Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2022: Zico Katakan Qatar Tak Punya Sepak Bola

Tudingan ketidak-pantasan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 datang dari mantan pemain legendaris Brasil Arthur Antunes Coimbra yang lebih dikenal dengan nama Zico. Menurut dia, Qatar tak punya sejarah sepak bola.
Zico/Reuters-Kimimasa Mayama
Zico/Reuters-Kimimasa Mayama

Bisnis.com, JAKARTA - Tudingan ketidak-pantasan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 datang dari mantan pemain legendaris Brasil Arthur Antunes Coimbra yang lebih dikenal dengan nama Zico. Menurut dia, Qatar tak punya sejarah sepak bola.

“Dengan tetap memelihara rasa hormat kepada hormat sebagai negara yang ingin tumbuh, anda tidak bisa mendapatkan Piala Dunia berlangsung di negara yang tidak punya sepak bola,” kata Zico, yang berminat menjadi Presiden FIFA, dalam nada keras.

Penunjukan Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sejak awal mengundang perdebatan terutama menyangkut prestasi yang dicapainya di bidang sepak bola. Tim sepak bola senior negara Timur Tengah itu bahkan tidak pernah menjadi juara di level kontinen Asia.

Qatar juga dinilai terlalu mungil untuk menampung jutaan orang pada saat bersamaan yang datang dari berbagai penjuru dunia, bukan hanya dari negara yang timnasnya memang masuk putaran final Piala Dunia.

Belum lagi kondisi panas luar biasa, yang di kawasan Timur Tengah bisa mencapai lebih dari 50 derajat Celcius pada pertengahan tahun, waktu penyelenggaraan Piala Dunia sebagaimana lazimnya berlaku selama puluhan tahun.

Yang lebih parah lagi ialah penunjukan Qatar sarat dengan dugaan kasus suap dan korupsi. Memang salah satu Wakil Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) ketika Qatar ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah Mohamed bin Hammam yang berasal dari Qatar dan juga menjabat sebagai Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Mohamed bin Hamman sendiri akhirnya disingkirkan oleh Presiden FIFA waktu itu, Sepp Blatter, setelah diduga ingin mengambil alih kekuasaan di badan sepak bola dunia itu, sehingga menimbulkan ketidak-sukaan Blatter, yang baru mundur pada Selasa (2/6/2015) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Soccerway
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper