Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

HASIL SEA GAMES 2015: Indonesia ke Semifinal, Sikat Singapura Skor 1-0

Indonesia akhirnya lolos ke semifinal cabang sepak bola Sea Games 2015 di Singapura setelah dalam pertandingan terakhir Grup A mengalkahkan tuan rumah dengan skor tipis 1-0 di Stadion Jalan besar di kawasan Kallang di area pusat bisnis Negeri Singa.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 11 Juni 2015  |  21:38 WIB
HASIL SEA GAMES 2015: Indonesia ke Semifinal, Sikat Singapura Skor 1-0
Suporter membawa bendera Merah Putih ketika menyaksikan Timnas Indonesia melawan Filipina di Sea Games Singapura - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia akhirnya lolos ke semifinal cabang sepak bola Sea Games 2015 di Singapura setelah dalam pertandingan terakhir Grup A mengalkahkan tuan rumah dengan skor tipis 1-0 di Stadion Jalan besar di kawasan Kallang di area pusat bisnis Negeri Singa.

Dalam pertandingan pada Kamis malam (11/6/2015) dan disiarkan secara langsung oleh SCTV dan TVRI, gol kemenangan Indonesia dicetak Evan Dimas Darmono pada menit ke-47 melalui serangan balik yang memungkinkan Muchlis Hadi Ning Saifulloh mengiris sisi kiri pertahanan lawan dan mengirim umpan tarik yang dimanfaatkan Evan dengan menempatkan bola di sudut kiri atas gawang lawan.

Indonesia sebenarnya cukup seri untuk lolos ke babak semifinal menghadapi Thailand yang menjadi juara Grup B, sedangkan Singapura harus memenangi pertandingan yang dipimpin wasit asal Korea Selatan Kim Hee-gon ini.

Dengan kemenangan 1-0, Indonesia mengoleksi nilai 9 dan duduk di posisi kedua klasemen akhir Grup A di bawah Myanmar yang mengoleksi nilai 10. Di semifinal pada Sabtu (13/6/2015) Indonesia akan jumpa Thailand pada pk. 19:30 WIB, sedangkan Myanmar bertemu runner up Grup B Vietnam pada pk. 14:00 WIB.

Melawan Singapura, Garuda Muda asuhan pelatih Aji Santoso lebih menguasai permainan meskipun tuan rumah Singapura sesekali juga membangun serangan yang cukup membahayakan gawang Teguh Amirudin dengan ujung tombak Safirul Sulaiman dan Sahil Suhaimi.

Pada menit 21, Indonesia mulai membuka peluang dengan tendangan jarak jauh mendatar dari luar kotak penalti yang dilepas Adam Alis, namun masih dapat diamankan kiper Syazwan Buhari.

Berselang 3 menit kemudian, bermula dari serangan yang dibangun Abduh Lestaluhu, terjadi kemelut di depan gawang Singapura, namun Evan Dimas Darmono meleset ketika mencoba menghantam bola dan akhirnya bisa disapu bek tuan rumah.

Pada menit ke-33 hadir peluang terbaik dari Ahmad Noviandani yang mengakhiri kerja sama satu-dua dengan Evan Dimas dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti, namun masih dapat ditepis kiper Syazwan dan hanya menjadi sepak pojok.

Memasuki 10 menit terakhir babak pertama, Singapura meningkatkan tekanan ke wilayah pertahanan Indonesia. Beruntung gawang Indonesia masih tetap aman di bawah pertahanan yang dikomandani Manahati Lestusen dan Abduh Lestaluhu.

Memasuki babak kedua, Singapura mengambil inisiatfi serangan. Namun, justru itu membuka celah pertahanan tim asuhan Aide Iskandar.

Serangan balik Indonesia membuka kesempatan Muchlis Hadi Ning Saifulloh mengiris sisi kiri pertahanan Singapura dan umpan tariknya disambar dengan tendangan terarah dari Evan Dimas ke sudut kiri atas gawang Singapura. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Selepas itu, Singaoura meningkatkan intensitas tekanannya. Sahil Suhaimi dua kali mengancam gawang Indonesia melalui sundulannya. Satu bisa ditepis kiper Teguh Amirudin dan satu lagi dari jarak dekat beruntung melayang di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit 63, Indonesia kembali mendapat peluang dan kembali melalui Noviandani. Menerima umpan terobosan Paulo Oktavianus Sitanggang, tendangannya mengarah ke sudut kiri gawang Singapura, namun dapat ditepis kiper Syazwan.

Hanya 2 menit kemudian, Indonesia diuntungkan karena pemain Singapura Wai Loon kena kartu kuning kedua setelah menghantam Evan Dimas dari belakang sehingga Indonesia unggul jumlah pemain.

Meskipun kalah jumlah pemain, Singapura tetap mencoba menekan Indonesia. Setelah habis waktu reguler 2 x 45 menit, perangkat pertandingan menetapkan injury time hingga 7 menit, ini jelas kejadian langka di mana begitu lama masa injury time yang jelas memberi kesempatan bagi Singapura untuk mencetak gol balasan.

Namun Manahati Lestusen dan kawan-kawan sukses mempertahankan kemenangan 1-0, membuktikan bahwa Indonesia memang lebih pantas ke semifinal ketimbang Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas u-23 sea games 2015
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top