandang di kompetisi musim lalu, mencetak satu gol di setiap pertandingan (15 gol secara total).

• Barcelona telah memenangkan  satu dari enam pertandingan terakhir mereka di Italia - AC Milan 3-2 di dalam tahap grup 2011/12. Catatan mereka secara keseluruhan dari 20 pertandingan tandang melawan tim Serie A  adalah M6 S8 K6.

Fakta pertandingan

Roma
• Dzeko membuka 'akun' Roma dengan gol kedua di kemenangan kandang 2-1 Giallorossi melawan Juventus pada 30 Agustus.

• Gol berikutnya oleh Totti untuk Roma akan menjadi miliknya yang ke-300 untuk klub di semua kompetisi.

• Miralem Pjanic, yang mulai mencetak gol melawan Juventus, menderita cedera betis di Bosnia dan Herzegovina saat kemenangan 3-0 atas Andorra di UEFA EURO 2016 kualifikasi pada  6 September.

• Elio Capradossi mengalami cedera lutut kiri saat pertandingan  internasional dengan Italia U-20-an dan akan keluar untuk setidaknya lima bulan.

• Dzeko pada target untuk Bosnia dan Herzegovina saat kalah  3-1 mereka dari  Belgia dan kekalahan Andorra.

• Penalti De Rossi  dan diusir saat Italia menang dari  Bulgaria 1-0 pada 6 September.

Barcelona
• Vermaelen, yang absen   tampil di permainan Liga akhir musim lalu karena cedera, mencetak gol pertamanya untuk Barcelona dalam kemenangan 1-0 melawan Málaga CF pada 29 Agustus. Namun, ia dipaksa keluar dengan dugaan masalah betis hanya 28 menit saat menang 2-1 Sabtu lalu dari Club Atlético Madrid.

• Lionel Messi datang dari bangku cadangan untuk mencetak gol kemenangan melawan Atletico.

• Pique menjalani larangan empat pertandingan di Liga setelah pelanggaran selama leg kedua Piala Super Spanyol melawan Athletic Club.

• Claudio Bravo  absen karena cedera betis.

• Messi mencetak dua gol dalam kemenangan 7-0  Argentina dari Bolivia pada 4 September dan menyamakan kedudukan akhir saat Albiceleste bermain imbang 2-2 dengan Meksiko empat hari kemudian.

• Neymar mencetak dua gol saat Brasil mengalahkan Amerika Serikat 4-1 di Foxborough pada  8 September.

 

03:38 WIB
Babak II Usai: AS Roma 1 - Barcelona 1

90:00 + 6: 36 Babak II Usai

90:00 4: 45:  Tendangan Sergi Roberto (Barcelona)  dari luar kotak pinalti nyaris, tapi gagal  ke sudut kiri .
90:00 4: 16: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Kostas Manolas.
90:00 4: 11:  Tendangan Jordi Alba (Barcelona)  dari pusat kotak pinalti gagal ke  sudut kanan atas. Umpan oleh Lionel Messi.
90:00 2: 32: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Radja Nainggolan.
90:00 2: 29: Sundulan Gerard Pique (Barcelona)  dari jarak sangat dekat diblokir. Umpan crossing  Andrés Iniesta.
90:00 1: 47: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Daniele De Rossi.
90:00 1: 46: Tendangan Neymar (Barcelona)  dari sisi kiri kotak pinalti diblokir. Umpan oleh Jordi Alba.
89:54: Handsball  oleh Luis Suárez (Barcelona).
89:35: Luis Suárez (Barcelona) dilanggar.
89:35: Pelanggaran oleh Vasilis Torosidis (Roma).
88:01: Pelanggaran oleh Juan Iturbe (Roma) kepada Sergi Roberto (Barcelona) .
87:15: Tendangan Edin Dzeko (Roma)  dari luar kotak pinalti gagal  di bagian tengah  gawang. Umpan oleh Mohamed Salah.
86:58: Tendangan Mohamed Salah (Roma)  dari luar kotak penalti diblokir. Umpan  oleh Edin Dzeko.
85:46: Offside, Roma. Kostas Manolas mencoba memberikan  bola, tapi Mohamed Salah tertangkap offside.
84:45  Pergantian  Roma. Vasilis Torosidis menggantikan Alessandro Florenzi karena cedera.
83:22:  Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari luar kotak penalti diblokir. Umpan oleh Gerard Pique.
82:34: Neymar (Barcelona) dilanggar dan  tendangan bebas untuk Barcelonai.
82:34: Pelanggaran oleh Seydou Keita (Roma).

03:22 WIB
Menit ke-82: Neymar dilanggar

82:36: Neymar (Barcelona) dilanggar dan tendangan bebas untuk Barcelona

82:34: Pelanggaran oleh Seydou Keita (Roma).
81:01  Pergantian  Roma. Juan Iturbe menggantikan Iago Falque.
79:37: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Morgan De Sanctis.
77:53: Tendangan Iago Falque (Roma)  dari sisi kiri kotak pinalti meleset ke kiri. Umpan oleh Edin Dzeko.
77:11: Tembakan Lionel Messi (Barcelona) kena tiang gawang. Tendangan dengan  kaki kiri dari sisi kanan kotak pinalti.
76:20: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Kostas Manolas.
76:18:  Tendangan Neymar (Barcelona)  dari  kotak pinalti diblokir. Umpan oleh Lionel Messi.
75:24:  Tendangan Alessandro Florenzi (Roma)  dari luar kotak pinalti  tinggi dan lebar ke kiri. Umpan oleh Mohamed Salah.
74:35:  Gerard Pique (Barcelona)  kartu kuning karena melakukan pelanggaran buruk.

03:09 WIB
Menit Ke-69:37

69:37: Offside, Roma. Radja Nainggolan mencoba memberikan  bola, tapi Lucas Digne tertangkap offside.
65:06: Pelanggaran oleh Luis Suárez (Barcelona) kepada Seydou Keita (Roma) .
65:06: Tendangan bebas untuk Roma di area defensif Roma.
64:54 Pergantian Barcelona. Javier Mascherano menggantikan Rafinha.

03:02 WIB
Menit Ke-62: Radja Nainnggolan KK

62:38: Keterlambatan dalam pertandingan. Rafinha (Barcelona) yang baru masuk menggantikan Rakitic  cedera dan diganti Maserano.
62:02 Kartu kuning Radja Nainggolan (Roma)  karena melakukan pelanggaran buruk terhadap Rafinha.
61:58: Rafinha (Barcelona)dilanggar dam   tendangan bebas Barcelona.
61:58: Pelanggaran oleh Radja Nainggolan (Roma).

02:57 WIB
Menit ke-52:44: Suarez Offside
53:34: Tendangan Sudut, Barcelona. Bola dibuang Kostas Manolas.
52:44: Offside, Barcelona. Gerard Pique mencoba memberikan umpan, namun Luis Suárez tertangkap offside.
02:47 WIB
Prgantiann Kiper AS Roma

48:46: Delay.  Mereka siap untuk melanjutkan.
47:15: Delay  Wojciech Szczesny (Roma)  cedera. Diganti Sanctis
47:01: Pelanggaran oleh Luis Suárez (Barcelona).
47:00: Wojciech Szczesny (Roma) melakukan tendangan bebas.
46:57: Tendangan Luis Suárez (Barcelona)  dari jarak sangat dekat, tapi gagal, ke kiri. Umpan oleh Jordi Alba.
46:34: Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari pusat kotak pinalti gagal  di tengah  gawang. Umpan oleh Neymar.

02:43 WIB
Babak II

AS Roma 1 - Barcelona 1

02:32 WIB
Babak I Usai: AS Roma - Barcelona 1-1

45:: 29: Pelanggaran oleh Andrés Iniesta (Barcelona).
45: 29: Seydou Keita (Roma) melakukan  bebas di sayap kanan.
44:50: Offside, Barcelona. Jordi Alba mencoba memberikan bola, namun Luis Suárez tertangkap offside.
44:30: Tendangan Mohamed Salah (Roma)  dari sisi kanan kotak pinalti terlalu tinggi. umpan oleh Seydou Keita.
43:11: Offside, Roma. Radja Nainggolan mencoba mengumpan bola, tapi  Falque tertangkap offside.
43:08: Tendangan Radja Nainggolan (Roma)  dari luar kotak penalti meleset ke kiri. Umpan oleh Mohamed Salah.
42:55: Tendangan Radja Nainggolan (Roma)  dari luar kotak pinalti menyampingdi sudut kanan bawah.

02:18 WIB
Menit Ke-36

36:07:  Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari luar kotak pinalti  tinggi dan melebar ke kiri dari tendangan bebas langsung.
35:08: Lionel Messi (Barcelona) melakukan tendangan bebas di area penyerangan.
35:08: Pelanggaran oleh Radja Nainggolan (Roma).
33:01: Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari luar kotak penalti  sedikit terlalu tinggi. Umpan oleh Andrés Iniesta.
 

02:13 WIB
Gol: AS Roma 1 - Barcelona 1

30:36 Gol.  Roma 1, Barcelona 1. Tembakan Alessandro Florenzi (Roma)  dari jarak lebih dari 40 yard di sayap kanan ke pojok kiri atas.

25:02: Tendangan Sudut, Barcelona.
22:54: Luis Suárez (Barcelona) melakukan tendangan bebas.
22:54: Pelanggaran oleh Kostas Manolas (Roma).
21:56: Pertandingan delay dan siap untuk dilanjutkan.
21:00: Delay.  Lucas Digne (Roma) karena cedera.

02:07 WIB
Gol 1-0 Barcelona

22:54: Pelanggaran oleh Kostas Manolas (Roma).
21:56: Delay. dan siap dilanjutkan.
21:00: Delay  pertandingan. Lucas Digne (Roma)  cedera.
20:22 Gol tercetak.  Roma 0, Barcelona 1. Sundulan Luis Suárez (Barcelona)  dari jarak sangat dekat ke sudut kiri atas. Umpan oleh Ivan Rakitic.
19:42: Pelanggaran oleh Iago Falque (Roma).
19:41: Sergi Roberto (Barcelona) menang tendangan bebas di sayap kanan.


16:59Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari  kotak pinalti diblokir. Umpan oleh Neymar.
00:19: Neymar (Barcelona)  tendangan bebas di sayap kiri.
00:19: Pelanggaran oleh Alessandro Florenzi (Roma).
10:39:  Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari  kotak pinalti  tinggi dan melebar ke kiri. Umpan oleh Jordi Alba.
09:16:  Sundulan Luis Suárez (Barcelona)  dari tengah kotak pinalti gagal.  ke kanan. Umpan oleh Jordi Alba.

01:56 WIB
Babak I Dimulai

09:16:   Sundulan Luis Suárez (Barcelona)  dari tengah kotak melenceng ke kanan. Umpan dari crossing  Jordi Alba.
07:45: Pelanggaran oleh Lucas Digne (Roma).
07:44:  Lionel Messi (Barcelona) melakukan tendangan bebas.
07:12: Tendangan sudut, Roma.
05:36: Offside, Barcelona. Gerard Pique mencoba mengumpan  bola, namun Luis Suárez tertangkap offside.
05:18: Sergio Busquets (Barcelona) melakukan tendangan.
05:18: Pelanggaran oleh Mohamed Salah (Roma).
03:57:  Tendangan Lionel Messi (Barcelona)  dari luar kotak penalti hanya sedikit terlalu tinggi. Umpan oleh Gerard Pique.
01:27: Pelanggaran oleh Daniele De Rossi (Roma).
01:27: Luis Suárez (Barcelona) melakukan tendangan bebas.
00:00:  Babak pertama dimulai.
00:00:  Formasi diumumkan dan pemain pemanasan.

01:42 WIB
Line Up

Roma 25 Szczesny 24 Florenzi 44 Manolas 02 Rüdiger 03 Digne 04 Nainggolan 16 De Rossi 20 Keita 11 Salah 09 Dzeko 14 Falque

Cadangan: 07 Iturbe 10 Totti 13 Maicon 21 Vainqueur 26 De Sanctis 27 Gervinho 35 Torosidis

Barcelona 01 ter Stegen 20 Sergi 03 Piqué 24 Mathieu 18 Alba 04 Rakitic 05 Busquets 08 Iniesta 10 Messi 09 Suárez 11 Neymar

Cadangan:  12 Rafinha 14 Mascherano 15 Bartra 17 El Haddadi 19 Ramírez 21 Adriano 25 Masip Ref: Björn Kuipers


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : uefa.com/bbc
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper