Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Gelandang Arsenal Ini Pilih Juara Belarusia

Mantan gelandang Arsenal Alexander Hleb bergabung ke klub juara Belarusia BATE Borisov setelah kontraknya tidak diperpanjang klub Turki Genclerbirligi pada akhir musim 2014-2015.
Alexander Hleb/Sky Sports
Alexander Hleb/Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan gelandang Arsenal Alexander Hleb bergabung ke klub juara Belarusia BATE Borisov setelah kontraknya tidak diperpanjang klub Turki Genclerbirligi pada akhir musim 2014-2015.

Pemain berusia 34 tahun itu, yang mencetak 7 gol untuk Timnas Belarusia dalam 69 pertandingan, kembali memperkuat BATE Borisov untuk ketiga kalinya. Sebelumnya dia memperkuat tim dari Kota Barysaw itu pada 1999-2000 dan 2012-2013 di mana dia membawa klub itu juara Liga Primer Belarusia.

Hleb memperkuat klub Liga Primer Inggeis Arsenal pada 2005 hingga 2008 di mana pemain kelahiran Minsk, Belarusia, itu tampil dalam 89 pertandingan dengan catatan 7 gol.

Bersama The Gunners, julukan Arsenal, Hleb meraih trofi Community Shield 2005, Liga Champions Eropa 2006, dan Piala Liga Inggris 2007.

Dia juga pernah bermain untuk klub jagoan Spanyol FC Barcelona pada rentang waktu 2008 hingga 2012. Namun dia hanya bermain dalam 19 pertandingan bersama Barca, karena lebih banyak dipinjamkan yakni ke VfB Stuttgart, Birmingham City, dan VfL Wolfsburg.

Hleb mempunyai catatan terbaik ketika bermain untuk VfB Stuttgart baik ketika berstatus sebagai milik klub Bundesliga Jerman itu maupun dengan status pinjaman dari Barcelona.

Setelah memulai karier profesionalnya di klub koita kelahirannya Dinamo-Juni pada 1998, pada tahun berikutnya dia bermain di BATE Borisov.

Pada 2000 dia mulai bergabung ke Stuttgart, meskipun sempat ditempatkan di tim pelapis, Stuttgart II, yang bermain di Divisi 3. Namun pada tahun yang sama Hleb segera memikat manajemen tim utama Stuttgart untuk memulai kariernya yang cemerlang.

Setelah pada 2005 pindah ke Arsenal dan pada 2008 ke Barcelona, kesempatan untuk kembali merumput bersama Stuttgart datang lagi pada 2009 dengan status pinjaman dari Barca. Total bermain Hleb untuk Stuttgart adalah 181 pertandingan dengan mencetak 14 gol.

Selain deretan klub yang telah disebutkan, Hleb juga pernah memperkuat klub Rusia Krylia Sovetov Samara pada 2012 dan klub Turki Konyaspor pada 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper