Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

COPA AMERICA: Brasil Fokus vs Peru, Tak Mudah Raih Gelar Ke-9

Pelatih Timnas Brasil Carlos Caetano Bledorn Verri alias Dunga menyatakan tak akan mudah bagi juara dunia lima kali itu untuk meraih gelar kesembilan Copa America yang untuk edisi tahun ini tengah digelar di Chile.
Dunga/Reuters-Murad Sezer
Dunga/Reuters-Murad Sezer

Bisnis.com, JAKARTA - Pelatih Timnas Brasil Carlos Caetano Bledorn Verri alias Dunga menyatakan tak akan mudah bagi juara dunia lima kali itu untuk meraih gelar kesembilan Copa America yang untuk edisi tahun ini tengah digelar di Chile.

Brasil akan memulai turnamen dengan menghadapi Peru pada Senin (15/6/2015) pk. 04:30 WIB. Dunga, yang membawa Selecao menjadi juara pada 2007, mendorong anak asuhnya fokus ke laga yang ada di depan mata.

"Copa America salah satu turnamen paling sulit. Brasil pergi tanpa kemenangan selama 40 tahun sampai 1989," kata Dunga seperti dilansir dari website resmi turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) itu, yang tahun ini menghadirkan Meksiko dan Jamaika sebagai tim tamu.

"Brasil punya beberapa pemain hebat di masa lalu yang gagal memenangi Copa. Masalah jadi lebih sulit dengan berkembangnya para saingan kami. Itu artinya ada tekanan besar. Kami harus rendah hati dan percaya diri sendiri. Tapi kami harus fokus pada pertandingan kami selanjutnya, jadi kami hanya memikirkan Peru sekarang. Mereka tim tangguh dengan pelatih (asal Argentina Ricardo Gareca) yang hebat," kata Dunga.

Dunga kemudian memuji Neymar sebagai pemain utama namun menekankan bahwa dia bukan satu-satunya pemain hebat dalam timnya.

"Sepak bola Brasil sangat penting untuk anak-anak dan mereka semua menyukai Neymar. Dia pemain luar biasa dan telah bertindak sangat baik sebagai kapten tim. Hanya ada satu pemain yang menjadi kapten, tapi di lapangan kami punya lebih dari satu pemimpin,” kata Dunga.

Brasil bukan tim paling sukses meraih gelar juara Copa America. Uruguay adalah tim terbanyak pengoleksi gelar juara yakni 15 kali, diikuti Argebtina 14 kali.

Brasil tergabung di Grup C bersama Peru, Venezuela, dan Kolombia dalam Copa America 2015. Berikut jadwal pertandingan Grup C yang akan disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan K-Vision (dalam WIB):

Senin, 15 Juni:

02:00   Kolombia vs Venezuela

04:30   Brasil vs Peru

Kamis, 18 Juni:

07:00   Brasil vs Kolombia

Jumat, 19 Juni:

06:30   Peru vs Venezuela

Senin, 22 Juni:

02:00   Kolombia vs Peru

04:30   Brasil vs Venezuela.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper